Melupakan mantan memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika kita masih menyimpan perasaan padanya, tentu kita membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka hati. Rasanya, banyak hal yang selalu mengingatkan kita akan kebiasaannya saat bersama kita. Untuk kamu yang ingin cepat move on dari mantan, ini dia 7 langkah dan cara untuk melupakan mantan yang harus kamu lakukan.

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Putus cinta memang menyakitkan, jadi biarkan dirimu menangis sepuasnya. Luapkan perasaanmu karena lewat inilah kamu bisa merasa lebih baik. Jangan berpikir bahwa menangis hanya akan membuatmu tampak menyedihkan karena memendam emosi hanya akan membuat perasaanmu kembali menyeruak suatu saat nanti. Meski sulit, cobalah terima setiap rasa sakit agar kamu bisa menjadi lebih kuat lagi ke depannya. 

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Jangan takut untuk mencurahkan perasaanmu pada sahabat atau orang terdekat. Usai putus cinta, kamu sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang yang menyayangimu. Nggak perlu malu untuk mencurahkan isi hatimu karena jika mereka menyayangimu, maka mereka akan paham seperti apa perasaanmu saat ini. Mungkin kamu memang butuh waktu untuk sendiri, tapi ingatlah bahwa dukungan dari mereka bisa membuat hatimu kian membaik.

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Langkah selanjutnya ialah hentikan segala komunikasi dengan mantan. Pasalnya, jika kamu masih membuka pintu komunikasi, maka kamu akan semakin sulit untuk melupakannya. Bahkan jika perlu, block nomor ponselnya dan berhenti mengikuti media sosialnya agar kamu bisa lebih mudah menata hati. Well, bagaimana kamu bisa melupakan mantan jika kamu masih berkomunikasi dengannya?

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Selain menutup komunikasi, kamu juga perlu menjauhi media sosial untuk sementara waktu. Meski penasaran, cobalah untuk nggak stalking dirinya di media sosial. Jika ternyata dia sudah memiliki pasangan baru, apakah kamu nggak semakin sakit hati melihatnya? Selain itu, mungkin saja kamu akan melihat postingan lain di media sosial yang bisa mengingatkanmu dengan mantan. Jika kamu belum cukup kuat menerimanya, cobalah jauh-jauh dulu dari media sosial, ya!

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Jika hubunganmu telah berakhir, maka nggak ada gunanya lagi kamu menyimpan foto kenangan bersama mantan. Yang ada, kamu justru akan terus terpuruk dan mungkin menyesali kandasnya hubungan kalian. Singkirkan juga hal-hal yang berkaitan dengannya, seperti hadiah, surat cinta, atau apa pun yang mengingatkanmu dengannya. Inilah salah satu proses untuk menyembuhkan hatimu.

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Setelah hatimu mulai membaik, mulailah membuka diri untuk mengenal banyak orang. Dari sana kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dari orang-orang yang baru kamu kenal. Namun yang perlu diperhatikan, jangan terburu-buru untuk mencari pasangan baru jika kamu belum siap untuk menjalin hubungan lagi. Jangan pasangan barumu hanya menjadi tempat pelarian untukmu. 

Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini

Merasa bersalah ketika hubungan berakhir adalah hal alami yang mungkin dirasakan olehmu. Namun, jangan membuang waktumu untuk menyimpan rasa bersalah itu terlalu lama. Kini waktunya kamu menerima kenyataan bahwa kalian telah gagal membangun hubungan. Jika kamu sudah berbesar hati menerima kenyataan ini, move on akan jadi lebih mudah untukmu. Dengan begini, kamu bisa lebih tanggung menghadapi kehidupan. 

Itulah beberapa langkah dan cara melupakan mantan yang efektif. Move on memang butuh proses, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya. Tetap tegar ya, Bela!

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 5 Cara Move On dari Mantan Paling Efektif