Gagal dalam sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah untuk menghadapinya. Banyak memori yang dilalui bersama membuatmu nggak mudah untuk menerima keadaan. Seiring waktu yang berlalu kamu akan menjalani harimu seperti biasa, mungkin yang berbeda hanya seorang diri. Banyak hal yang sering dilalui membuatmu masih mengenang mantan kekasih. Sayangnya ini hanya sebuah pikiran yang akan terus semakin besar. Untukmu yang sedang mengalami hal ini, inilah kata-kata buat mantan yang masih disayang.

Walau tak sempurna, yang dahulu masih terkenang.

Berjalanlah ke mana pun hatimu mau, jika hatimu lelah dan tak menemukan hati yang kamu cari, lihatlah ke belakang, ada aku yang masih setia menantimu.

Kita memang tak lagi sejalan, namun kenangan kita yang takkan mungkin bisa terlupa. Kenangan itulah yang membuat ku masih merindukanmu sampai saat ini.

Mungkin tak sulit melupakan orang yang pernah tertawa bersama kita. Tapi sulit rasanya melupakan orang yang pernah menangis bersama kita.

Tuhan, jika dia bukan buatku, berikan aku penggantinya yang lebih baik, setidaknya yang bisa menghapus luka ini.

29 Kata-Kata Buat Mantan yang Masih Disayangfreepik.com/ yanalya

Pekat malam menjadi saksi janji kita, namun setelah itu malam akan menangis karena ketidakmampuan kita untuk menepatinya.

Saat ini kamu hanyalah seseorang yang pernah ku kenal.

Kisah kita dahulu memang benar-benar tak akan bisa terlupakan. Namun kan selalu ku ingat dan ku kenang, meski luka semakin terasa sakit saat mengenangnya.

Aku punya sejuta alasan untuk melupakanmu, tapi tak ada yang bisa memaksaku untuk berhenti mencintaimu.

Aku adalah orang yang selalu menjaga indahnya kisah cinta kita, meskipun pelangi tidak akan selamanya ada.

29 Kata-Kata Buat Mantan yang Masih Disayangpexels.com/ Kay Jayne

Kukira melihatmu pergi adalah hal berat. Tetapi, mengetahui bahwa kau takkan pernah kembali adalah yang terberat.

Jangan jadikan doamu sebagai penghalang kebahagiaannya. Cukup selalu doakan yang terbaik, karena akan selalu ada yang terbaik untuk sesuatu yang diikhlaskan.

Aku akan sangat senang jika kau mau luangkan waktu untuk menemuiku, aku hanya ingin tahu bagaimana kabarmu, bagaimana kabar keluargamu?

Saat kita bertemu mungkin kita berbincang (tentang) pekerjaan dan cuaca, kau akan tampak hati-hati dan sedikit kikuk, dan aku tahu sebabnya.

Karena terakhir kali kita bertemu, sesuatu yang buruk terjadi masih berbekas di pikiranku; aku meninggalkanmu untuk alasan yang kusesali.

29 Kata-Kata Buat Mantan yang Masih Disayangpexels.com/ Tess Emily Seymour

Ternyata kebebasan tiada artinya jika merindukanmu berharap dulu kusadari yang kumiliki saat kau bersamaku.

Akhir-akhir ini, aku kesulitan untuk tidur terjaga, membayangkan kesalahanku di hari ulang tahunmu, aku bahkan tak menghubungimu.

Ketika yang dimiliki telah lepas dari genggaman, di saat itulah kau akan merasa sangat kehilangan. Untuk itu, jaga yang kau miliki.

Cahaya di hatiku kan terus menyala, menanti barangkali kau masih mau kembali.

Ketika kamu melihatku, aku ingin kamu mengingat apa saja yang pernah kamu miliki, apa saja yang kamu lepas, lalu akhirnya sadar bahwa kamu tidak akan pernah mendapatkannya kembali.

29 Kata-Kata Buat Mantan yang Masih Disayangpexels.com/ Engin Akyurt

Dan lalu musim hujan datang, hari-hari gelap saat rasa takut merasuk pikiranku telah kau berikan seluruh cintamu, tapi aku meninggalkanmu.

Lalu terpikirku tentang masa sekolah, saat-saat yang indah kulihat kau tertawa di bangku kelas dan kusadari aku mencintaimu sejak saat itu.

Cinta itu bukan masalah memiliki, tapi memberi bantuan dan dukungan. Berani berkata jujur kalau ada keputusan yang salah.

Mengingatmu sangat menyakitkan. Dan membuatku kehilangan kosakata. Terdiam ketika aku tersadar, aku bukan lagi pemilik hatimu.

Aku rindu pada masa di mana hanya ada aku dan kamu.

29 Kata-Kata Buat Mantan yang Masih Disayangfreepik.com/ Freepik

Kadang aku berusaha sangat keras untuk menemukan jawaban yang sebenarnya tentang mengapa kita dulu harus berpisah.

Saat sayapmu patah, aku akan menggantinya dengan sayapku agar dirimu bisa kembali terbang meskipun aku yang harus tersakiti.

Semenjak kamu pergi, aku bisa bernapas lega untuk pertama kalinya.

Semakin keras aku melupakanmu, semakin aku menyadari betapa aku sungguh menginginkanmu kembali.

Itulah beberapa kata-kata buat mantan yang masih disayang. Mana yang kamu banget, Bela?

Baca Juga: 25 Kata-Kata Balikan Sama Mantan di Berbagai Situasi