Hidup kadang bisa sangat menyulitkan. Hal tersebut akan menjadi lebih berat ketika melihat teman atau sahabat sendiri yang mengalami kesulitan dan bersedih hati. Kamu bisa membantu meringankan beban sahabat kamu dengan membuat harinya lebih baik. Berikut 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghibur sahabat yang sedang bersedih.

1. Mendengarkan curahan hatinya.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang BersedihPexels.com/Immortal Shots

Saat hidup terasa berat, sangat menyenangkan jika ada yang mau mendengarkan keluh kesah. Biarkan teman kamu menceritakan masalahnya dan kamu hanya perlu mendengarkan. Terkadang, seseorang hanya butuh curhat. Sebaiknya, kamu tidak memberikan nasihat atau saran jika tidak diminta. Ada kalanya solusi muncul dengan sendirinya setelah hati lega karena sudah berbicara dengan orang lain.

2. Memberikan pelukan.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedih

Kedengarannya memang sangat sederhana, tetapi memeluk seseorang benar-benar dapat membuat perasaan jadi lebih baik. Pelukan merupakan pereda stres yang sangat menakjubkan. Ini sangat membantu ketika sudah tidak ada lagi kata-kata yang bisa disampaikan.

3. Kirim surat atau tulisan penyemangat, bukan chat.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang BersedihShutterstock/Syda Productions

Apakah kamu berada di dekat teman kamu atau tidak, tetapi mengirim surat atau kartu dengan tulisan tangan sendiri bisa sangat berarti. Ini menunjukkan bahwa kamu peduli dan rela meluangkan waktu untuk membuat perasaannya lebih baik. Tulis kata-kata penyemangat untuknya.

4. Buat ia tertawa.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang BersedihPexels.com/Gustavo Fring

Ada pepatah yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat bagi segala penyakit. Saat teman sedang sedih dan menghadapi masalah, buat ia tertawa dengan melontarkan candaan. Cara ini bisa menghiburnya. Ketika perasaan sudah agak ringan, sahabat kamu pun bisa mulai berpikir jernih dan melupakan masalahnya.

5. Berjalan kaki bersama.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedihfreepik.com/svetlanasokolova

Berjalan kaki memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan stres. Ajak sahabat kamu berjalan kaki di sekitar rumah untuk meredakan rasa sedihnya. Udara segar yang dihirup saat berjalan kaki juga dapat menenangkan pikiran dan membuat lebih rileks.

6. Menonton film.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedihfreepik.com/freepik

Sediakan makanan ringan dan tonton film bersama sahabat kamu. Pilih film komedi yang bisa mencerahkan suasana. Namun, kamu dan sahabatmu juga bisa menonton film sedih untuk membantu mengeluarkan emosi yang dirasakan. Di sisi lain, menonton film merupakan cara terbaik untuk mengalihkan pikiran sejenak dari masalah yang ada.

7. Piknik atau rekreasi.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang BersedihPexels.com/Gustavo Fring

Kamu bisa mengajak sahabat kamu piknik di taman untuk menghiburnya. Jika sempat, sediakan bekal yang kamu masak sendiri. Nikmati pemandangan sekitar yang biasanya mungkin kalian abaikan.

8. Mencoba hal baru bersama-sama.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedihfreepik.com/lookstudio

Mencoba sesuatu yang baru untuk pertama kalinya dapat membantu mengalihkan pikiran teman kamu dari masalah yang sedang dialaminya. Kamu bisa mengajaknya mencoba TikTok challenge, membuat vlog, atau podcast. Selain untuk menghibur sahabat, cara ini juga dapat menciptakan kenangan baru dan mempererat hubungan kalian berdua.

9. Biarkan ia menangis.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedihfreepik.com/ doucefleur

Membiarkan sahabat berduka dan mengungkapkan kecewaannya terkadang justru membuatnya merasa lebih baik. Biarkan ia menangis dan melepaskan emosi negatifnya. Dari segi kesehatan, menangis terbukti dapat melepaskan racun di dalam tubuh.

10. Buatkan playlist khusus.

10 Cara Untuk Menghibur Sahabat yang Sedang Bersedihfreepik.com/freepik

Buatkan playlist dengan lagu-lagu yang menenangkan untuk sahabat kamu. Selain lagu yang ia sukai, kamu juga bisa menambahkan kompilasi suara hujan, air terjun, sebur ombak atau angin sepoi-sepoi. Lagu-lagu tersebut dapat membantu  kamu sahabatjadi lebih rileks.

Itulah 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghibur sahabat yang sedang sedih. Selamat mencoba, Bela!

Baca Juga: Cerai Bersamaan, 9 Potret Persahabatan Rachel Vennya & Vicky Alaydrus

Baca Juga: Tetap Akur, 9 Artis Ini Pilih Bersahabat dengan Sang Mantan

Baca Juga: Mantan Jadian Sama Sahabat? Ini 9 Cara Menyikapinya Agar Tak Canggung!