Ucapan belasungkawa secara umum hampir sama dengan ucapan turut berduka cita. Biasanya ucapan seperti ini ditujukan kepada orang yang tertimpa musibah, baik bencana maupun meninggal dunia. Memberikan ucapan belasungkawa pada keluarga, kerabat, maupun orang terdekat yang mengalami musibah merupakan salah satu bentuk kepedulian kita kepada mereka. 

Selain itu, ucapan belasungkawa merupakan salah bentuk penghibur untuk mengurangi kesedihan yang dirasakan oleh keluarga yang tertimpa musibah, sekaligus mendoakan agar mereka diberi ketabahan dan kesabaran. Dalam agama Islam, kita memang dianjurkan untuk memberikan doa untuk orang yang meninggal dunia serta kepada keluarga yang ditinggalkan. 

Untuk itu, Popbela akan memberikan 20 ucapan belasungkawa turut berduka cita Islami yang bisa kamu berikan pada orang terdekatmu yang tengah berduka cita.

20 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama IslamPexels.com/rawpixel.com

Ucapan turut berduka cita Islami untuk keluarga atau kerabat

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin. 

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.

20 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama IslamUnsplash.com/Arun Anoop

Ucapan belasungkawa Islami untuk sahabat

Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, engkaulah sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu. 

Selamat jalan wahai kawanku, aku sebagai sahabat hanya bisa mendoakan dari sini. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, yakni mengenang dan mendoakanmu.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sahabat kecilku, engkau meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah.

Wahai sahabat terbaikku, meski usiamu masih muda, semangatmu masih membara, cita-citamu begitu tinggi, tetapi Allah lebih sayang kepadamu, Allah rindu denganmu. Selamat jalan sahabatku tersayang. Semoga engkau diberi tempat terbaik di surga-Nya.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.

20 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama IslamPexels.com/Abdulmeilk Majed

Ucapan berduka cita Islami yang memotivasi

Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.  

Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Ingatlah bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Tapi, kesedihan yang datang ini pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu. 

Percayalah semua cobaan yang Allah beri mengandung sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih, tetapi kesedihan itu tak akan mengubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat ia yang telah meninggalkan kita kembali lagi. 

Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar dapat dipertemukan kembali di surga kelak.

Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tetapi tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.

20 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama IslamPexels.com/rawpixel.com

Ucapan belasungkawa Islami singkat

Aku turut berduka cita atas meninggalnya orangtuamu. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan dari peristiwa ini. 

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini. 

Aku sangat sedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Sungguh, tak ada yang bisa aku katakan saat ini. 

Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang. 

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kini yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.  

Itulah 20 ucapan belasungkawa turut berduka cita dalam agama Islam. Selain doa, kamu juga perlu memberikan ucapan yang menghibur untuk keluarga yang ditinggalkan.

Baca Juga: 25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama Kristen