Aktris sekaligus penyanyi asal Amerika Serikat, Bella Thorne, baru-baru ini mengalami hal yang kurang menyenangkan. Bintang Midnight Sun tersebut menjadi korban kejahatan seorang hacker. Ponsel Bella diambil alih dan foto-foto telanjangnya dicuri oleh pelaku untuk kemudian digunakan untuk memerasnya.

Namun, perempuan berusia 21 tahun ini nggak mau tinggal diam dan justru membalas pelaku dengan cara yang mengejutkan. Bella memutuskan untuk mengunggah percakapannya dengan sang hacker dan menunjukkan foto-foto telanjangnya sendiri melalui akun Twitter. Hal ini ia lakukan karena ia nggak mau dikendalikan oleh pelaku. 

1. Kronologi

5 Fakta di Balik Aksi Nekat Bella Thorne Sebarkan Foto Telanjangnyatwitter.com/bellathorne

Pada Sabtu (15/6), Bella mengunggah foto telanjangnya lewat Twitter. Dia mengaku hal ini dilakukan setelah seorang hacker mengancam akan menyebarkan foto-foto syur miliknya. Dalam cuitan tersebut, Bella juga mengunggah 2 screenshot percakapannya dengan pelaku. Di situ terlihat beberapa foto Bella hanya mengenakan celana dalam, sementara payudaranya ditutupi dengan kedua tangan.

“Kemarin, seperti yang kalian ketahui, aku diretas. Selama 24 jam terakhir, aku diancam dengan foto telanjangku sendiri. Aku merasa jijik, merasa seperti diawasi. Aku merasa seperti seseorang sudah mengambil sesuatu dariku yang hanya ingin kutunjukkan kepada orang yang spesial untukku,” tulis Bella pada catatan yang diunggah di Twitter.

Perempuan kelahiran 8 Oktober 1997 ini pun menjelaskan alasannya mengunggah foto syur miliknya tersebut. “Aku memutuskan untuk mengunggahnya sendiri karena ini adalah keputusanku. Dan kamu (hacker) tak akan bisa mengambil apa pun lagi dariku. Aku bisa tidur nyenyak malam ini karena aku bisa mengambil alih kekuatanku. Kau tak akan pernah bisa mengontrol hidupku," tegasnya.

2. Pelaku diduga masih remaja

5 Fakta di Balik Aksi Nekat Bella Thorne Sebarkan Foto Telanjangnyasun-sentinel.com

Keesokan harinya saat diwawancarai oleh The Hollywood, Bella mengaku masih marah, tapi ia mencoba memahami karena menduga sang hacker masih remaja. Menurutnya, pelaku sepertinya masih berusia 17 tahun, jadi Bella ingin memberinya pelajaran.

"Dia (hacker) masih anak-anak, dan kita pun dulu berbuat salah. Tapi kesalahan seperti ini sangat fatal," kata Bella yang dikutip dari USA Today. Namun, Bella nggak ingin merusak hidup remaja berusia 17 tahun tersebut karena perbuatan bodohnya itu dan hanya ingin memberi pelajaran pada pelaku.

3. Sempat menuai kritik dari sesama artis

5 Fakta di Balik Aksi Nekat Bella Thorne Sebarkan Foto Telanjangnyaglamour.com

Sayangnya, apa yang dilakukan Bella ini sempat menuai kritik dari sebagian orang. Salah satunya ialah artis Whoopi Goldberg. Dalam acara The View, Whoopi mengatakan bahwa berfoto telanjang itu seharusnya nggak dilakukan, apalagi bagi seorang figur publik. “Jika kamu terkenal, aku tak peduli berapa umurmu, kamu harusnya tak mengambil foto dirimu sedang telanjang. Setelah kamu mengambil foto itu, maka foto itu masuk ke iCloud, dan itu bisa saja diambil oleh setiap hacker yang menginginkannya,” tutur Whoopi yang dikutip dari Glamour.

Bella pun membalas pernyataan Whoopi melalui media sosialnya. “Hai Whoopi, aku mencintaimu sejak lama, tapi jujur aku sangat tak senang dan sedih dengan tanggapanmu atas bocornya foto-fotoku ini. Menyalahkan perempuan-perempuan karena mengambil foto sejak awal? Itu sakit dan jujur menjijikkan," tulisnya. 

4. Dapat dukungan dari banyak selebritas

5 Fakta di Balik Aksi Nekat Bella Thorne Sebarkan Foto Telanjangnyaintouchweekly.com

Meski sempat mendapat kritik, rupanya banyak selebritas yang memberi dukungan pada Bella. Beberapa di antaranya ialah Zendaya Coleman, Lucy Hale, Serayah McNeill, Harry Hudson, Lily Rose Depp, Madison Beer, dan YouTuber Logan Paul. Sebagian besar dari mereka bersimpati pada Bella dan ikut bangga dengan apa yang dilakukan olehnya. 

5. Termasuk cyber bullying

5 Fakta di Balik Aksi Nekat Bella Thorne Sebarkan Foto Telanjangnyathehollywoodunlocked.com

Selain Bella, foto pribadi sederet artis juga pernah diretas dan bocor ke publik. Beberapa di antaranya ialah Jennifer Lawrence, Rihanna, dan Kate Upton. Sebenarnya, apa yang dialami Bella ini termasuk kejahatan di media sosial alias cyber bullying. Lebih spesifik lagi, kejahatan ini termasuk jenis pelecehan seksual secara visual di media maya. 

Baca Juga: 5 Gaya Modis Bella Thorne yang Bisa Jadi Inspirasi Bergaya