Merasa minder karena single? Sering diolok-olok karena tak punya pasangan? Tenang Bela, kamu tidak perlu memedulikan perkataan orang lain. Lebih baik kamu mulai menyibukkan diri dengan menjadi single yang berkualitas. Bagaimana caranya? Simak tips dari Popbela berikut ini ya.

1. Rencanakan harimu

Nggak Perlu Minder, Sekarang Waktunya Jadi Single Berkualitas!The Age of Adaline/Lakeshore Entertainment, Sidney Kimmel Entertainment/www.lidovky.cz

Setiap pagi, setelah bangun tidur, cobalah untuk menuliskan hal terbaik yang ingin kamu capai hari ini, versi terbaik dari dirimu sendiri. Entah itu dalam urusan pekerjaan, hobi, keuangan, atau apapun. Pokoknya sesuatu yang bisa membuatmu menjadi sosok yang kamu impikan. Dengan membuat goal seperti ini, alam bawah sadarmu juga akan ikut terdorong untuk meraihnya.

2. Fokuslah pada hal-hal positif

Nggak Perlu Minder, Sekarang Waktunya Jadi Single Berkualitas!The Age of Adaline/Lakeshore Sidney Kimmel Entertainment/www.cinema.nl

Pikiran pertama yang muncul di pagi harimu akan mempengaruhi perjalanan harimu. Untuk itu pikirkanlah hal-hal yang positif, sesuatu yang bisa membuatmu bahagia. Hilangkan segala pikiran negatif yang hanya akan menyita banyak waktu dan tenagamu tanpa memberikan manfaat. Dengan fokus pada hal-hal yang positif, seluruh tubuhmu akan terdorong untuk melakukan segala sesuatu dengan keikhlasan.

3. Bercermin

Nggak Perlu Minder, Sekarang Waktunya Jadi Single Berkualitas!The Age of Adaline/Lakeshore Sidney Kimmel Entertainment/www.wallpaperscraft.com

Yang dimaksud bercemin di sini bukan berdiri di depan kaca ya, Bela. Bercermin di sini yaitu bagaimana kamu melihat dirimu sendiri hari ini. Di malam hari sebelum tidur, coba untuk menyempatkan 15-30 menit dari waktumu untuk 'bercermin'. Tuliskan hal-hal yang telah kamu pelajari hari ini, apa keunggulan dan kelemahanmu, apa yang membuat harimu jadi lancar dan apa yang menjadi penghambatnya. Dengan memahami apa yang terjadi hari ini, akan membuatmu lebih mudah untuk memahami dirimu sendiri. Selain itu, akan lebih mudah bagimu untuk memulai hari esok.

Cobalah untuk melakukannya secara rutin selama satu bulan dan lihat perbedaannya dalam hidupmu. Hari demi hari, kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri. Dengan demikian, kualitas dirimu pun akan meningkat.

BACA JUGA: 3 Alasan Sederhana Kenapa Kamu Belum Juga Bertemu Jodohmu