Bahasa Korea memiliki beberapa tingkatan kesopanan yang berbeda-beda dalam penggunaannya. Misalnya, saat berbicara dengan teman sebaya dan orang yang lebih tua, ada perbedaan tata bahasanya yang sesuai dengan adab kesopanan terhadap lawan bicara. Begitu juga dalam hal pengucapan terima kasih.

Seperti kita tahu, terima kasih merupakan ungkapan rasa syukur yang diucapkan seseorang terhadap orang lain atas pemberian barang ataupun bantuan. Budaya di Korea terkenal sangat menghargai sekecil apa pun bantuan dan pemberian orang lain. Maka dari itu, kamu perlu tahu seperti apa ucapan terima kasih dalam bahasa Korea. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

Pencinta drama Korea pasti nggak asing dengan kata yang satu ini. ‘Gomawo’ merupakan salah satu cara pengucapan terima kasih yang paling sering digunakan. Meski terbilang populer, kata ini tergolong dalam bahasa informal. Maka dari itu, 'gomawo' lebih tepat jika dipakai untuk mengucapkan terima kasih kepada teman sebaya atau teman akrab ketika berada di situasi santai.

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

Hampir sama dengan sebelumnya, ‘gomawoyo’ sebenarnya merupakan bentuk yang lebih sopan dari ‘gomawo’. Walaupun lebih sopan karena ada penambahan kata 요 (yo) pada akhir kalimat, tapi kata ini tetap tergolong dalam bahasa informal. Bedanya, ‘gomawoyo’ biasanya digunakan saat berterima kasih kepada teman yang tak terlalu akrab atau orang yang lebih muda.

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

‘Kamsa’ adalah ucapan terima kasih dalam bentuk sederhana. ‘Kamsa’ sebenarnya cukup populer di kalangan anak muda dan biasa digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada sesama. Karena ucapan ini cenderung kasar, maka ‘kamsa’ hanya boleh digunakan dalam situasi santai, misalnya bicara kepada orang yang lebih muda, teman sebaya, atau teman akrab.

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

‘Kamsahae’ adalah bentuk 반말 (banmal) atau penyederhanaan dari bentuk informal. Bentuk terima kasih ini tidak sopan jika diucapkan kepada orang yang lebih tua. ‘Kamsahae’ biasanya dipakai jika ingin berterima kasih kepada orang yang lebih muda atau teman akrab.

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

‘Kamsahaeyo’ merupakan ucapan terima kasih dalam bentuk kalimat informal. Biasanya, ucapan ini digunakan dalam situasi informal, tapi tetap terkesan sopan. ‘Kamsahaeyo’ diucapkan saat berterima kasih kepada orang yang lebih tua, senior, dan orang yang dihormati.

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

‘Kamsahamnida’ adalah ucapan terima kasih dalam bahasa Korea yang ditujukan kepada orang yang dihormati atau yang lebih tua. Biasanya, kalimat ini digunakan pada situasi formal, seperti saat berbicara dengan klien, rekan bisnis, bos, orang yang dituakan, dan sebagainya.

7 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Korea, Sudah Tahu?

Sama seperti ‘kamsahamnida’, ‘gomapseumnida’ juga ucapan terima kasih dalam bentuk kalimat formal atau sopan. Meski sama-sama merupakan bentuk formal, tapi banyak orang menganggap bahwa ‘kamsahamnida’ jauh lebih sopan dibanding ‘gomapseumnida’. Jadi, kamu perlu hati-hati saat memilih bahasanya, ya.

Nah, itu dia ucapan terima kasih dalam bahasa Korea yang perlu kamu tahu. Karena punya berbagai tingkatan, kamu pun perlu berhati-hati saat mengucapkannya, Bela. Jangan sampai kamu salah menggunakan bahasa hingga terkesan kurang sopan, ya.

Baca Juga: 7 Cara Ungkapkan Rasa Rindu dalam Bahasa Korea

Baca Juga: 11 Cara Ungkapkan Rasa Sayang dalam Bahasa Korea, So Sweet!

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea