Setiap orang tentu memiliki harapan baru saat usianya bertambah. Yang jelas, perubahan tersebut harus ke arah yang lebih baik. Aktris cantik Prilly Latuconsina yang berulang tahun pada 15 Oktober kemarin mendapat banyak kejutan dari orang-orang terdekatnya, termasuk dari ibunya. Kali ini, sang ibu memberikan hadiah jam tangan kepada anak gadisnya yang genap berusia 21 tahun. Cewek yang sempat dekat dengan Aliando Syarief tersebut juga mendapat ‘lampu hijau’ dari ibunya untuk pacaran. “Sama mama boleh. Orangtua aku paling santai. Asal jangan macam-macam. Pacarannya harus dampak positif. Harus tambah bikin semangat,” tutur Prilly seperti yang dikutip oleh Detik.

Salah satu hal yang mungkin menjadi alasan ibunda untuk mengizinkan anaknya pacaran adalah usianya yang sudah dianggap dewasa. Beberapa orang menganggap usia 18 belum sepenuhnya dewasa, berbeda dengan usia 21 tahun. Selain usia, inilah beberapa hal yang diperhatikan orangtua dari anaknya sebelum mengizinkan untuk pacaran.

1. Lingkungan pergaulan

Inilah Alasan Prilly Latuconsina Diizinkan Pacaran oleh IbunyaInstagram @prillylatuconsina96
 

Semua orangtua tentu ingin anaknya bergaul dengan orang-orang yang positif. Maka dari itu, sebelum mengizinkan kamu pacaran, orangtua akan menilai apakah teman-temanmu adalah anak baik-baik karena mereka percaya bahwa pergaulan yang baik akan mengantarkanmu pada orang baik. Seperti ibunya Prilly, nasihat untuk menjalani gaya pacaran yang positif pun terus disampaikan.

2. Kewajiban yang diselesaikan

Inilah Alasan Prilly Latuconsina Diizinkan Pacaran oleh IbunyaInstagram @prillylatuconsina96
 

Sebagian orangtua akan mengizinkan anaknya menjalin asmara dengan orang lain setelah beberapa kewajibannya terpenuhi, seperti lulus sekolah bahkan lulus kuliah. Hal tersebut dilakukan supaya sang anak bisa fokus terhadap pendidikan atau hal yang dikejarnya.

3. Tanggung jawab

Inilah Alasan Prilly Latuconsina Diizinkan Pacaran oleh IbunyaInstagram @prillylatuconsina96
 

Sebagian anak diizinkan untuk pacaran ketika orangtuanya mengerti jika si anak memiliki karakter yang penuh tanggung jawab. Mungkin selama ini kamu dinilai belum bisa tegas kepada diri sendiri atau justru terkesan anak mama alias nggak bisa menghadapi banyak hal atas apa yang kamu lakukan sehingga orangtua ragu untuk memberimu izin.

4. Keterbukaan

Inilah Alasan Prilly Latuconsina Diizinkan Pacaran oleh IbunyaInstagram @prillylatuconsina96
 

Sebenarnya orangtua ingin sekali mendengar cerita-cerita dari anaknya, termasuk kabar terbaru antara kamu dan si dia. Salah satu tujuannya jelas yaitu bisa mengarahkan sekaligus memberikan saran supaya hubungan kalian nggak salah langkah. Namun jika sang anak dinilai sangat tertutup, orangtua mungkin ragu memberikan izin karena takut hal-hal buruk terjadi padamu namun kamu sembunyikan dari mereka.

Intinya, mayoritas orangtua akan memberikan izin untuk pacaran kepada anaknya ketika sang anak dianggap sudah dewasa baik dari segi usia dan pemikiran. Kalau begitu, siap cari pacar deh buat Prilly!

BACA JUGA: Diremehkan, Begini Wujud Nyata Profesionalisme Seorang Prilly Latuconsina Sebagai Penyanyi​