Move on bukanlah hal yang mudah. Akan perlu waktu untuk membuat diri kamu benar-benar lepas dengan si dia. Kamu akan melewati fase di mana kamu akan melakukan hal-hal seperti ini, namun kamu nggak bisa terus melakukannya. Kalau kamu masih bersikap seperti ini, kamu akan semakin sulit melepaskan diri kamu dari bayang-bayang si dia. Yuk simak hal seperti apa sih yang bikin kita nggak selesai-selesai move on.

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Malah Makin Susah Lupa Sama Mantan

Ini adalah kondisi di mana kamu bersikap berlebihan saat mengalami kejadian buruk dan sibuk mengantisipasi bencana yang akan datang, bahkan belum datang. Kamu terlalu paranoid untuk menghadapi hal yang belum terjadi. Kalau kamu terus menerus mengkhawatirkan tentang kehidupanmu karena berakhirnya hubunganmu kamu nggak akan pernah move on. Kamu akan selalu terjebak dengan kenangan-kenanganmu dan menghambat seseorang yang lebih baik akan datang.

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Malah Makin Susah Lupa Sama Mantan

Kondisi di mana seseorang memikirkan sesuatu yang teramat dalam. Kita bisa menyebutnya overthink. Kalau kamu terus-menerus memikirkan hal yang membuatmu sedih kamu akan membuat diri kamu tersiksa. Semakin lama kalau kamu terus membiarkan pikiran negatif menguasaimu, kamu malah akan membuat diri kamu tersakiti atas pikiran kamu sendiri.

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Malah Makin Susah Lupa Sama Mantan

Saat hubungan kamu sudah berakhir, kamu masih nggak bisa mengontrol dirimu. Kamu masih menganggap hubunganmu masih bisa berlanjut. Kamu masih terus merasa bergantung dan merasa nggak bisa bahagia kalau kamu nggak bersama dia. Hal ini hanya akan menjadi penghambat kebahagianmu. Kamu pun nggak akan pernah bisa move on dari mantan pasangan kamu kalau kamu bersikap seperti ini.

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Malah Makin Susah Lupa Sama Mantan

Hal buruk lainnya adalah ketika kamu sampai kehilangan diri kamu sendiri. Kamu lupa jati diri kamu yang sebenarnya. Kamu bahkan lupa bagaimana karakter kamu yang sesungguhnya. Memang menyakitkan ketika hubungan yang telah kamu jalani dengan berbagai macam kenangan berakhir kandas. Tapi kamu harus menyatukan diri untuk bangkit dari keterpurukanmu karena hubungan kamu sudah berakhir.

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Malah Makin Susah Lupa Sama Mantan

Mungkin saat kamu mencoba berusaha berbicara dengan sahabat atau orang terdekatmu, kamu akan menerima saran-saran yang mungkin membuatmu semakin terpuruk. Bahkan saran yang mereka berikan bukan hal yang mendukung kamu untuk kembali bersama dengan mantan kamu. Ketika seseorang memang peduli dengan kamu, dia akan memberikan saran atas realitas-realitas yang harus kamu hadapi.

Namun kalau kamu hanya ingin mendengarkan kata-kata yang hanya ingin kamu dengar, kamu nggak akan bangkit. Kadang kenyataan yang lebih pahit akan semakin membuat kamu kuat dan semakin menyiapkan diri kamu.

Berpisah dengan seseorang yang pernah menjadi bagian yang istimewa di hidup kamu memang berat. Apalagi dengan setumpuk kenangan yang pernah dilakukan bersama membuat itu akan menjadi lebih sulit. Kamu harus menguatkan diri untuk diri kamu sendiri. Mulai mencintai diri kamu sendiri untuk mendapatkan kebahagiaan. Karena kebahagiaan nggak akan cuma datang pada satu orang.

Baca Juga: Ingin Cepat Move On? Ikuti 7 Langkah untuk Melupakan Mantan Ini