Apa yang membuat kamu merasa kagum atau malas ketika bertemu seseorang? Selain penampilan, perilaku dan kepribadian juga menjadi faktor penentu bagaimana kamu memandang orang tersebut. Bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert pasti pernah mendapat penilaian dari orang lain tentang dirimu yang terkesan sulit didekati bahkan dipandang sebelah mata. Tapi kamu tidak perlu minder karena Popbela hadir untuk berbagi tips menyikapi komentar miring yang bisa bikin kamu lebih percaya diri. Yuk, cek satu per satu! Kata mereka, cewek introvert itu...

1. Pendiam dan tertutup

Ini Dia 5 Mitos tentang Perempuan Introvert yang Harus Kamu Patahkan

Di saat teman-teman sibuk bercerita, kamu lebih suka mengamati mereka sambil berpikir dalam diam. Tapi apakah kamu sadar bahwa kamu memiliki kemampuan yang jarang dimiliki orang lain? Semua orang bisa berbicara namun nggak semua orang bisa mendengarkan. Nah, seseorang yang berhasil melakukan komunikasi dengan baik adalah orang yang mampu membuat lawan bicaranya merasa dihargai. Kamu yang terbiasa mengamati orang lain juga memiliki kemampuan menganalisis yang lebih baik.

2. Sombong dan penyendiri

Ini Dia 5 Mitos tentang Perempuan Introvert yang Harus Kamu Patahkan

Ternyata bukan smartphone saja yang perlu di-charge. Temanmu yang berkepribadian extrovert juga akan selalu mengajakmu ke acara-acara seru di akhir pekan karena energinya serasa diisi ulang saat dikelilingi banyak orang. Sebaliknya, kamu lebih mudah lelah saat menghadiri pesta dan ingin segera pulang karena kamu lebih nyaman menghabiskan waktu seorang diri. Namun, bukan berarti kamu tidak suka berkumpul dengan orang lain. Kamu hanya lebih menikmati percakapan yang bersifat personal dan dalam. Semua orang punya caranya sendiri untuk mengembalikan energinya.

3. Tidak menarik

Ini Dia 5 Mitos tentang Perempuan Introvert yang Harus Kamu Patahkan

Pada umumnya, cewek dianggap sebagai sosok yang ceria dan senang berbicara, tidak seperti kebanyakan cowok. Faktanya, tidak sedikit cowok yang lebih menyukai cewek introvert, terutama karena sifatnya yang malu-malu dan mandiri. Bagi mereka, cewek seperti kamu lebih susah dicari dan didapatkan sehingga mampu membuat mereka, ehem, semakin penasaran.

4. Lemah

Ini Dia 5 Mitos tentang Perempuan Introvert yang Harus Kamu Patahkan

Memang, mereka yang lebih pandai berbicara dan mudah bergaul terlihat lebih menonjol. Tapi bukan berarti kamu pantas dianggap lebih rendah dari mereka. Cewek introvert lebih memahami kekuatan yang ada dalam dirinya. Bahkan, kamu bisa menjadi pemimpin atau tokoh inspiratif karena mampu mengembangkan dan membentuk lingkungan kerja yang lebih baik serta berpikir lebih dalam. Ready to be the next Bill Gates and J.K. Rowling?

5. Membosankan

Ini Dia 5 Mitos tentang Perempuan Introvert yang Harus Kamu Patahkan

Abaikan saja orang-orang yang berpikir seperti ini, Bela. Mereka yang bilang kamu membosankan tidak bisa melihat keunikan dalam dirimu. Kamu sama sekali tidak merasa kesepian di saat kamu sendiri. Lagipula, cewek introvert memiliki segudang wawasan dan pengetahuan yang menarik karena kamu senang menyendiri dan memperkaya diri dengan berbagai ilmu. Selain itu, dengan pengamatan dan latihan kamu bisa sukses melakukan presentasi dan bernegoisasi di depan klien dengan penuh percaya diri. Atas ketekunan dan cara berpikirmu, kamu bisa menuai prestasi yang mengagumkan.

Kamu harus menerima siapa dirimu dengan penuh rasa bangga. Menjadi cewek introvert juga menjadi salah satu pemberian terindah Tuhan agar kamu lebih mencintai diri sendiri. Anggap saja komentar miring tentang dirimu adalah pemicu untuk menjadi manusia yang lebih baik. Kalau kata Mahatma Gandhi, "In a gentle way, you can shake the world"!

BACA JUGA: 7 Perbedaan Orang Introvert dan Ekstrovert dalam Kehidupan Sehari-hari