Webtoon merupakan akronim dari website cartoon. Tau nggak sih kalau Korea Selatan adalah negara penggagas adanya webtoon? Nah, webtoon dianggap sebagai subgenre dari manhwa (kalau Jepang punya manga, Korea punya manhwa), akan tetapi media publikasi yang digunakan berbeda.

Mulai dari komik romantis sampai misteri, semua bisa kamu temukan dalam website dan aplikasi. Namun dari semua genre yang ada di webtoon, bacaan dengan genre romantis selalu menjadi favorit anak muda. Kisah romantis di antara tokoh-tokohnya selalu asyik untuk diikuti, karena terkadang kisah mereka relevan dengan dunia nyata. Berikut contohnya!

1. Diamond Dust

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Bapermangapark.me

Webtoon pertama ini berkisah tentang seorang gadis yang dipaksa menjadi pemain piano, tekanan itu sudah ia dapatkan sejak dia lahir. Hal itu terjadi karena anggota keluarga mereka ada yang pernah menjadi seorang musisi terkenal di masa lalu. Dia terus-menerus dipaksa oleh ayahnya untuk berlatih.

Ia bisa berlatih selama 12 jam sehari dan jika ia bersikap baik, ia akan berlatih selama 10 jam. Selain itu, ia selalu memakai sarung tangan ketika tidak sedang bermain piano. Tentu hal itu membuatnya tidak memiliki teman. Hingga akhirnya ia bertemu dengan laki-laki yang selalu bisa memotivasi dirinya untuk keluar dari zona nyamannya.

Kamu penasaran dengan kisah mereka selanjutnya? Kamu bisa membacanya di situs webtoon Korea, seperti Naver, Daum, Line, dan lain-lain

2. That Summer

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Bapertvtropes.org

Kalau webtoon yang satu ini punya cerita unik. Mungkin ada sebagian dari kalian yang pernah merasakan cerita di webtoon ini. Bercerita tentang seorang gadis yang terjebak dalam hubungan 2 orang laki-laki yang saling suka. Singkatnya, si perempuan terjebak dengan sepasang laki-laki penyuka sesama jenis.

Awalnya, gadis itu hanya menjadi mediator bagi kedua laki-laki tersebut untuk menyelesaikan permasalahan mereka berdua. Lama-lama dia jadi jatuh cinta dengan salah satu di antara mereka. Nah lho?

Kalau kamu ingin membaca webtoon romance yang juga punya genre Shounen Ai, maka That Summer adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa baca webtoon ini dalam bentuk translate bahasa Inggris di web mangakakalot.

3. I Love You

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperaminoapps.com

Kalau webtoon ini bercerita tentang Shin Ae, dia selalu tidak beruntung dalam sebuah hubungan. Melihat hubungan asmaranya yang selalu berakhir dengan rasa sakit, Shin Ae memutuskan untuk tidak akan lagi menjalin hubungan asmara dengan orang lain. Meski puas dengan keberadaannya yang anti sosial dan membosankan, hidupnya berubah ketika secara tidak sengaja merusak pakaian orang lain yang tidak ia kenal. Dari sanalah kisah cintanya berubah haluan.

Kalau kamu pecinta tsundere romance, webtoon yang satu ini bisa masuk list kamu nih.

4. My Dear Cold-Blooded King

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Bapercomicsbeat.com

Lahir dari keluarga petani yang sederhana, Kihara Mei bekerja sebagai pedagang di ibu kota, dan dia tidak pernah berpikir untuk mengubah hidupnya. Tapi, satu hari dia memutuskan untuk mengubah jalan hidupnya, ketika ia menerima tantangan mematikan untuk melawan assassins kerajaan yang berbahaya.

Kamu bisa tahu akan ada cinta segitiga bahkan sebelum membaca bab pertama dari webtoon ini. Kamu akan tertarik dengan misteri seputar tiga karakter utama yang ada di webtoon ini, terutama sang tokoh perempuan. Selain bergenre romance, webtoon ini juga memiliki genre historical.

5. Midnight Rain

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperlykn.deviantart.com

Noemi dan orangtuanya pindah untuk tinggal di perkebunan milik salah satu keluarga terkaya, keluarga Valstrom, mereka pindah karena alasan pekerjaan. Di sana Noemi bertemu dengan Blade, pewaris kekaisaran Valstrom, dan Soren, saudara tiri Blade.

Di webtoon ini kamu bisa melihat perkembangan dari Noemi, Blade, dan Soren dari mereka masih anak-anak hingga menjadi dewasa. Sama seperti kisah yang lainnya, mereka bertiga terlibat dalam cinta segitiga.

6. My Beautiful World

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Bapersoompi.com

My Beautiful World menceritakan seorang mahasiswa bernama Yurim Lee yang memiliki kekuatan untuk melihat sisi gelap seseorang, atau dengan kata lain Yurim memiliki kekuatan supranatural. Orang-orang membuatnya takut, jadi dia menghindari banyak orang dan melindungi dirinya sebisa mungkin.

Tapi, keadaan berubah saat dia masuk perguruan tinggi. Suatu hari saat Yurim tengah berada dalam situasi berbahaya, dia diselamatkan oleh seorang laki-laki dewasa bernama June Kim, seorang mantan perwira polisi dengan masa lalu yang bermasalah. Secara tidak sengaja, June menjadi teman sekaligus pelindung bagi Yurim.

Mungkin sebagian dari kalian sudah gak asing lagi sama webtoon yang satu ini. Kabarnya webtoon ini akan dibuatkan versi drama. Jadi nggak sabar buat nonton dramanya, ya!

7. Cat and Dog

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin BaperTwitter.com/Spotton

Sama seperti webtoon My Beautiful World, webtoon yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Salah satu webtoon terkenal dari Korea ini menceritakan tentang Joo Yeong Woo, gadis yang sebentar lagi genap berusia 19 tahun, suatu pagi mendapatkan titah dari sang kakek untuk segera menikah. Meski di hadapan sang kakek, Yeong Woo memperlihatkan reaksi terkejut bukan main, namun sesungguhnya di balik punggung laki-laki sepuh itu, Yeong Woo justru gembira mendengar hal ini.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggunya tiba juga. Dia akan menikah dengan laki-laki yang sejak kecil telah dijodohkan dengannya. Laki-laki yang merupakan seorang aktor muda bernama Mo Seul Woo. Penasaran dengan akhirnya? Mending kamu langsung baca webtoon-nya saja!

8. We’re So Over…Or Not

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperspottoon.com

Kalau kamu suka sama cerita bergenre komedi romantis, maka webtoon yang satu ini harus kamu baca. Chastity dan Valor merupakan sepasang kekasih yang akhirnya memutuskan untuk menikah. Saat memasuki usia 70 tahun, mereka saling membenci satu sama lain. Sampai akhirnya sebuah keajaiban terjadi, mereka berdua kembali ke masa di mana mereka berdua masih berusia 17 tahun.

Akankah mereka jatuh cinta satu sama lain untuk kedua kalinya? Ataukah mereka jatuh cinta dengan orang lain yang akan merubah takdir mereka berdua? Kalian bisa temukan jawabannya di webtoon.

9. Pinocchio

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperread.egscans.com

Walaupun judulnya Pinocchio, tapi webtoon yang satu ini nggak ada hubungan sama sekali dengan drama Pinocchio yang dimainkan oleh Lee Jong Suk. Webtoon ini bercerita tentang Choi Ha Ram yang nggak sengaja memiliki kemampuan untuk melihat hantu setelah ia membeli sebuah kalung, hingga akhirnya ia bertemu dengan Yu Ga On, hantu yang kehilangan seluruh ingatannya selama hidup. Mereka berdua berteman dan saling mendukung satu sama lain.

Hingga akhirnya Yu Ga Oh jatuh cinta kepada Choi Ha Ram, namun ia tahu jika mereka berdua tidak bisa bersama. Lalu apa yang akan dilakukan oleh Yu Ga Oh? Tetap memendam perasaannya ataukah mengatakannya pada Ha Ram?

10. Cheonsaeng Yeonbun

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperbato.to

Ji-woo memiliki impian untuk mewarisi perusahaan kakeknya. Namun, kakeknya punya rencana lain dan yang melibatkan orang tertentu bernama Kang Min-woo. Ji-woo akan melakukan berbagai macam cara untuk mencegah rencana tersebut terjadi! Nah, rencana apa yang dimaksud?

Kalau kamu menyukai genre bender romances , ini bagus untuk dibaca.

11. Cherry Boy, That Girl

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperweheartit.com

Strawberry "Berry" Shin adalah satu dari sedikit murid perempuan di sebuah sekolah yang didominasi laki-laki. Dia adalah seorang perempuan yang narsis dan mampu menarik perhatian rekan kelasnya yang kaya, Pierre "Pear" Kang. Sayangnya, Berry harus berurusan dengan temannya Pear, Walnut "Wally" Kang, yang sepertinya membencinya tanpa alasan. Keadaan semakin memburuk ketika mantan pacarnya, Mandarin "Darin" Kim, tidak terlalu senang dengan hubungan barunya. Webtoon ini memiliki nama-nama tokoh yang cukup unik, ya.

12. Unloveable Replacement

12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baperwebtoons.com

Walaupun webtoon ini tidak sepopuler seperti webtoon di atas, tapi jalan ceritanya cukup seru buat diikuti. Dalam chapter awal, kamu akan melihat bagaimana kedua tokoh utama dalam komik ini memiliki keterikatan di masa lalu, tetapi hanya tokoh perempuan yang mengingat semua hal-hal yang pernah mereka lakukan di masa lalu.

Ceritanya semakin menarik ketika tokoh laki-laki mencoba mengingatnya. Mereka saling membagi kenangan masa lalu mereka, hingga akhirnya sang laki-laki jatuh cinta.

Nah, ayo buruan baca! Pasti kamu baper, deh. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "12 Webtoon Romantis Korea yang Paling Berhasil Bikin Baper"

Baca Juga: Tampil Keren, 6 Aktris Korea Ini Sukses Perankan Karakter Webtoon