11 Cara Self Healing Terbaik untuk Menyembuhkan Diri

Supaya kamu makin mengenal diri sendiri

11 Cara Self Healing Terbaik untuk Menyembuhkan Diri

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Hampir setiap orang pernah mengalami saat-saat yang buruk dan emosional dalam hidupnya. Entah itu masalah percintaan, pekerjaan, keluarga, atau hal lainnya yang terkadang membuat hari-hari menjadi buruk. 

Jika kamu sedang mengalaminya, maka luangkanlah waktu untuk self healing. Sebab jika dibiarkan, semua justru akan menjadi berantakan. Bahkan, orang lain pun tidak bisa mengobati perasaan yang kamu rasakan itu. 

Hampir setiap masalah yang menghampiri kita justru berasal dari ketidakpuasan dan karena kondisi diri kita sendiri yang tidak baik-baik saja. Maka dari itu, cara self healing berikut ini bisa jadi opsi untuk mengatasinya. 

1. Meditasi

Cara self healing yang pertama adalah dengan meditasi. Ada banyak jenis meditasi yang bisa membantu menyembuhkan diri, di antaranya adalah meditasi mindfulness dan meditasi grounding. 

Meditasi grounding dilakukan dengan meletakkan kaki dengan nyaman di lantai atau tanah, lalu ambil tiga kali napas dalam-dalam. Dalam setiap hembusannya, lepaskan energi negatif yang ada pada dirimu. 

Sementara itu, arahkan perhatian pada telapak kaki dan rasakan magnet gravitasi yang datang dari dalam bumi. Tarik napas selama tiga hitungan, tahan, dan buang selama empat hitungan. Lakukan sampai 3 kali, lalu buka mata saat sudah siap.  

2. Berlatih pernapasan

Saat sedang mengalami stres, trauma, atau semacamnya, maka kita perlu melatih untuk mengontrol pernapasan guna mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Sebab, sistem saraf tersebut bisa menenangkan dan meredakan stres. 

Caranya adalah dengan menerapkan pernapasan yang disebut SKY breathing atau box breathing. Teknik box breathing melibatkan pernapasan selama 4 hitungan, yakni menahan selama 4 hitungan, mengembuskan napas selama 4 hitungan, dan menahan selama 4 hitungan. 

Latihan pernapasan tersebut bisa membantu meningkatkan aktivitas parasimpatis dan membantu tubuh kembali rileks. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here