Ketika sebuah ikatan pernikahan terpaksa harus berakhir, maka perubahan hidup nggak hanya dialami oleh mantan istri dan mantan suami, tetapi juga anak yang mereka besarkan bersama. Jika sang anak masih di bawah 17 tahun, tentu mereka masih sangat membutuhkan peran kedua orangtuanya. Soal hak asuh biasanya diputuskan oleh pengadilan dengan berbagai pertimbangan dengan catatan sang mantan suami atau istri diperbolehkan mengunjungi anaknya.

Namun perjanjian tersebut nggak seindah kedengarannya. Nggak sedikit orang, bahkan selebritas, yang merasa kesulitan melihat buah hatinya secara langsung karena berbagai alasan. Tentu hal yang menyedihkan ketika si kecil harus berjauhan dengan orangtua yang membesarkannya dulu. Lalu, siapa saja artis Indonesia yang sempat kesulitan menjenguk anaknya?

1. Marshanda

Marshanda dan 4 Artis yang Sulit Bertemu Anak Pasca BerceraiInstagram.com/marshanda99

Sienna adalah malaikat kecil bagi Caca, sapaan akrab Marshanda, dari pernikahannya bersama Ben Kasyafani. Bercerai tahun 2014 lalu, pengadilan memutuskan bahwa hak asuh Sienna jatuh di tangan Ben. Caca juga sempat beberapa kali mengunjungi Sienna, termasuk saat Sienna berulang tahun beberapa waktu lalu.

Namun kini Caca sedang bersedih karena belum bisa menjenguk Sienna kembali karena penyakit mental yang tengah dideritanya. Kabar bahwa Caca memiliki bipolar disorder tipe 2 sudah beredar sejak 3 tahun lalu. Namun sulit bertemu dengan Sienna juga pernah dialami Ben di tahun yang sama saat mereka bercerai.

2. Maia Estianty

Marshanda dan 4 Artis yang Sulit Bertemu Anak Pasca BerceraiInstagram.com/maiaestiantyreal, paris_photographer_dimitri

Saat memutuskan untuk bercerai dengan suaminya, Ahmad Dhani, Maia memenangkan hak asuh ketiga anaknya yaitu Al, El dan Dul. Namun tiga bersaudara yang saat itu masih anak-anak dan Dhani bersikeras untuk mengurus ketiganya.

Maia pun nggak tinggal diam dan memutuskan untuk berkonsultasi dengan KPAI. Lama-lama, hati Dhani pun luluh dan membebaskan mantan istrinya tersebut untuk bertemu dengan anak-anaknya.

3. Tsania Marwa

Marshanda dan 4 Artis yang Sulit Bertemu Anak Pasca BerceraiInstagram.com/tsaniamarwa54

Kasus perceraian Tsania Marwa dan Atalarik Syah bisa disebut sebagai perceraian paling heboh tahun 2017 lalu. Hal yang membuat perceraian mereka diperbincangkan banyak orang adalah karena sang mantan suami memberlakukan syarat kepada mantan istrinya jika ingin bertemu anaknya.

Syarat tersebut antara lain Marwa harus mengadakan konferensi pers untuk membersihkan nama mantan suaminya, menahan paspor supaya Marwa nggak bisa membawa pergi anaknya ke luar negeri dan membuat perjanjian. Marwa pun meminta bantuan kepada KPAI dan KPAI turut memanggil Atalarik untuk melakukan mediasi. Akhirnya, Marwa bisa kembali memeluk dua buah hatinya, Syarif dan Shabira.

4. Stuart Collin

Marshanda dan 4 Artis yang Sulit Bertemu Anak Pasca BerceraiInstagram.com/stuartcollin, danielrnzo

Pernikahannya dengan Risty Tagor beberapa waktu lalu harus berakhir begitu cepat. Namun, perceraian mereka nggak selesai begitu saja. Pria yang akrab disapa Stu ini kesulitan untuk bertemu secara langsung dengan buah hatinya, Arkana Rafif Bissari.

Pria yang kini sedang asyik mengembangkan bisnis di bidang kuliner ini sangat merindukan sang anak. Hal tersebut tergambar dari Insta story yang menampilkan foto Arkana dan bertuliskan, “Udah besar banget ya nak sekarang. Sebentar lagi mau 2 tahun. Sampe detik ini masih banyak orang baik yang DM photo Arkana kalau ketemu.”

5. Fivey Rachmawati

Marshanda dan 4 Artis yang Sulit Bertemu Anak Pasca BerceraiInstagram.com/five_vrachmawati

Perempuan yang dikenal dengan nama Five V ini harus menahan duka yang begitu panjang. Selama 14 tahun, Five V kesulitan untuk bertemu buah hatinya. Anak semata wayangnya tersebut diambil oleh sang suami ketika anaknya masih membutuhkan ASI eksklusif.

Selama menikah dengan pria yang bernama Iwan, Five V juga mengaku bahwa dirinya dilarang bekerja dan keluar rumah serta kerap mengalami kekerasan fisik. Mantan suami yang dianggap nggak pernah mengurus buah hatinya tersebut tiba-tiba dibawa pergi. Proses perceraian pun membutuhkan waktu lama karena perihal hak asuh anak.

BACA JUGA: Perebutan Hak Asuh Anak Juga Dialami 5 Artis Ini Usai Bercerai​