Siapakah di antara kalian urutan kelahirannya yang pertama? Menjadi anak pertama mempunyai peran penting lho. Walaupun kenyataannya anak pertama harus mempunyai tanggung jawab yang berat. Tapi ada untunganya menjadi anak pertama karena kasih sayang yang diberikan oleh orangtua kita lebih lama, lebih diperhatikan dan selalu diandalkan. Yuk simak beberapa peran menjadi anak pertama:

1. Sebagai pemimpin

Ini Lho Peran Penting Anak Sulung yang Tidak Boleh Disepelekan

Menjadi anak pertama merupakan pemimpin dalam keluarga walapun peran ayah di sini masih diandalkan. Tetapi jiwa kepimpinan anak pertama akan timbul karena biasanya orangtua akan meminta suatu pendapat. Selain itu juga mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjaga dan mengawasi adik-adiknya.

2. Sebagai panutan

Ini Lho Peran Penting Anak Sulung yang Tidak Boleh Disepelekan

Anak pertama mempunyai sifat yang baik. Hal itu disebabkan anak pertama terlebih dahulu selalu bertanya kepada orangtuanya untuk melakukan sesuatu. Jadi secara tidak langsung anak pertama selalu mendapat didikan yang baik dari orangtuanya. Biasanya anak yang berbuat kenakalan untuk menarik perhatian orang di sekitarnya, namun itu jarang sekali dilakukan oleh anak pertama karena mendapatkan perhatian lebih dari orangtuanya. Hanya saja anak pertama sering kali disalahkan oleh orang tuanya karena kenakalan adiknya, sebab anak pertama harus bisa merawat dan bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan adik-adiknya. Jadi anak pertama selalu bertingkah baik dalam keluarga agar patut dicontoh oleh adik-adiknya.

3. Sebagai pelindung keluarga

Ini Lho Peran Penting Anak Sulung yang Tidak Boleh Disepelekan

Tanggung jawabnya yang besar biasanya anak pertama selalu menjadi pelindung untuk adik-adiknya. Jika adiknya ada masalah, maka sosok kakak akan sedia menyelesaikannya. Selain itu juga anak pertama selalu menjadi pelindung orangtuanya. Menjadi tempat curahan hati orangtuanya jika ada masalah.

4. Sebagai tulang punggung

Ini Lho Peran Penting Anak Sulung yang Tidak Boleh Disepelekan

Anak pertama akan menjadi sosok tulang punggung sebagai pengganti orangtua. Karena beban yang ditanggung orangtua selalu diikutsertakan untuk bertanggung jawab.

Kalau kamu anak pertama, apa yang sudah kamu lakukan untuk keluargamu, Bela?

 

photo credit: Into The Wild/River Road Entertainment/www.imdb.com

BACA JUGA: 5 Harapan Seorang Istri Ini Bisa Membuat Suami Jadi Pasangan yang Baik

Ini Lho Peran Penting Anak Sulung yang Tidak Boleh DisepelekanInformasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.