Saat kamu harus putus dengan pacar, biasanya hal pertama yang akan kamu lakukan adalah menangis sembari menyangkal kalau hubungan kalian harus berakhir. Setelah putus, hadirlah rasa sakit dan hampa.

Kamu sangka semua perasaan sedih itu akan berakhir seiring berjalannya waktu. Namun nyatanya, kamu nggak kunjung melupakan dia meski sudah lama berlalu. Bisa jadi karena dia adalah sosok laki-laki yang kamu dambakan selama ini jadi kehadirannya begitu spesial. Atau, bisa juga kamu masih mengharapkan sesuatu darinya.

Ada banyak hal yang membuatmu susah melupakan mantan. Mungkin saat ini kamu juga sedang mencari jawabannya. Apa saja yang membuatmu begitu sulit melupakan si dia? Yuk, simak alasannya di bawah ini.

1. Dia adalah cinta pertamamu

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan Mantanfreepik.com/ senicpetro

Cinta pertama selalu memberikan kesan yang mendalam. Ini karena kehadirannya mampu membuatmu merasakan perasaan yang belum pernah ada sebelumnya. Gugup, berdebar, dan salah tingkah adalah perasaan yang baru muncul sejak ada dirinya.

Begitu pula ketika kamu dan dia menjadi sepasang kekasih. Rasanya, tiada hari tanpa jatuh cinta semakin dalam dengan cinta pertamamu itu, sampai kamu nggak menyangka harus putus dengannya. Terlalu dalam mencintainya membuat kamu lupa bahwa suatu saat si dia bisa pergi meninggalkanmu kapan pun.

2. Sudah pacaran sangat lama

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan Mantanfreepik.com

Kamu ingat lirik lagu Berpisah Itu Mudah yang dibawakan Rezky Febian feat Mikha Tambayong, Bela? Mereka bilang kalau menghapus semua kenangan saat masih pacaran adalah hal tersulit untuk dilakukan.

Yup, benar banget. Kamu mungkin saja bisa terbiasa kembali tanpa si dia, tapi setiap kali mendatangi tempat yang sering kamu kunjungi berdua, membuatmu teringat kembali kenangan beserta sosok dirinya.

Apalagi kalau kamu dan dia sudah lama bersama dan senang banget jalan-jalan ke tempat baru. Kebayang, deh, gimana struggle-nya kamu harus teringat dia lagi, dia lagi.

3. Terjebak nostalgia

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan MantanPexels.com/Rodnae Productions

Hal yang membuatmu susah melupakan mantan selanjutnya adalah karena kamu selalu terkenang dengan masa-masa indahmu bersama si dia. Saat itu, kamu merasa bahwa kamu menjadi orang yang paling bahagia bersama dengannya. Seakan semua perasaan itu belum menemukan pengganti yang membuat kamu sangat sulit dan terus teringat si mantan.

Bela, kamu boleh mengenang momen indah bersama si dia, tapi jangan sampai hal itu membuat kamu terjebak di posisi yang sama setiap harinya, ya. Life must go on.

4. Tidak pernah ada kata putus antara kalian

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan MantanPexels.com/Viktoria Slowikowska

Hmm... kalau begini kondisinya pantas saja kamu terus membayangkan dan sulit melupakan mantan. Kamu bertanya-tanya apakah kamu melakukan salah, atau apakah dia baik-baik saja di sana sampai meninggalkan kamu begitu saja.

Kamu berharap masih ada kesempatan untuk mengungkapkan semua pertanyaanmu dan mengucapkan selamat tinggal dengan sebaik mungkin jika memang kalian sudah nggak bisa besama lagi.

5. Masih kepo dengan kehidupannya

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan Mantanpexels.com/Mikotoraw Photographer

Sering stalking, bahkan sampai tanya-tanya tentang si dia ke temannya adalah hal-hal yang sebenarnya nggak perlu kamu lakukan, Bela. Soalnya, kegiatan tersebut hanya akan membuat kamu makin sulit melupakan dia.

Belum lagi kalau ternyata mantanmu sudah ada perempuan baru yang bikin kamu makin panas dan mengungkit semua kesalahan dia waktu bersamamu dulu. Jadi, kalau memang hubunganmu dan dia sudah berakhir, itu artinya kamu hanya perlu fokus pada kehidupanmu saat ini dan jangan biarkan si dia mengusik kamu lagi, ya, Bela.

6. Masih merasa bersalah dengan si dia

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan MantanPexels.com/RODNAE Productions

Mungkin berakhirnya hubunganmu disebabkan karena kesalahanmu yang membuat si dia memutuskan untuk menyudahi hubungan kalian. Kalau begini jadinya, tentu kamu akan dihantui rasa bersalah dan semakin sulit melupakan mantan.

Kamu bisa merenungkan kesalahanmu lalu meminta maaf kepadanya. Namun, sebaiknya kamu nggak mengharapkan respons apa pun dari si dia, ya, Bela. Biarkan sang mantan memilih keputusannya sendiri, meskipun itu nggak harus kembali bersama lagi.

7. Dalam satu lingkup yang sama

7 Hal yang Membuatmu Susah Melupakan Mantanfreepik.com/ user6873431

Berada dalam lingkup yang sama juga bisa membuat kamu sulit melupakan mantan karena terus teringat meskipun kamu nggak berniat untuk melakukannya. Masalahnya adalah ketika kamu melihat dia, maka semua usaha move on-mu seakan sia-sia. Kamu jadi mengenang lagi kebersamaan kalian bersama dengan perasaan yang campur aduk. Benahi dan kuatkan lagi pertahananmu, Bela!

Jadi, itulah 7 hal yang membuatmu susah melupakan mantan. Kamu hanya perlu sedikit waktu untuk membiasakan kembali hidup tanpa si dia kok, Bela.

Baca Juga: 30 Ucapan Ulang Tahun untuk Mantan yang Berkesan

Baca Juga: 35 Pantun untuk Mantan, dari Galau Hingga Bikin Ngakak

Baca Juga: 7 Alasan Seseorang Berkencan dengan Orang yang Mirip Mantannya