Catat! Ini Doa Khususon untuk Orang yang Sudah Meninggal

Berisi harapan agar dosanya diampuni

Catat! Ini Doa Khususon untuk Orang yang Sudah Meninggal

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Doa khususon untuk orang yang sudah meninggal penting untuk diketahui oleh umat Islam. Tujuannya adalah agar kita bisa mengirimkan doa untuk roh yang telah meninggal dunia, baik itu keluarga, kerabat, atau teman dekat. Adapun isi dari doa tersebut adalah harapan agar almarhum atau almarhumah diampuni Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Pada doa khususon, ada bagian untuk mengarahkan doa kepada roh yang dituju. Bagian tersebut diawali dengan kalimat “khushuushon ilaa ruuhi…” yang diteruskan dengan menyebut nama almarhum, membaca doa, dan melafalkan surah Al Fatihah.

Tujuan dari pembacaan doa khususon ini adalah untuk memastikan bahwa doa yang dibacakan dan dikirimkan kepada ahli kubur lebih sempurna dan sampai di tempat yang tepat. Oleh karena itu, doa ini menjadi bagian penting dari tata cara berdoa untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Lantas, seperti apa doa khususon untuk orang yang sudah meninggal? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

1. Doa untuk orang yang sudah meninggal

للَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahaa warhamhaa wa'aafi haa wa'fu anha wa akrim nuzula hu wa wassi'madkhola hu wahgsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa'aidz hu min'adzaabil qobri wa fitnati hi wa min'adzaabin naar.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah, dan lepaskanlah dia. Dan, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan, muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran."

2. Doa khususon untuk ayah atau ibu

Pembacaan doa khususon biasanya dilakukan di berbagai acara tradisi tahlilan atau ziarah kubur. Umumnya, pemuka agama yang akan memimpin untuk membacakan doa khusus tersebut. Meski begitu, setiap Muslim perlu untuk mengetahui cara mengirimkan doa khususon ini.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, doa khususon ini dimulai dengan kalimat “khushuushon ilaa ruuhi…” yang kemudian diteruskan dengan menyebut nama lengkap almarhum beserta bin/binti-nya, membaca doa, dan melafalkan surah Al Fatihah.

Adapun doa khususon untuk ayah adalah sebagai berikut:

Khushuushon ilaa ruuhi abii ... (sebut namanya) bin ... (sebut nama ayahnya). Allahumaghfirlahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya ayahku ... (sebut namanya) putra dari ... (sebut nama ayahnya). Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Doa khususon untuk ibu:

Khushuushon ilaa ruuhi ummii ... (sebut namanya) binti ... (sebut nama ayahnya). Allahumaghfirlahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya:

"Terkhusus untuk ruhnya ibuku ... (sebut namanya) putri dari ... (sebut nama ayahnya). Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here