Nggak kerasa kita sudah berada di ujung bulan Ramadan. Itu artinya sudah saatnya mempersiapkan diri untuk menyambut hari Lebaran nih, Bela. Lebaran adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga besar dan jadi ajang silaturahmi dengan sanak saudara. Jika kamu adalah cewek perantau, maka kamu wajib pulang ke kampung halaman saat hari raya. Kali ini Popbela akan kasih 6 tips mudik anti ribet untuk perantau seperti kamu. Yuk, disimak!

1. Selalu bawa kartu identitas

Intip 6 Tips Mudik Tanpa Ribet untuk Cewek Single yang Merantaufadcloset.com

Kartu identitas adalah hal yang penting yang wajib kamu bawa jika kamu bepergian ke luar kota. Meski terkesan biasa saja, namun kartu identitas ini sangat penting, lho! Untuk berjaga-jaga, kamu bisa mem-fotocopy atau scan KTP, SIM, atau kartu identitas lainnya dan kirim salinannya via e-mail. Jadi, jika kamu sampai kehilangan kartu identitas ini saat mudik, kamu masih punya versi softcopy-nya.

2. Jangan membawa pakaian terlalu banyak

Intip 6 Tips Mudik Tanpa Ribet untuk Cewek Single yang Merantaubrit.co

Kebanyakan cewek yang ingin bepergian pasti ingin membawa segala barang dan banyak pakaian, padahal belum tentu itu semua memang dibutuhkan. Makanya, kamu harus memilih mana saja pakaian yang lebih baik kamu bawa atau nggak. Selain itu, kamu harus memperhatikan bagaimana packing yang benar agar bisa menghemat ruang dalam tas atau koper. Salah satunya dengan menggulung pakaian, bukan melipatnya. Jika kamu mudik menggunakan pesawat, tambahkan nametag pada kopermu, ya.

3. Manfaatkan aplikasi pada ponsel

Intip 6 Tips Mudik Tanpa Ribet untuk Cewek Single yang Merantaurawpixel.com

Kemajuan teknologi saat ini memang makin memudahkan setiap orang dalam melakukan aktivitas. Saat kamu mudik seperti ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang ada dalam ponselmu untuk memenuhi kebutuhan selama mudik. Misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi maps untuk membantu mencari rute tercepat dan nggak macet. Kamu juga bisa mencari toko oleh-oleh yang khas sebagai buah tangan sesampainya kamu di sana. Nggak perlu repot-repot lagi, deh!

4. Bawa charger ponsel dan powerbank

Intip 6 Tips Mudik Tanpa Ribet untuk Cewek Single yang Merantaufancy.com

Bagi generasi milenial, kamu pasti nggak bisa lepas dari ponsel. Namun, pasti ada masanya ponsel itu kehabisan baterai. Makanya, charger itu nggak boleh sampai ketinggalan karena kamu akan merasa kebingungan kalau ponselmu mati tapi nggak ada charger. Selain itu, siapkan juga powerbank dengan daya yang cukup besar agar kamu nggak perlu mencari colokan terminal jika ponselmu habis baterai. Namun, yang terpenting bijaklah dalam menggunakan ponsel agar nggak boros baterai, ya!

5. Siapkan playlist lagu favorit di pemutar musikmu

Intip 6 Tips Mudik Tanpa Ribet untuk Cewek Single yang Merantaurawpixel.com

Mudik selalu identik dengan kepadatan dan kemacetan. Menghabiskan sepanjang hari di jalanan yang macet tentunya akan membuat jenuh. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menikmati perjalanan dengan mendengarkan musik. Siapkan playlist lagu-lagu favorit yang bikin semangat maka perjalananmu pun akan menyenangkan dan nggak terasa sudah sampai ke kampung halaman. Yeay!

6. Sediakan uang receh

Intip 6 Tips Mudik Tanpa Ribet untuk Cewek Single yang MerantauDok. internet

Mungkin terdengar simple, tapi menyediakan uang receh itu sangat dibutuhkan, lho! Uang receh akan berguna di sepanjang perjalanan mudikmu. Contohnya, ketika kamu ingin ke toilet, kamu perlu merogoh kocek sekitar 2000 rupiah untuk sekali buang air kecil. Selain itu, uang receh juga berguna untuk memberikan uang tip pada tukang parkir saat kamu meninggalkan mobilmu di rest area. Jadi, tukarkan uangmu dengan pecahan kecil sebelum kamu pergi mudik ya, Bela.  

Meski banyak rintangan, mudik tetap menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap orang. Jadi, Lebaran nanti kamu mau mudik ke mana, Bela?

BACA JUGA: Biar Nggak Bosan, Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Dalam Perjalanan Mudik