Pesan tentang hidup bisa disampaikan dengan berbagai cara, salah satunya lewat gambar-gambar lucu seperti ilustrasi. Ilustrasi yang diberi judul Truth Potato ini viral karena kalimat-kalimatnya tentang hidup yang cukup menusuk namun sesuai dengan realita yang ada. Bahkan, nggak sedikit orang yang merasa tersindir dan terdasarkan oleh ilustrasi ini. Kalau kamu bagaimana Bela, ilustrasi mana yang kamu banget?

1. Apakah semua pertemanan seperti ini?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Pernah penasaran apakah teman-temanmu pernah membicaranmu di belakang? Mungkin saja iya, namun belum tentu yang mereka bicarakan adalah hal buruk tentangmu.

2. Apa setiap orang punya hater?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Jangan pernah sibuk memikirkan pandangan orang lain tentangmu, apalagi berniat membuat mereka untuk nggak membencimu. Apa pun yang kamu lakukan, bahkan hal-hal baik sekalipun, pasti ada saja orang yang nggak suka dan bukan kewajiban kita juga untuk membuat mereka menyukai kita.

3. Masih zaman membandingkan diri sendiri dengan orang lain?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato
Setiap orang memiliki kisah sendiri, termasuk masa-masa terpuruk, masa berjuang dan masa menikmati keberhasilan. Nggak fair dong kalau kita membandingkan masa terpuruk kita dengan masa sukses mereka?

4. Kenapa mereka nggak bersikap baik ke kita?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Jangan mudah tersinggung ya, Bela. Faktanya, nggak semua orang bisa bersikap baik atau sesuai yang kita harapkan. Bahkan, orang yang kita kenal baik pun sesekali bisa bersikap dingin.

5. Apa kamu bersama dengan orang yang kamu sayangi?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Jika kini kamu sudah memiliki pasangan dan sangat menyayanginya, maka kamu perlu bersyukur, Bela. Kenapa? Karena di luar sana banyak banget orang yang merasa tersiksa karena nggak mencintai orang yang hidup bersamanya atau malah berharap bisa bersama seseorang yang mereka cintai meski situasi yang nggak memungkinkan.

6. Apa jadinya ketika kita nggak ada?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Pernah berpikir apa yang akan terjadi pada lingkungan dan orang-orang di sekitar kita ketika kita pindah rumah? Kehidupan mereka tentu akan berlangsung seperti biasa. Begitu juga kita suatu hari nanti kita pergi dari dunia ini, maka kehidupan mereka tetap berlangsung seperti biasa meski beberapa dari mereka sangat terpukul dengan kepergian kita. Kita pun tetap hidup seperti biasa ketika seseorang yang kita kenal meninggal dunia.

7. Cinta tanpa banyak berharap?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Setiap orang tentu punya harapan ketika jatuh cinta, namun tetap jaga supaya harapan-harapan tersebut nggak ketinggian, ya. Nanti, hatimu jadi sakit sendiri kalau harapan-harapan tersebut nggak tercapai.

8. Gimana caranya mengatakan "nggak"?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Pasti kamu pernah ada di posisi ini, terutama jika berhadapan dengan orang-orang yang membuatmu segan untuk menolaknya. Tapi mengatakan "nggak" demi dirimu sendiri bukanlah suatu hal yang egois, kok. 

9. Membuat semuanya senang, aku harus bagaimana?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Berhenti berpikir bahwa kewajiban utamamu di dunia ini adalah membuat orang-orang di sekitarmu senang. Membahagiakan orang lain itu terpuji, tapi pastikan juga bahwa kamu juga merasa bahagia. Kalau harus mengorbankan diri sendiri demi membuat orang lain tersenyum, kamu kapan bahagianya?

10. Kenapa sih dia sampai selingkuh?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Ups! Ternyata selingkuh nggak melulu tentang si dia yang berkhianat, lho. Secara nggak sadar, kita telah memberikan kesempatan kepada dia untuk berselingkuh, misal karena kurang perhatian, terlalu posesif, dan sebagainya.

11. Sudah bersyukur belum hari ini?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Gaji naik sedikit? Pacar cuma bisa traktir makan di pinggir jalan? Merasa jabatanmu kurang keren? Jangan sedih, karena apa yang kamu alami sekarang bisa jadi impian dari banyak orang di luar sana. Mereka bekerja ekstra keras, bahkan lebih keras darimu, untuk mendapatkan pendapatan yang jumlahnya belum tentu lebih besar darimu. Ada juga anak-anak jalanan yang bersukacita setelah bisa membeli nasi bungkus yang juga harus dibagi dengan teman-temannya. Banyak pula orang yang rela berdesak-desakan saat job fair demi bisa bekerja di posisimu saat ini.

12. Hal apa yang paling berkesan hari ini?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Macet, diberi tugas yang banyak oleh bos dan harus pulang lebih malam. Pengalaman yang kurang menyenangkan, 'kan? Ketika kamu sudah berada di puncak karier nanti, kamu akan merindukan hari-hari tersebut, hari di mana kamu bekerja keras saat meniti karier. Hari ini, esok, lusa dan seterusnya akan menjalani bagian dari perjalanan hidupmu yang hebat.

13. Hidup bahagia selamanya?

13 Ilustrasi yang Akan Mengubah Hidupmu Jadi Lebih Baik dan BahagiaInstagram.com/truth.potato

Ada nggak sih kehidupan yang seperti di cerita dongeng? Mungkin ada, mungkin juga nggak. Kalau menurutmu gimana, Bela?

BACA JUGA: 9 Ilustrasi Ini Gambarkan Momen Lucu Cewek yang Punya Pacar​