Di dalam lingkungan sekolah, kuliah maupun kerja, kita pasti akan bertemu dengan beragam karakter teman, termasuk teman yang hobi bully. Apa yang kamu lakukan ketika kamu tahu ada teman yang suka nge-bully orang lain? Atau jangan-jangan, kamu sendiri yang jadi korban bully? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi teman yang suka mem-bully tanpa harus membalasnya, lho. Penasaran apa saja caranya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Ayo ngaku, siapa yang suka ikutan ketawa saat teman nge-bully kita? Memang kita cenderung untuk ikut tertawa, ketika berada dalam situasi canggung hanya untuk meredakan ketegangan. Cobalah untuk tidak membiarkan ini terjadi ketika kita merasa terganggu saat teman mulai nge-bully. Tawa kita akan memberikan kesan setuju dengan omongan teman yang sifatnya mengejek.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan saat dibully adalah Jangan Takut. Sasaran utama mereka adalah orang penakut, pem-bully biasanya akan terus mem-bully mereka yang kelihatan penakut. Maka, ketika kamu dibully jangan merasa takut. Jika kamu punya keberanian lebih, gertak mereka balik, katakan pada pem-bully “Berhenti mem-bully”. Bahwa kamu bukanlah orang yang pantas di bully. Ingat menggertak mereka balik bukan berarti kamu membalas bully-an mereka.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Sikap percaya diri itu penting. Kalau kamu kurang percaya diri (minder) dan merasa tidak punya potensi apa-apa, merasa rendah diri dan tidak berdaya, kamulah salah satu sasaran pembullyan. Kamu akan dijadikan bahan olok-olokan atau ejekan teman-temanmu. Tapi, jika kamu punya rasa percaya diri yang tinggi, yakin dengan hal-hal positif yang kamu lakukan orang lain pasti akan menghargaimu. Mulailah mengenali potensi atau kelebihan yang kamu miliki, dan kembangkanlah itu menjadi satu prestasi.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Cara ini dapat kamu lakukan agar si pem-bully tidak merasa bahwa kata-kata mereka berhasil menindas kamu. Misalkan, ketika kamu di bully karena badan kamu kurus dan pendek, katakan saja kepada mereka “tenang, obat penggemuk dan peninggi badan masih banyak, besok deh aku gemukin dan tinggiin badan”. Jadikan ucapan mereka sebagai bahan bercandaan, sehingga kamu tidak merasa sakit hati.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Pem-bully biasanya akan mem-bully orang-orang pendiam, penyendiri, penakut dan yang tak punya teman. Oleh sebab itu, bukalah diri kamu untuk menjalin pertemanan dengan banyak orang. Jangan terlalu menutup diri, ketika ada orang yang ingin berteman denganmu dan jangan suka menyendiri.

Bertemanlah dengan siapa saja, jangan membeda-bedakan status sosial dan SARA. Tetapi tetap harus berteman dengan orang-orang yang membawamu ke hal-hal yang positif. Maka, jika kamu di bully maka teman-temanmu otomatis akan membela dan melindungimu.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Kamu pasti butuh bantuan, setidaknya dukungan dari orang lain. Oleh karena itu, kamu butuh curhat ke teman kamu. Ungkapkan perasaan kamu yang sebenarnya ke temanmu. Dengan begitu, bebanmu akan lebih ringan dan kamu juga akan dapat dukungan dari temanmu.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Cobalah untuk mengikuti olahraga beladiri – karate, taekwondo, silat, dan sebagainya. Olahraga beladiri dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, menjaga kesehatan, dan kamu juga bisa belajar untuk menjaga diri sendiri. Tukang bully cenderung mencari mangsa cewek yang tampak lemah dan tidak berdaya. Jika kamu bisa menguasai bela diri, maka jangan harap mereka akan mencoba mendekati kamu.

8 Cara Elegan Hadapi Teman yang Suka Membully

Nah, ini yang lebih penting dari semuanya. Temui dia baik-baik. Tanyakan ke dia kenapa dia selalu membully kamu. Ungkapkan kalo memang dia mengganggu kehidupan kamu. Jangan pernah mengungkapkan semua itu dengan emosi. Bicarakan baik-baik, pasti dia akan berhenti melakukan hal tersebut ke kamu.

BACA JUGA: Cara Bersikap yang Benar Kalau Kamu Mengalami Bullying di Tempat Kerja​