Ketika kita sedih atau patah hati pasti kita akan mencari cara untuk menenangkan suasana hati kita. Salah satunya dengan mendengarkan lagu mellow atau galau yang membuat kita semakin hanyut dalam perasaan. Meski terkesan nggak baik bagi tubuh, namun cara ini tetap dilakukan orang yang sedang galau untuk menyembuhkan luka karena masa lalu.

Sebenarnya mendengarkan lagu galau itu baik nggak sih untuk mental kita? Dilansir dari Hello Sehat, nggak selamanya lagu galau itu memiliki efek negatif bagi tubuh kita. Justru ada manfaatnya lho dari sisi psikologis. Berikut ini 5 manfaat mendegarkan lagu galau dari sisi psikologis.

Sering Mendengarkan Lagu Galau? Ini 5 Manfaatnya untuk Jiwa Kamu

Seperti yang kita ketahui kalau lagu galau memiliki irama yang mendayu-dayu. Liriknya yang menyentuh membuat kita sampai hanyut terbawa perasaan mengingat momen masa lalu kita. Hal ini baik untuk kesehatan mental kita untuk menyembuhkan kesedihan agar nggak berlarut-larut. Perasaan sedih yang berlarut-larut juga nggak baik lho untuk kesehatan mental dan tubuh kita, Bela.

Sering Mendengarkan Lagu Galau? Ini 5 Manfaatnya untuk Jiwa Kamu

Ketika kita mendengarkan lagu galau, pasti kita akan melakukan apa pun untuk melepas kesedihan. Ada banyak caranya, seperti merenung ataupun curhat kepada orang yang kita percayai. Hal itu bisa mengurangi perasaan sedih kita. Apalagi orang yang kita percayai dapat memberikan dukungan atau semangat untuk kita.

Sering Mendengarkan Lagu Galau? Ini 5 Manfaatnya untuk Jiwa Kamu

Masa lalu yang menyakitkan adalah salah satu penyebab orang mendengarkan lagu galau. Perasaan sedih atau kecewa membantu kita yang suka mendengarkan lagu galau keluar dari masalah yang pernah kita alami. Hal itu dapat menyadarkan kita kalau masalah kita di masa lalu lebih berat daripada saat ini. Hasilnya, kita dapat melewatinya dan nyatanya juga kita baik-baik saja, kan?

Sering Mendengarkan Lagu Galau? Ini 5 Manfaatnya untuk Jiwa Kamu

Lagu mellow atau galau membuat kita memiliki emosi positif yang tinggi seperti rasa sayang dan simpati. Rasa sayang dan simpati inilah yang membuat kita sebagai pendengar lagu galau melakukan hal-hal positif. Seperti, mampu menjadi pendengar yang baik, mampu memberikan semangat dan mampu memahami perasaan orang lain. Dengan begitu, timbul kepuasaan tersendiri yang membuat kita bisa lepas dari kesedihan yang kita alami.

Sering Mendengarkan Lagu Galau? Ini 5 Manfaatnya untuk Jiwa Kamu

Setelah mendengarkan lagu galau, kita akan mengetahui manfaat apa yang didapat setelah mendengarkannya. Lagu galau membuat kita bangkit dari keterpurukan karena kita akan menyadari kalau hidup jangan terjebak dengan masa lalu. Karena masih ada masa depan yang harus kita hadapi daripada kita harus melihat ke belakang.

So, kita sudah tahu nih manfaat dari sisi psikologis dari mendengarkan lagu galau. Kira-kira masih mau mendengarkannya nggak nih, Bela?

Sumber artikel: hellosehat.com

Baca Juga: 5 Playlist Lagu Galau Up Beat yang Cocok Kamu Dengarkan di Pagi Hari