Apakah kamu pernah mendengar istilah 'introvert hangover'? Pernah kamu menghabiskan waktu bersama keluarga, namun setelahnya kamu merasa lelah dan hampir tidak bisa berpikir jernih, rasanya seperti lelah mental dan fisik. Ada apa, ya?

Hari-hari yang sudah kamu lewati terasa begitu menyenangkan, tapi setelah bersosialisasi dengan banyak orang, kamu serasa seperti kehabisan energi. Kalau kamu pernah mengalaminya, tidak ada yang salah denganmu, dan kamu tidak sendirian. Mungkin saja kamu memang introvert dan baru saja mengalami introvert hangover.

Ini benar adanya, lho. Meskipun bukan diagnosis resmi, inilah yang dirasakan kebanyakan introvert dalam kehidupan mereka dan kelelahan sosial yang dialami.

Berikut ini 8 tanda introvert hangover.

1. Selalu merasa gugup di setiap hal kecil

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/MART PRODUCTION

Tanda kamu mengalami introvert hangover ialah merasa gugup dengan hal kecil. Gangguan seperti ini akan membuat kamu lelah. Kamu akan sensitif dengan hal sepele, seperti salah menaruh barang atau omongan orang terhadap kamu. Introvert hangover bisa membuat kamu jatuh dalam kehancuran, tak heran jika teman atau pasangan terlibat pertengkaran karena kelelahan sosial ini. 

2. Butuh perjuangan untuk mengambil keputusan

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tanda kamu mengalami introvert hangover yang selanjutnya adalah, kamu merasa kesulitan dalam mengambil keputusan, meskipun itu hal-hal yang sederhana. Seperti, kamu bingung memilih belanjaan antara A dan B. Seharusnya memang tidak sulit, tetapi begitu adanya. Apalagi, ketika menghadapi hal besar, kamu bisa saja memikirkan keputusan hingga putus asa dengan sendirinya. 

3. Perubahan pada gaya berbicara

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Ike Louie Natividad

Pada tanda introvert hangover ini, mungkin saja kamu akan berbicara dengan lebih lambat, atau dengan jeda yang cukup panjang. Pembicaraan kamu mungkin sudah tepat, tapi penyampaiannya terkesan samar atau tidak jelas. Jika kamu merasa lelah, kamu akan terlihat seolah seperti orang yang sedang mabuk.

4. Merasa lelah secara mental dan fisik

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Valerie Ushakova

Beberapa orang ada yang mengalami kasus ekstrem, seperti sakit kepala, nyeri otot, pusing, atau sakit perut. Pada tanda introvert hangover ini, tubuh seolah tidak ada energi lagi dan cenderung melamban. Kamu merasa lelah dengan kegiatan atau aktivitas yang kamu jalani. Mungkin saja, kamu akan melewati rutinitas di malam hari dan langsung tertidur.

5. Merasa cemas dengan segala sesuatu

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Karolina Grabowska

Beberapa orang yang pendiam, introvert hangover yang dialami akan memperburuk keadaan mereka. Tanda hangover satu ini, membuat gugup dan kepanikan pada situasi sosial mereka. Terlebih lagi, mereka akan sangat khawatir jika orang menilai buruk atau mengatakan hal yang keliru tentang mereka. Seolah rasanya ingin melarikan diri dari situasi tersebut.

6. Merasa tertekan

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Masha Raymers

Beberapa dari mereka yang mengalami tanda introvert hangover ini, akan merasakan dirinya berputar pada pikiran negatif dan depresi, ketika mereka sedang berada dalam fase kelelahan sosial. Mereka akan merasa pesimis dan sinis, lalu kembali bertanya-tanya tentang keputusan yang sudah dibuat terhadap hidup mereka. 

7. Perubahan perilaku dari biasanya

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Engin Akyurt

Ketika ini sudah terjadi, orang-orang akan mengatakan bahwa kamu bertingkah tidak seperti biasanya. Mereka akan menyadari perubahanmu dan orang akan merasa kamu tidak ceria seperti dahulu. Bahkan, kamu merasa sudah tidak ada lagi bahan obrolan bersama orang lain. 

8. Merasa selalu ingin menyendiri

8 Tanda Kamu Mengalami 'Introvert Hangover'Pexels.com/Pixabay

Saat kamu mengalami tanda introvert hangover, kamu akan lebih memilih menyendiri daripada bersama orang lain. Kamu ingin berdiam diri di rumah, memakai baju nyaman, mengunci diri di kamar, ataupun menonton serial TV favorit. Kamu mungkin saja tetap ingin bergaul dengan orang lain, selama mereka tidak banyak berbicara, atau berekspektasi apa pun dengan kamu.

Itulah 8 tanda kamu mengalami introvert hangover. Apakah kamu pernah merasakannya, Bela?

Baca Juga: 12 Aturan Ketika Berteman dengan Introvert

Baca Juga: 5 Perilaku Normal Bagi Orang Introvert yang Sering Dianggap Aneh

Baca Juga: Kenali 9 Ciri-Ciri Orang Introvert yang Sebenarnya