Friendzone adalah hubungan persahabatan lawan jenis yang berjalan erat sehingga sulit meningkat ke arah romantis. Alasan untuk tidak bisa "lebih dari teman" biasanya karena salah satu pihak merasa aneh jika berubah jadi pacaran, merasa takut untuk merusak sebuah persahabatan, atau sedang menjaga perasaan orang lain. 

Jatuh cinta dengan sahabat sendiri bisa diibaratkan dengan pisau bermata dua. Di satu sisi, jika sahabatmu juga menyukaimu dan hubungan kalian berhasil, artinya kamu telah menemukan belahan jiwamu yang mengenal dan menerimamu apa adanya. Namun di sisi lain, hal itu juga bisa menjadi bumerang dan menjadikanmu terjebak dalam zona sahabat.

Friendzone akan selalu membuat kamu dilema. Dihadapkan pada pilihan apakah harus jujur tentang perasaanmu atau hanya dipendam saja? Nah, mungkin kamu akan merasa related banget dengan film-film berikut ini yang menceritakan tentang rasanya berada di posisi friendzone. Kira-kira kamu sudah pernah nonton yang mana saja nih?

1. Matt & Mou (2019)

https://www.youtube.com/embed/QMrnX3H9skg

Kisah persahabatan Matt dan Mou yang telah dijalani sejak kecil berubah menjadi rumit saat beranjak dewasa. Matt dan Mou memiliki kepribadian yang berbeda, di mana Matt memiliki sifat yang dingin dan pendiam, berbeda dengan Mou yang sangat ceria. Film ini diperankan oleh Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier yang merupakan mantan kekasih. Dijamin bakal bikin kamu ikut baper, deh!

2. Friend Zone (2019)

https://www.youtube.com/embed/LHzwwYcrKks

Film yang menceritakan tentang friendzone juga ada dari Thailand. Film dengan judul yang sama ini menceritakan hubungan pertemanan Palm dan Gink. Keduanya yang sudah menjalin persahabatan sejak masa sekolah ini rupanya memiliki perasaan lebih dari sekadar sahabat.

Namun, perjalanan mereka tidaklah mudah. Perasaan pun tidak diungkapkan lantaran takut kehilangan persahabatan mereka. Kisah yang menarik menjadi daya tarik film ini. Kamu wajib banget masukin film ini dalam daftar film di akhir pekan ini.

3. Teman Tapi Menikah (2018)

https://www.youtube.com/embed/czhzKWDQ1GI

Berbeda dari film lain yang kebanyakan fiksi, Teman Tapi Menikah merupakan adaptasi kisah nyata dari sepasang sahabat, Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Film yang disutradarai oleh Rako Prijanto ini mengikuti kisah keduanya mulai dari perkenalan mereka, menjadi sahabat, hingga akhirnya menikah. Selain sukses mengumpulkan 1,7 juta penonton, Teman Tapi Menikah juga sukses menjadi salah satu film Indonesia terbaik yang dirilis pada 2018 lalu.

4. On Your Wedding Day (2018)

https://www.youtube.com/embed/QJEe_JEhvw8

Korea Selatan juga memiliki kisah friendzone lewat film On Your Wedding Day. Film ini disutradarai oleh Lee Seok Geun tentang kisah Hwan Seung Hee (Park Bo Young) dan Hwang Woo Yeon (Kim Young Kwang) yang menjadi sahabat setelah pura-pura berpacaran. Persahabatan keduanya yang terjalin selama 10 tahun tersebut mengalami banyak lika-liku dan pasang surut, mulai dari kepindahan Seung Hee hingga keduanya bertemu lagi dengan situasi yang tidak terduga. Dikemas dengan komedi, film ini salah satu rekomendasi yang wajib kamu tonton, Bela.

5. Love Forecast (2015)

https://www.youtube.com/embed/NA33xr7YgQs

Film Korea lainnya yang mengangkat tema friendzone adalah Love Forecast. Film ini mencoba menyorot hubungan laki-laki dan perempuan yang dianalogikan seperti cuaca. Guru Sekolah Dasar, Kang Joon Soo (Lee Seung Gi) telah bersahabat selama 18 tahun dengan reporter cuaca, Kim Hyun Woo (Moon Chae Won). Walaupun menaruh hati sejak lama, perasaan itu harus ditepisnya karena Hyun Woo dengan tegas menjelaskan ia tidak merasakan perasaan tertarik kepadanya. Mau tak mau, ia hanya bisa menyaksikan sahabatnya tersebut terlibat dalam hubungan cinta yang rumit. Film ini wajib kamu tonton karena akan bikin kamu geregetan!

6. Love, Rosie (2014)

https://www.youtube.com/embed/5zL3YJKygd4

Film yang tayang pada 2014 ini menceritakan hubungan antara Alex dan Rosie yang telah berteman dari usia 5 tahun. Seiring berjalannya usia, keduanya merasakan hal yang berbeda dari sebatas sahabat.

Perjalanan mereka juga semakin kompleks dan penuh rintangan. Namun, sejatinya usaha tidak akan mengkhianati hasil, di mana dalam suatu hubungan persahabatan ataupun percintaan, apabila keduanya berusaha dan berjuang pasti akan dapat disatukan. Jadi, gimana kisah kamu dengan sahabatmu nih?

7. Refrain (2013)

https://www.youtube.com/embed/VHICXbW2NkA

Film ini bercerita tentang Niki (Maudy Ayunda) dan Nata (Afgansyah Reza) yang merupakan sepasang sahabat, meski sebenarnya Nata menyimpan perasaan pada Niki. Sedangkan Niki menyukai Oliver (Maxime Bouttier), seorang kapten tim basket. Niki dan Oliver pun berpacaran. Sementara itu, anak baru yang bernama Annalise (Chelsea Islan) menyukai Nata. Pada suatu ketika Niki mengetahui perasaan Nata yang sebenarnya, kejadian tersebut membuat hubungan keduanya merenggang. Penasaran kan bagaimana kelanjutan kisah mereka? Langsung saja tonton filmnya.

Itulah dia 7 film buat kamu yang sedang terlibat friendzone. Semoga bisa jadi referensimu dalam menentukan pilihan dan bisa menguatkan hati bagi yang sedang galau.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Bikin Baper dan Galau, 7 Film tentang Friendzone Ini Wajib Ditonton"

Baca Juga: Bebas Dari Status Friendzone Dengan Melakukan 6 Cara Ini