Setelah putus dari mantan, biasanya kita akan merasa kesulitan untuk melupakannya. Bagian terberat selanjutnya adalah menjalani hari-hari tanpa kehadirannya lagi. Rasa kesepian yang menyerang membuat kamu kebingungan dan tak tahu harus melakukan apa. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus menemukan kegiatan untuk membunuh waktu hingga perlahan dapat melupakan sosoknya dari pikiranmu.

Kuncinya adalah menemukan cara untuk bangkit kembali dan memulai proses penyembuhan. Mengutip dari elitedaily.com, berikut 5 cara untuk mengatasi kesepian pasca putus dari pacar. Yuk disimak!

1. Dengarkan musik dengan irama upbeat

Bebas Galau, Ini 5 Cara Mengatasi Kesepian Setelah Putus CintaUnsplash.com/Bruce Mars

Mendengarkan musik dengan irama upbeat ternyata memiliki banyak keuntungan. Salah satunya ialah dapat menciptakan suasana hati yang baik. Kamu bisa memulai dengan membuat daftar lagu yang dapat membangkitkan semangatmu untuk melakukan hal-hal yang produktif.

Tak usah lakukan hal yang berat-berat. Kamu bisa memulainya dari merapikan kamar atau membersihkan lemarimu dari baju-baju yang sudah nggak dipakai lagi. Setelah itu, baju-baju tersebut dapat kamu donasikan kepada yang membutuhkan. Selain membuat suasana hati lebih positif, kamu juga sekaligus dapat melakukan hal baik untuk sesama lho, Bela!

2. Beri dirimu waktu untuk bersedih

Bebas Galau, Ini 5 Cara Mengatasi Kesepian Setelah Putus CintaUnsplash.com/Tamara Bellis

Menangis dan merasa kesepian bukanlah sebuah hal yang harus kamu hindari, melainkan sebuah perasaan yang wajar untuk kamu rasakan. Namun, jangan menghabiskan seluruh waktumu untuk meratapinya.

Gunakan perasaan itu untuk membantumu merefleksikan diri dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Terima rasa kesepian yang kamu hadapi dan ingat bahwa setiap hal membutuhkan sebuah proses.

3. Beristirahatlah dari sosial media untuk sementara waktu

Bebas Galau, Ini 5 Cara Mengatasi Kesepian Setelah Putus CintaUnsplash.com/Patrick Tomasso

Menghabiskan terlalu banyak waktu dalam sosial media dapat membuat kamu merasa lebih kesepian lagi. Ketika kamu melihat unggahan orang lain yang terlihat sedang bahagia, kamu langsung merasa seolah-olah hanya kamu saja yang sedang bersedih. Padahal apa yang orang tunjukkan di sosial medianya belum tentu merupakan hal yang dia rasakan.

4. Habiskan waktu bersama orang-orang terdekatmu

Bebas Galau, Ini 5 Cara Mengatasi Kesepian Setelah Putus CintaUnsplash.com/Simon Maage

Meskipun rasanya berat untuk bangun dari tempat tidur setelah seharian menangisi sang mantan, kamu harus berusaha menghubungi teman-temanmu. Menghabiskan waktu dengan mereka dapat membuat kamu merasa tak kesepian. Selain itu, jadikan momen tersebut untuk dapat mendekatkan dirimu lagi dengan teman-teman, setelah beberapa lama berfokus dengan sang mantan. 

Kamu bisa mengajak teman kamu liburan ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi atau sekadar mengundangnya untuk menginap di rumahmu. Hal tersebut dapat membangkitkan semangatmu sehingga siap menjalani hari-hari tanpa si dia.

5. Kerjakan minat dan bakat yang belum sempat kamu lakukan

Bebas Galau, Ini 5 Cara Mengatasi Kesepian Setelah Putus CintaUnsplash.com/Rahul Jain

Salah satu hal positif dari putus cinta ialah kamu memiliki banyak waktu luang yang dapat digunakan untuk mengerjakan minat yang sebelumnya tertunda. Coba diingat-ingat hal apa sih yang sempat kamu minati dan telusuri apakah kamu masih tertarik dengan hal tersebut.

Kalau nggak, kamu bisa mencoba hal baru yang menyenangkan, seperti menari atau bahkan melukis. Manfaatkan waktu luang yang ada untuk mengerjakan kegiatan yang seru ya, Bela.

Ternyata putus cinta nggak cuma membawa hal buruk dalam hidup kamu, tapi juga bisa membuka hal-hal yang positif jika kamu mau berusaha untuk menanganinya. Yuk, tata suasana hati dengan baik!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Rasa Sakit Setelah Putus Sulit Hilang