Seseorang dapat dipercaya atau tidak adalah saat ia menepati apa yang telah dijanjikannya. Namun nyatanya, sebagian orang masih menyepelekan pentingnya menepati janji. Bahkan, beberapa orang berani mengingkari janji dengan mengada-ngada alasan yang tak masuk akal. 

Masalahnya adalah ketika kamu terlalu sering ingkar janji, maka ada beberapa bahaya yang mengikutinya. Bisa jadi bahaya itu belum terlihat saat ini, tapi layaknya sebuah mata rantai, bahaya itu akan memberikan dampak di kemudian hari. 

Kira-kira apa saja bahaya jika seseorang mengingkari janji? Simak jawabannya agar kamu tak melakukannya! 

1. Hilangnya kepercayaan

6 Bahaya Jika Seseorang Mengingkari Janji, Jangan Lakukan Ya!Pexels/Antoni Ahkraba

Jika kamu ingin membangun sebuah hubungan, baik hubungan asmara ataupun bisnis, maka hal utama yang kamu perlukan adalah kepercayaan. Bagaimana mungkin hubungan tersebut berjalan dengan baik jika kamu mudah membatalkan janji. Jadi, jangan sia-siakan setiap kepercayaan yang diberikan padamu. 

2. Menutup banyak kesempatan

6 Bahaya Jika Seseorang Mengingkari Janji, Jangan Lakukan Ya!pexels.com/karolina-grabowska

Menilai apakah seseorang miliki rasa tanggung jawab atau tidak adalah dengan melihat kesehariannya. Apabila orang tersebut selalu mengingkari janji, maka bisa dipastikan ia adalah orang yang tidak bertanggung jawab. 

Itu artinya, kamu telah menutup pintu kesempatanmu sendiri saat melakukan ingkar janji. Seperti kata pepatah, kesempatan nggak datang dua kali. 

3. Sulit mengembangkan kemampuan diri

6 Bahaya Jika Seseorang Mengingkari Janji, Jangan Lakukan Ya!Pexels.com/Valeria Ushakova

Bisa jadi kamu adalah seorang ahli profesi yang sangat dibutuhkan oleh orang banyak. Akan tetapi, kebiasaanmu yang selalu mengingkari janji justru membuatmu selalu tak berhasil menjalin hubungan apa pun.

Ketika kamu tidak diterima orang lain karena sifatmu yang satu ini, maka sudah saatnya kamu berbenah diri. 

4. Selalu merasa tidak aman dengan hubungan asmaramu

6 Bahaya Jika Seseorang Mengingkari Janji, Jangan Lakukan Ya!freepik.com/free-photo

Bahaya jika seseorang mengingkari janji selanjutnya adalah ini akan berimbas pada hubungan asmaramu. Apakah kamu pernah mendengar istilah 'ketika kamu berbohong, maka sebenarnya kamu sedang membohongi dirimu sendiri'?

Kata-kata tersebut sangat berkaitan dengan kebiasaan ingkar janji yang kamu lakukan, lho! Sebab, kamu menjadi khawatir dan takut pasanganmu akan melakukan hal serupa seperti yang kamu lakukan. Perasaan paranoid tersebut akan selalu ada jika kebiasaan ingkar janji masih kamu lakukan. 

5. Merusak harga diri seseorang

6 Bahaya Jika Seseorang Mengingkari Janji, Jangan Lakukan Ya!pexels.com/liza-summer

Mungkin, hal yang kamu janjikan tidaklah begitu penting bagimu. Namun, bagaimana dengan orang yang kamu janjikan? Bisa jadi itu adalah salah satu momen yang sangat dinantikannya selama hidupnya. Lalu, dengan tiba-tiba saja kamu merusaknya. 

Kita tak pernah tahu apa yang sudah dipersiapkan orang lain untuk memenuhi sebuah janji, maka dari itu hargailah setiap janji yang kamu buat. Dengan begitu, kamu juga ikut menghargai orang lain.

6. Dikucilkan dan tidak bahagia

6 Bahaya Jika Seseorang Mengingkari Janji, Jangan Lakukan Ya!pexels.com/andrea-piacquadio

Sebaliknya, jika orang lain terlalu lelah dengan kebiasaan ingkar janjimu, maka bersiaplah menghadapi mata rantai terakhir dari bahaya mengingkari janji. Kamu akan mulai dicap sebagai tukang bohong dan dikucilkan oleh orang-orang sekitar. 

Kamu selalu takut dan dihantui ejekan masyarakat sehingga kamu merasa kesulitan untuk menikmati hidup dan menemukan rasa bahagia. Bila hal ini terjadi, maka sangat mungkin kamu merasakan stres hingga depresi. 

Itulah bahaya jika seseorang mengingkari janji. Maka dari itu, berhati-hatilah saat membuat janji, jangan sampai bahaya ingkar janji ini dialami olehmu, ya, Bela. 

Baca Juga: Duh! 5 Zodiak Ini Suka Berbohong Sama Pasangannya

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Bohong ke Pasangan, Meski Maksudnya Baik

Baca Juga: Ini 5 Konsekuensi Berbohong dalam Pernikahan