Ketenaran girlband asal Inggris yaitu Spice Girls nyatanya sulit dikalahkan oleh para juniornya. Meski mereka baru saja merayakan ulang tahun mereka ke-20, lagu-lagu mereka seperti Wannabe dan Stop masih sering didengarkan oleh banyak orang. Namun apa yang membuat girlband ini sangat iconic sejak tahun 90an?

Ternyata Mel B, Geri Halliwell, Victoria Beckham, Melanie C dan Emma Bunton tanpa lelah menyuarakan semangat girl power dalam lagu-lagu mereka, terutama Wannabe. Kamu pasti masih ingat dengan jelas irama dan lirik dari lagu yang pernah menduduki peringkat 1 di 37 negara ini. Kata-kata seperti “If you wanna be my lover, you gotta get with my friend” dan “Make it last forever, friendship never ends” sarat akan makna bahwa persahabatan perempuan nggak mudah dihancurkan karena masalah cinta.

Dirilis 20 Tahun Lalu, Lagu Spice Girls ‘Wannabe’ Sukses Menyuarakan Girl Power di Seluruh Duniathesun.co.uk

Lagu yang dirilis tahun 1996 ini juga sukses membuat para perempuan memperjuangkan hak dan kebebasan mereka melalui lirik yang sederhana “I’ll say what I want, what I really really want”. Bahkan, lagu ini terbukti memiliki pengaruh yang begitu besar terhadap perempuan di seluruh dunia. Salah satu misi PBB untuk memperjuangkan hak perempuan dengan kampanye Global Goals, membentuk proyek bernama Project Everyone di mana mereka menggunakan lagu Wannabe untuk video kolaborasi antara girlband asal Inggris M.O, Youtuber asal Kanada Taylor Hatala, penyanyi keturunan Inggris-Nigeria Seyi Shay dan aktris Bollywood Jacqueline Fernandez.

 

Kini, lagu Wannabe nggak hanya dianggap sebagai girl power dalam hubungan percintaan dan persahabatan, Bela. Lagu ini diharapkan dapat menyuarakan aspirasi perempuan di berbagai belahan dunia untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak, menentang kekerasan terhadap perempuan dan mengharapkan penghasilan yang pantas.

Stay strong and beautiful, Bela!