Keinginan untuk menyeimbangkan karier dan kehidupan cinta tentu ada di kepala setiap wanita. Siapa sih yang tak mau memiliki karier cemerlang sambil menikmati indahnya kehidupan percintaan? Tapi sayangnya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Buktinya kalau diperhatikan, ada banyak wanita yang kariernya baik tapi hubungan asmaranya justru tidak. 

Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya apa ya yang membuat hal tersebut terjadi? Nah, agar tak terus penasaran, kali ini Popbela akan mengulas alasan mengapa biasanya wanita berkarier sukses banyak yang berstatus single:

1. Wanita karier lebih pemilih dalam segala hal termasuk soal pasangan

5 Alasan Mengapa Wanita dengan Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung dalam Percintaantheguardian.com

Dunia kerja akan melatih seorang wanita untuk dapat bertanggung dalam setiap keputusan yang ia buat. Tuntutan ini secara tidak langsung akan membuat wanita tersebut menjadi lebih hati-hati sebelum memutuskan sesuatu. Nah, kebiasaan tersebut biasanya terbawa dalam kehidupan sehari-hari di mana ia akan berhati-hati sebelum mengambil keputusan termasuk juga soal hubungan asmara.
 

2. Mencari pria yang kariernya lebih terjamin itu terkadang sulit

5 Alasan Mengapa Wanita dengan Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung dalam Percintaancocosteaparty.com

Alasan kedua yang biasanya membuat wanita karier susah menemukan tambatan hati adalah mereka cenderung mencari yang lebih pria mapan. Mapan di sini maksudnya tidak hanya dari segi uang tapi juga pekerjaan. Dia akan membandingkan apakah pria tersebut lebih stabil kariernya. Jika tidak, wanita karier akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk berkencan.

3. Pria merasa minder mendekati wanita dengan karier yang sukses

5 Alasan Mengapa Wanita dengan Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung dalam Percintaanforbes.com

Jika beberapa wanita lebih suka mencari pasangan yang lebih hebat, pria justru sebaliknya. Budaya yang membuat pria merasa harus lebih sukses dari wanita biasanya menjadi penyebabnya. Karena itu tak mengherankan kalau saat mendekati wanita biasanya pria akan memilih yang kariernya di bawah mereka. Jika si wanita terlihat lebih sukses dari segi karier maka mereka cenderung segan mendekati.

4. Sudah mandiri secara finansial

5 Alasan Mengapa Wanita dengan Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung dalam Percintaanarchitecturaldigest.com

Ada beberapa wanita yang memilih menikah karena alasan finansial. Ya, kultur ketimuran memang seringkali tanpa sadar memosisikan wanita menjadi tanggungan pria secara ekonomi. Umumnya kalau sudah menikah, biaya hidup si wanita akan ditanggung pasangannya. Nah, situasi tersebut tentu tidak berlaku bagi wanita karier. Pekerjaan yang baik serta penghasilan yang menjanjikan membuat wanita karier merasa tidak memerlukan hal tersebut. Mereka bisa membiayai hidup tanpa perlu bergantung dengan sang pria.

5. Kesibukan pekerjaan membuat mereka tak punya waktu mencari pasangan

5 Alasan Mengapa Wanita dengan Karier Cemerlang Biasanya Kurang Beruntung dalam Percintaanonekingslane.com

Masuk ke dunia kerja terkadang memang memangkas waktu kita untuk banyak hal. Tidak hanya terbatasnya kesempatan bertemu keluarga atau teman, tapi juga urusan mencari pasangan. Coba bayangkan mulai dari pagi hingga malam hari kita sudah sibuk beraktivitas. Ketika akhir pekan pun kebanyakan wanita karier memilih untuk beristirahat di rumah ketimbang harus “beredar” mencari gebetan. Alhasil situasi tersebut membuat wanita karier tak sempat mencari pasangan dan betah dengan status single-nya.

Semoga alasan-alasan di atas menjawab rasa penasaranmu ya, Bela, kenapa wanita karier biasanya berstatus single. Kamu setuju? Atau kamu punya alasan-alasan lain? Jangan lupa bagikan di bagian komentar ya, Bela!