Tanggal 14 Februari bisa membangkitkan beragam emosi, termasuk yang berkaitan dengan masa lalu. Jika kamu ingin mendekati kembali mantan kekasih, mengirim pesan teks di hari Valentine merupakan cara yang pas.

Meski begitu, pahami apa yang kamu inginkan dari sang mantan. Hubungan jangka pendek? Kenyamanan seksual? Persahabatan? Ingin mengobrol saja? Atau gabungan semuanya?” ungkap Dr. Carla Marie Manly, psikolog klinis dan pengarang buku Joy From Fear.

Menurut Dr. Manly, sebelum menekan tombol “send”, penting untuk mengetahui mengapa kamu mengirim pesan teks ke mantan pacar. “Ketika tujuan dan kebutuhannya jelas, kamu bisa menjelaskan ke mantan apa yang kamu cari. Kalau dia punya kebutuhan yang sejalan, hasilnya bisa positif,” papar Dr. Manly.

Dr. Manly menyarankan kamu agar jujur kepada diri sendiri. Jika mantan sudah punya pasangan baru, menghubunginya kembali hanya akan membuatmu sakit hati. Namun, apabila kamu ingin mencobanya dulu di hari Valentine, Dr. Manly memberikan beberapa contoh pesan teks yang bisa kamu kirim ke mantan. Dr. Manly membaginya dalam beberapa situasi.

Jika kamu sudah ikhlas putus, tetapi merasa sentimental dan ingin bernostalgia

9 Pesan Teks untuk Mantan Pacar di Hari ValentinePixabay.com/Анастасия Гепп

Aku baru aja lewat restoran sushi nggak enak yang kita cobain Valentine tahun lalu. Kayanya emang bener ya, kita tuh nggak bisa percaya gitu aja sama rekomendasi influencer. By the way, apa kabar? Semoga baik-baik aja, ya.

Jika kamu menghabiskan hari Valentine tahun lalu bersama sang mantan, berbagi kenangan manis membuatnya berpikir bahwa kamu masih memikirkannya. Selain itu, dia juga mengerti bahwa sudah tidak ada konflik lagi di antara kalian.

Inget nggak temen kantor aku yang pacaran sama anak IT? Nah, pacarnya itu baru aja masuk ke Zoom kami buat kasih surprise ke dia. Aku mesti banget kasih tau kamu.

Jika mantan selalu mendengarkan cerita tentang rekan kerja atau bos kamu, memberitahu apa yang dilakukan orang lain saat hari Valentine bisa menjadi cara yang konyol dan manis untuk membuka percakapan kembali dengan dia.

Hei, aku tau ini agak cheesy buat diomongin di hari Valentine, tapi aku lagi di mall dan ngeliat bunga-bunga palsu yang dipajang dan tiba-tiba merasa beruntung kita pernah pacaran. Aku punya banyak kenangan manis sama kamu dan aku harap kamu selalu dapet hal terbaik di dunia ini.

Jika kamu dan mantan berpisah secara baik-baik dan sudah menemukan closure, beritahu dia bahwa kamu bersyukur atas waktu yang telah dihabiskan bersama-sama. Selain itu, doakan dia agar bisa melanjutkan hidup dengan baik ke depannya.

Mama baru aja dikasih bunga sama Papa, terus dia nanya aku dapet juga nggak di hari Valentine ini. Merasa tersindir banget……

Apakah mantan mengenal keluarga kamu atau hanya mendengar ceritanya saja, tapi mengontak dia kembali untuk berbagi kisah lucu dapat membuatnya tertawa dan meredakan ketegangan yang masih tersisa.

Jika kamu ingin membangkitkan kembali rasa cinta

9 Pesan Teks untuk Mantan Pacar di Hari Valentinehttps://www.pexels.com/@olly

Aku cuma mau kasih tau kalau Mama baru aja jodohin aku sama tukang pos. Se-single itu ya aku.

Membiarkan mantan tahu bahwa kamu masih single, memungkinkan ia untuk maju ke tahap selanjutnya.

Eh, kamu nggak ngirimin aku bunga, nih?

Jika kamu dan mantan masih memiliki hubungan yang baik, bercanda tentang mengirim cokelat dan bunga dapat mencairkan suasana.

Coba deh, kalau misalkan ada yang nanya, kamu ada janji nggak malam ini, kamu akan jawab apa?

Mengungkapkan ide untuk mengajaknya bertemu tapi tidak secara terang-terangan, bisa menjadi pilihan untuk dicoba.

Jika kamu masih sedih dan belum move on

9 Pesan Teks untuk Mantan Pacar di Hari ValentinePexels.com/Pixabay

Hei, kamu baik-baik aja hari ini? Di sekitarku banyak pasangan romantis dan aku jadi sedih.

Jika perpisahan kamu dan mantan sangat sulit, hari Valentine pasti jadi bikin galau. Hubungi dia dan beri tahu perasaan kamu. Beri ruang bagi mantan untuk berbagi cerita juga.

Valentine ngingetin aku sama hal-hal sedih. Kamu ada waktu buat ngobrol, nggak? Kayanya aku masih butuh penjelasan dan closure.

Bertanya ke mantan apakah ia bisa diajak berbicara, dapat membuka komunikasi kembali tanpa terlalu membebaninya. Namun, jika dia tidak ingin melanjutkan komunikasi dan memberikan penjelasan, kamu sebaiknya mencari hiburan dari teman atau anggota keluarga, ya, Bela.

9 Pesan Teks untuk Mantan Pacar di Hari Valentinefreepik.com/lookstudio

Itulah 9 pesan teks yang bisa kamu kirim ke mantan di hari Valentine. Ingat, ya, Bela, Valentine memang bisa membuat siapa pun menjadi lebih sentimental pada kisah percintaan mereka. Namun, jika kamu tidak yakin dengan tujuan kamu mengirim pesan ke mantan, sebaiknya jangan dilakukan. Sebagai gantinya, kamu bisa menghubungi sahabat, adik, kakak, atau menghabiskan waktu dengan orangtua.

Kamu juga bisa menyenangkan diri sendiri dengan menonton film atau makan enak. Mantan berada di masa lalu, yang terpenting saat ini adalah merawat diri kamu sendiri!

Baca Juga: Bikin Meleleh! Ini 20 Ucapan Valentine untuk Sahabat Terkasih

Baca Juga: Menikah di Hari Valentine, 7 Pasangan Artis Ini Berujung Cerai

Baca Juga: 8 Rekomendasi Hampers Valentine untuk Orang yang Tersayang