Memerankan tokoh bersejarah dan memiliki andil yang besar terhadap negara memang nggak mudah, meskipun dimainkan oleh aktor ternama. Bukan cuma soal penghayatan dan pengetahuan tentang tokoh tersebut, tapi juga bagaimana sang aktor bisa membawa diri di depan publik dan sama inspiratifnya seperti sosok yang dimainkan.

Bukan tugas yang mudah bagi Maudy Ayunda ketika ia dipilih untuk memerankan mendiang Hasri Ainun Habibie, istri Presiden RI ke-3, B.J. Habibie. Maudy dan mendiang memiliki kesamaan. Sama-sama perempuan dan sama-sama menginspirasi perempuan muda di masanya.

Inspirasi dari mendiang Ainun

EXCLUSIVE: Terima Kasih Maudy Ayunda untuk Ainun HabibieInstagram.com/habibieainunmovie

Tumbuh dalam generasi yang berbeda rupanya nggak mengubah semangat perempuan yang cerdas untuk menyiapkan kebaikan dari dalam diri kepada sekitar. Sebelum berangkat ke Amerika untuk melanjutkan pendidikan di Stanford University, Popbela berkesempatan untuk bertanya langsung mengenai inspirasi yang Maudy ambil dari mendiang Ainun, tokoh yang ia mainkan dalam film Habibie & Ainun 3.

Kita harus bener-bener percaya pada diri kita sendiri meskipun banyak rintangan. Dalam perjalanan hidup eyang Ainun, ada banyak rintangan sosial pada saat itu. Jangan terpengaruh pendapat orang lain, terutama dalam proses mengejar mimpi. Dan jujur pada diri sendiri.

Lirik paling menyentuh

EXCLUSIVE: Terima Kasih Maudy Ayunda untuk Ainun HabibieInstagram.com/habibieainunmovie

Nggak hanya berakting, kontribusi perempuan berzodiak Sagitarius ini turut mengisi soundtrack Habibie & Ainun 3 dengan lagu karangan Melly Goeslaw dan Anto Hoed berjudul Kamu dan Kenangan. Lagu ini sengaja diperkenalkan jauh hari sebelum filmnya resmi dirilis pada Desember 2019 mendatang. Nggak sedikit penikmat musik yang ikut baper mendengarkan lirik demi lirik yang begitu sendu. Maudy pun merasakan yang sama.

"'Mengapa dahulu tak kuucapkan aku mencintaimu sejuta kali sehari'. Itu yang paling meresap karena itu penuh penyesalan. Itu mengingatkan kita untuk nggak take for granted ke orang-orang yang kita miliki sekarang di sekitar kita. Kita harus selalu ingat untuk menyampaikan rasa sayang kita, terus berekspresi, dan bilang ke mereka kalau kita sayang. Jadi penggalan lirik itu yang menurutku paling sedih," tutur Maudy.

Terima kasih dari Maudy

EXCLUSIVE: Terima Kasih Maudy Ayunda untuk Ainun HabibieInstagram.com/habibieainunmovie

Begitu banyak cerita dan kekaguman yang sulit Maudy ungkapkan terhadap mendiang Ainun. Popbela pun bertanya apa yang akan Maudy sampaikan sebagai Ainun versi 2019 kepada Ainun Habibie jikala beliau masih hidup.

Terima kasih sudah menjadi inspirasi bagi banyak perempuan muda. Aku yakin kalo nanti kita nonton filmnya, banyak perempuan muda yang terinspirasi dari proses itu. Menurut aku eyang Ainun adalah salah satu contoh perempuan yang sangat punya pendirian, sangat berdaya. Itu yang menurut aku perlu kita tunjukkan kepada banyak anak muda.

Wah, jadi semakin nggak sabar untuk menyaksikan filmnya, ya. Kita tunggu saja bulan Desember nanti dan sukses terus untuk Maudy!

Baca Juga: Pesan Haru dalam Lagu Maudy Ayunda untuk Film ‘Habibie & Ainun 3’