Sudah sebulan lebih terhitung dari kabar meninggalnya seorang personel boyband Korea SHINee, Jonghyun, pada 18 Desember 2017 lalu. Kepergian lead singer SHINee tersebut menyisakan duka yang begitu mendalam bagi para penggemarnya di seluruh dunia, bahkan sempat menjadi berita dunia selama beberapa hari.

1. Rencana rilis album awal tahun

Jonghyun 'Rilis' Album dan Video Klip Baru, Begini Reaksi Penggemar Kpopsoompi.com

Para Shawol (penggemar SHINee -red) tahu bahwa akhir tahun tersebut Jong Hyun sedang sibuk mempersiapkan album terbarunya yang akan dirilis awal tahun 2018 ini. Beberapa hari sebelum mengakhiri hidupnya, Jonghyun syuting video klip terbarunya untuk album ini.

2. Album anumerta

Jonghyun 'Rilis' Album dan Video Klip Baru, Begini Reaksi Penggemar Kpoponehallyu.com

Album bertajuk Poet | Artist diumumkan oleh SM Entertainment pada 19 Januari 2018 lalu dan dirilis dengan anumerta pada 23 Januari 2018. Profit yang dihasilkan oleh album tersebut akan diberikan kepada ibu Jonghyun untuk mendirikan organisasi untuk orang-orang yang berada di bawah kondisi yang sulit seperti depresi.

3. Meluncurkan video klip terbaru

Album yang terdiri dari 11 lagu tersebut menjadikan single berjudul Shinin’ sebagai lagu unggulan. Dirilis tanggal 22 Januari 2018, video klip ini telah ditonton sebanyak 3,7 juta kali, mendapat 789 ribu likes dan lebih dari 101 ribu comment hingga artikel ini ditulis. Nggak ada yang menyangka jika video klip bernuansa cerah dan ceria dengan genre pop elektronik ini datang dari penyanyi yang tengah depresi.

4. Respons dari penggemar seluruh dunia

Jonghyun 'Rilis' Album dan Video Klip Baru, Begini Reaksi Penggemar Kpop


Kolom komentar di YouTube dan Instagram masih dipenuhi oleh para Shawol yang berduka. Sebagian dari kita masih nggak percaya bahwa pria multi talenta tersebut sudah tiada. Bahkan, mungkin kita sulit menghilangkan perasaan duka setiap kali melihat video-videonya.

5. Unggul di iTunes

Jonghyun 'Rilis' Album dan Video Klip Baru, Begini Reaksi Penggemar Kpop


Melansir dari Soompi, pada hari ini yaitu 24 Januari 2018 pukul 8 pagi waktu Korea, album Poet | Artist menduduki peringkat pertama di 24 kota dan negara, seperti di Brazil, Malaysia dan Argentina. Di beberapa negara, Poet | Artist menduduki peringkat ke-2, termasuk di Indonesia.

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal berpikir untuk bunuh diri, hubungi Layanan Telepon Pencegahan Bunuh Diri di nomor (021)7256526, (021)7257826, (021)7221810.

BACA JUGA: Sedih, Ini 7 Momen Manis dan Tak Terlupakan dari Jonghyun ‘SHINee’​