Hubungan persahabatan akan sama seperti hubungan percintaan karena sama-sama akan melalui masa-masa naik dan turun. Kadang ada hal yang membuat kamu bete pada sahabatmu dan begitu pun sebaliknya. Kadang kondisi emosional seseorang juga bisa memengaruhi mood seseorang.

Nggak hanya itu, kamu atau sahabat kamu bisa saja melakukan kesalahan yang bisa membuat kesal salah satu dari kalian. Kalau ternyata kamu yang membuat kesalahan dan cukup membuat kesal dan kecewa sahabatmu, kamu bisa melakukan hal ini untuk bisa berbaikan dengannya.

Begini Cara Minta Maaf pada Sahabat Saat Ada Perselisihan

Ketika kamu sadar telah membuat kesalahan pada sahabatmu, jangan gengsi untuk meminta maaf. Kadang kesalahan bisa terjadi karena miskomunikasi atau ternyata memang kamu benar-benar melakukan kesalahan tersebut. Karena dalam persahabatan sangat lumrah untuk terjadi pertengkaran.

Nggak ada salahnya untuk lebih dulu meminta maaf dan berbaikan dengan sahabatmu. Setidaknya kamu menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi padanya. Apakah kamu bisa tenang ketika sedang memiliki hubungan yang nggak baik denganmu?

Begini Cara Minta Maaf pada Sahabat Saat Ada Perselisihan

Saat kamu mengetahui dengan jelas apa dan di mana letak kesalahanmu pada sahabatmu, coba untuk berusaha berempati dengannya. Bayangkan ketika kamu yang berada di posisi sahabatmu dan mengalami kesalahpahaman yang kamu alami. Ketika kamu sudah bisa berempati dengan sahabatmu, kamu akan tahu apa yang dia rasakan. Bagaimana seharusnya seseorang diperlakukan setelah terjadi kesalahpahaman dan mungkin membuatnya terluka atau kecewa. Kamu pun akan lebih mengerti sikap dan tindakan apa yang harus kamu berikan pada sahabatmu, Bela.

Begini Cara Minta Maaf pada Sahabat Saat Ada Perselisihan

Setiap tindakan yang seseorang ambil pasti memiliki konsekuensinya masing-masing. Begitu pula dengan hubunganmu dengan sahabat ketika mengalami perselisihan. Setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda yang membentuk karakternya masing-masing. Sehingga setiap orang juga memiliki batas toleransi untuk memaafkan seseorang.

Kalau memang ternyata tindakan atau sikap kamu membuat perselisihan dan membuatnya terluka atau kecewa, kamu harus menghargai keputusannya apakah ingin bisa memaafkanmu atau tidak. Kadang seseorang membutuhkan waktu untuk healing atas sakit hati yang dialaminya. Kadang mereka juga membutuhkan waktu untuk sendiri dan mencerna apa yang dialaminya dengan menenangkan diri.

Begini Cara Minta Maaf pada Sahabat Saat Ada Perselisihan

Untuk menebus kesalahan saat meminta maaf banyak caranya. Memberikan gift permintaan maaf bisa kamu lakukan, tapi yang paling penting adalah rasa afeksi dan rasa peduli yang kamu berikan pada sahabatmu. Nggak ada yang mengalahkan rasa peduli dan rasa afeksi. Karena hal itu bisa meluluhkan hati seseorang.

Walaupun mungkin sahabatmu belum memaafkanmu, kamu bisa menunjukkan rasa peduli pada dirinya. Menanyai kabarnya, meraihnya saat ternyata dia mengalami kesulitan, atau hal lainnya ketika saat-saat di mana sebenarnya dia membutuhkanmu.

Begini Cara Minta Maaf pada Sahabat Saat Ada Perselisihan

Saat kamu sadar melakukan kesalahan pada sahabatmu, dengarkanlah pendapatnya atas perselisihan yang terjadi di antara kamu dan dia. Berusaha jujur atas perasaanmu juga padanya. Komunikasi adalah kunci hubungan seseorang menjadi lebih baik dan berkualitas. Hal ini nggak hanya berlaku dalam hubungan percintaan, karena di sebuah hubungan seperti pada orangtua, sahabat, bahkan rekan kerja, komunikasi adalah hal yang paling penting untuk menghindari kesalahpahaman. Ketika kamu melakukan komunikasi dengan jujur pasti perasaanmu akan tersampaikan.

Baca Juga: Nggak Perlu Minta Maaf Ketika Melakukan 5 Hal Ini pada Sahabatmu