Hidup sebagai orang yang terkenal memang nggak mudah, apalagi di zaman sekarang ketika media sosial berperan besar terhadap kehidupan. Di satu sisi, banyak banget aktor dan aktris membuat akun media sosial supaya bisa lebih dekat dengan para penggemarnya. Tapi di sisi lain, mereka juga bisa dengan mudah melihat dan menerima langsung komentar dari netizen, termasuk komentar negatif dari haters. Nggak sedikit seleb yang stres hingga harus vakum dari media sosial karena serangan haters, tapi itu semua nggak berlaku bagi Anne Hathaway.

Hindari Stres, Begini Cara Elegan Anne Hathaway Menanggapi Haterswww.backgrounds4k.net

Aktris cantik yang namanya melejit setelah bermain di film Princess Diaries ini pernah mendapat cibiran dan penilaian negatif dari netizen setelah dirinya memenangkan piala Oscar atas aktingnya di film Les Miserables tahun 2010 lalu. Dilansir dari People, Anne bahkan berhenti mengunjungi situs-situs favoritnya demi menghindari artikel-artikel berjudul negatif. Nggak berhenti sampai situ, Anne pun juga merasa sangat menyesal ketika dia mengunggah foto anaknya yang berusia 1 tahun ke Instagram karena hal itu sama saja dengan ‘mengundang’ orang lain masuk ke dalam kehidupan pribadinya.

Merasa bahwa hidupnya terbebani karena media sosial, Anne mengaku bahwa dia belajar banyak hal dari kesalahan-kesalahan sebelumnya. “Karena pada waktu dimana kita hidup sekarang, kupikir kata-kata dan gambar membawa beban yang lebih besar dalam hidup,” seperti yang dikutip oleh People. Satu hal yang nggak kalah penting, Anne menyampaikan kalimat yang patut kita renungi. “Bagaimana cara dunia memandangku sama sekali nggak mempengaruhi diriku. Bagaimana orang lain memperlakukanku nggak mempengaruhi siapa diriku. Tapi jika ada orang yang mengatakan hal yang menurutku baik untuk dilakukan, aku menganggapnya sebagai jalan pintas untuk perkembangan diriku. Meski nantinya aku nggak mampu melalui itu semua, aku tetap akan menemukan cara untuk bersyukur.”

Hindari Stres, Begini Cara Elegan Anne Hathaway Menanggapi Haterslesmiserables.wikia.com

Perkembangan teknologi memang nggak bisa dihindari. Maka dari itu, kita harus bisa menyikapi perkembangan yang pesat tersebut dengan cermat. Nggak hanya cermat dalam membagikan informasi, tapi juga cermat dalam bereaksi. Ingat Bela, reaksi ini juga bukan dalam berkomentar, tapi juga reaksi pada diri sendiri. Jangan sampai penilaian orang lain mempengaruhi dirimu karena apapun yang kita lakukan, baik atau buruk, orang lain nggak akan pernah berhenti berkomentar.

Mulai sekarang, yuk ‘buang’ waktu untuk menikmati hidup daripada membuang waktu untuk mendengarkan komentar negatif.

BACA JUGA: Punya Haters di Tempat Kerja? Hadapi dengan Cara Ini