Dalam kehidupan, pasti kita akan bertemu dengan orang yang sensitif atau bahkan kita sendiri yang merasakannya. Kebanyakan orang menanggap bahwa sifat baperan adalah sebuah kekurangan. Mungkin, kamu pernah mendapat kata-kata yang kurang nyaman di hatimu, dan orang memberitahu bahwa kamu orang yang emosional, tidak bisa diajak bercanda, ataupun terlalu sensitif.

Di lingkup pergaulan, keuntungan menjadi pribadi yang baperan menjadi tidak terlihat. Itulah yang menjadi faktor penting kenapa kita perlu mengenali kelebihan dari kepribadian tersebut dan memanfaatkannya.

Kira-kira apa saja, ya, keuntungan yang tidak diduga menjadi orang yang baperan? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman drelaynedaniels.com berikut ini.

1. Intuisi

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang memiliki sifat baperan biasanya dianggap dapat membaca apa yang dipikirkan orang. Selain itu, mereka bisa mengetahui hal-hal yang tidak diketahui oleh orang yang tidak sensitif sekalipun.

2. Humor

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang baperan atau sensitif memiliki kreativitas dan cenderung untuk selalu introspeksi. Karena itu, mereka bisa menjadi lucu, terutama dengan cara yang aneh, unik, serta licik.

3. Empati

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Dominika Roseclay

Empati adalah hal yang sudah pasti dimiliki orang yang baperan secara alami. Misalnya, mereka tidak tega jika menonton adegan seseorang atau hewan yang tersakiti, karena mereka menyadari banyak penderitaan yang ada di dunia ini. Jika mendengar orang yang sedang sedih, dia akan menjadi saksi untuk mengakhirinya.

4. Kepedulian lingkungan

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Roman Odintsov

Seseorang yang baperan biasanya senang mengeksplor tentang alam. Saat bersandingan dengan alam, setiap indera yang mereka miliki akan diaktifkan. Seperti mendengar kicauan burung, aroma bunga, dan udara yang sejuk. Cara mereka merawat alam adalah dengan menghargai keadaan alam tersebut. Mereka tidak akan melempar sampah atau plastik sekalipun.

5. Menghargai hal-hal kecil

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Radu Florin

Tuhan berada dalam perincian-perincian kecil dari kehidupan atau peristiwa besar yang dialami oleh setiap orang, itulah yang diyakini oleh orang yang sensitif. Mereka cenderung menyadari hal-hal yang detail dan kecil, yang mungkin saja tidak disadari orang lain. Hal-hal kecil dalam hidup menjadi segalanya.

6. Kreatif

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu keuntungan dari sifat baperan ini adalah kreativitas bawaan. Menurut mereka, kreativitas adalah keadaan yang alami untuk eksis di dunia luar. Kreativitas seolah menjadi jati diri bagi mereka. Membuat hal-hal di dunia ini menjadi indah karena mengandalkan detail dan kreativitas itu sendiri, serta imajinasi yang tinggi.

7. Rasa persahabatan yang mendalam

Nggak Selalu Buruk, Ini 7 Keuntungan Punya Sifat BaperanPexels.com/Elina Fairytale

"Kualitas adalah hal yang utama daripada kuantitas". Itulah yang menjadi prinsip mereka saat berteman. Biasanya, cenderung memiliki teman yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak baperan. Tetapi, persahabatan yang dijalani sangatlah tulus dan mendalam. Karena itu, umumnya persahabatan tersebut langgeng dan pastinya langka.

Jadi, tidak perlu minder lagi ya, Bela!

Baca Juga: 5 Cara Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

Baca Juga: 6 Zodiak Paling Cepat Baper dan Sangat Sensitif

Baca Juga: Tetap Elegan, Ini 5 Trik Bikin Gebetan Baper Duluan sama Kamu