Tahap pendekatan atau PDKT dengan seseorang merupakan momen-momen yang seru sekaligus berisiko. Kalau salah strategi, bisa-bisa harapan dalam hati bisa hancur seketika ketika dia menunjukkan kalau dia nggak tertarik. Tapi kalau kamu melakukan PDKT yang benar, si dia yang biasa saja bisa jadi tertarik sama kamu.

PDKT sendiri ada banyak caranya. PDKT lewat chat memang masih menjadi cara favorit ketimbang PDKT secara langsung atau tatap muka. Meski kita nggak bisa melihat secara langsung reaksi atau ekspresi gebetan, namun bukan berarti PDKT lewat chat nggak bisa berakhir sukses. Buat kamu yang masih kesulitan PDKT dengan cowok, kamu bisa mencontek beberapa cara PDKT lewat chat ini.

5 Cara PDKT Lewat Chat Ini Bikin Dia Nggak Sabar untuk Nembak Kamu

Jika kamu ingin melakukan PDKT dengan gebetan lewat chat seperti WhatsApp atau Line, hal pertama yang perlu kamu coba adalah membuka obrolan dengan hal-hal yang ringan. Kamu bisa amati dulu foto profil atau status terbaru yang dia tulis dan coba komentari secara pribadi lewat chat.

Misal, jika dia baru pulang travelling dari Jepang, maka kamu bisa tanya, “Mau tanya dong, pas kemarin kamu ke Jepang itu harga tiket pesawatnya berapa, sih?” atau “Di sana kira-kira susah nggak ya cari makanan yang halal?” dan sebagainya. Buatlah percakapan itu terus berlanjut. Jika dia cukup antusias menjawab chat-mu, maka artinya dia juga antusias mengobrol denganmu.

5 Cara PDKT Lewat Chat Ini Bikin Dia Nggak Sabar untuk Nembak Kamu

Salah satu cara PDKT lewat chat yang mudah adalah membicarakan hobi atau hal yang sama. Sebelum memulai chat, lebih baik kamu melakukan ‘penelitian’ kecil dan memastikan kamu punya ketertarikan yang sama. Misal jika kalian sama-sama suka makanan pedas, kamu bisa chat seperti, “Kamu sudah coba mi di restoran X belum? Penasaran banget nih mau coba, katanya pedas banget!”

Jangan sekali-kali memaksakan diri untuk terlihat tertarik dengan hal yang sama ya, Bela. Dia bisa merasakan apakah kamu benar-benar tertarik atau hanya cari perhatian. Tapi jika kamu ingin mempelajari hal yang ia suka, misal fotografi, maka kamu bisa tanya-tanya dengan niat untuk belajar lebih banyak. Kamu bisa tanya, “Kira-kira kamera mirrorless yang bagus tapi terjangkau apa, ya? Aku baru mau belajar foto, nih.” Si dia akan merasa dirinya adalah orang yang layak memberikan pendapat padamu.

5 Cara PDKT Lewat Chat Ini Bikin Dia Nggak Sabar untuk Nembak Kamu

Candaan bertujuan untuk mencairkan suasana, termasuk dalam PDKT lewat chat. Candaan yang disampaikan secara alami dan nggak menyinggung biasanya mudah diterima oleh cowok, apalagi jika itu disampaikan oleh lawan jenis.

Candaan yang bisa kamu sampaikan perlu berkaitan dengan hal yang kalian bicarakan, bukan tiba-tiba dikatakan. Jika dia tanya kamu sedang apa, kamu bisa menjawab seperti, “Lagi bengong lihati HP nih, sepi banget. Sekalinya ada notifikasi malah dari operator.” Candaan yang pas dan sesuai dengan selera humornya bisa bikin dia senyum-senyum sendiri saat chat sama kamu.

5 Cara PDKT Lewat Chat Ini Bikin Dia Nggak Sabar untuk Nembak Kamu

Jika kamu dan gebetan sudah sering chat atau kamu sudah tahu bagaimana gaya chatting-nya, maka sudah waktunya untuk melangkah ke hal yang lebih serius lagi. Kalau sudah biasa dengan obrolan ringan dan candaan, kunci PDKT lewat chat dengan cowok selanjutnya adalah kasih ‘kode’ ringan.

‘Kode’ ini penting banget untuk mendekatkan diri dengannya. Kamu bisa chat seperti, “Malam Minggu nggak keluar, nih?” Atau jika dia menanyakan sebaliknya, kamu bisa menjawab, “Mau sih keluar, tapi nggak ada yang nemenin.” Secara halus, dia tahu bahwa kamu tengah memberikan kode padanya.

5 Cara PDKT Lewat Chat Ini Bikin Dia Nggak Sabar untuk Nembak Kamu

Hal ini bisa dilakukan buat kamu yang kenal seseorang lewat online dating. Jika menurutmu memang sudah waktunya untuk bertemu, maka proses PDKT lewat chat perlu diubah menjadi PDKT secara langsung alias kopi darat.

Ajakan “Ketemuan, yuk!” mungkin masih diterima oleh sebagian orang, tapi tetap terdengar membosankan dan kesempatan untuk ditolak lebih besar. Coba ajak gebetan kopi darat dengan cara yang lebih menarik. Misal jika dia tertarik dengan ide bisnis yang kamu punya, kamu bisa bilang, “Kalau kamu mau tahu lebih banyak, gimana kalau kita ketemu hari Sabtu sambil makan siang? Nanti aku ceritakan detailnya.”

Hal yang perlu diingat saat PDKT lewat chat adalah melakukannya dengan perlahan dan cara yang tepat. Tetap sabar dan ikuti ke mana arah pembicaraan kalian. Satu lagi, jangan lupa menikmati prosesnya ya, Bela!

BACA JUGA: 10 Kebiasaan Chatting Ini Bisa Bikin Cowok Ilfeel Sama Kamu​