Siapa sih di dunia ini yang nggak mau segera menemukan cinta sejatinya. Sayangnya, cinta sejati terkadang bukan satu hal yang mudah untuk dicari. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang belum menemukan pasangan yang tepat, salah satunya adalah faktor dari dalam diri. Berikut ini adalah 5 alasan kenapa cinta sejati belum menghinggapi hidupmu.

1. Kamu terlalu needy

Bela, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Menemukan Cinta SejatiUnsplash.com/Freestocks.org

Needy adalah keadaan pikiran di mana kamu merasa tidak lengkap, atau memiliki kekosongan emosional, dan mencoba mengisi ruang kosong ini dengan suatu hubungan. Seorang laki-laki akan dengan senang hati akan menjalin hubungan dengan perempuan yang melihat dan menghargai dia untuk siapa dia sebenarnya.

Sebaliknya, seorang laki-laki justru akan lari jauh dari perempuan yang melihatnya hanya sebagai kesempatan untuk merasa baik tentang dirinya sendiri atau mengisi kekosongan tersebut. Laki-laki ingin merasa dipilih. Dia tak ingin merasa seperti tempat sementara dan pelampiasan saja.

2. Kamu sangat pemilih

Di zaman sekarang ini, kita dipenuhi dengan kisah cinta yang tidak realistis yang mengembangkan ide tentang bagaimana cinta seharusnya dan bukan tentang apa itu cinta sebenarnya. Kenyataannya, cinta tidaklah seindah seperti di drama-drama Korea ataupun film-fim Hollywood.

Memilih pasangan memang sangatlah perlu karena hubungan yang akan kalian jalani bukanlah untuk sehari dua hari saja, tetapi untuk hal yang lebih serius. Namun, jika kamu terlalu pemilih karena menyandarkan standar yang bersifat fantasi, itu bisa jadi alasan kuat kenapa sampai saat ini kamu sendiri. 

3. Kamu belum memperbaiki diri lebih baik lagi

Bela, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Menemukan Cinta SejatiUnsplash.com/Allef Vinicius

Cara nomor satu untuk menarik cinta adalah dengan menjadikan diri kita lebih baik dan menarik. Bukan berarti tampil menjadi orang lain, melainkan terus berusaha memperbaiki kekurangan diri sendiri.

Hubungan yang sukses bermuara pada dua hal, orang yang tepat pada waktu yang tepat. Di sisi lain, jodoh juga merupakan cerminan dari diri kita sendiri. Sehingga, jika selama ini kita terus bertanya-tanya kenapa jodoh terbaik belum hadir, bisa jadi Tuhan sedang mempersiapkan orang terbaik untukmu.

Akan tetap kamu justru masih bermalas-malasan dalam mempersiapkan diri. Akibatnya, jodoh terbaik pun belum hadir dan sedang menanti di waktu yang tepat.

4. Kamu mencintai orang yang tak menginginkanmu

Salah satu kendala terbesar yang menghalangi seseorang untuk memiliki hubungan yang diharapkan adalah mencintai orang yang tidak menginginkan kamu. Cinta itu adalah saling satu sama lain, bukan bertepuk sebelah tangan.

Jika kamu terus mengharapkan cinta dia yang tak menginginkanmu, yang bakal kamu dapatkan hanyalah lelah. Lebih buruk lagi, hal itu juga akan membuat orang lain yang menginginkanmu mundur perlahan.

5. Memiliki kriteria yang tak masuk akal

Bela, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Menemukan Cinta SejatiUnsplash.com/Tachina Lee

Setiap orang tentunya memiliki kriteria idaman masing-masing tentang pasangannya. Baik secara fisik, materi, sikap dan latar belakang keluarga. Hal ini memang sangat wajar, namun akan menjadi tidak wajar saat kriteria yang kamu tentukan tidaklah masuk akal.

Satu hal yang tak kalah penting dalam menentukan kriteria adalah seimbang dengan keadaan dirimu sendiri. Karena jika berlebihan, kamu hanya akan lelah menanti yang sesuai harapan.

Terkadang hidup justru berisi kejutan-kejutan yang tak disangka. Apa yang kamu harapkan kadang bukanlah yang terbaik. Terkadang berkompromi dengan diri sendiri dibutuhkan juga dalam urusan cinta. Tentunya dengan tetap menjadikan tanggung jawab dan kesetiaan kriteria yang dipilih.

Menemukan cinta sejati memanglah tak semudah di film-film. Namun, bukan berarti sulit juga. Introspeksi diri bisa menjadi langkah pertama agar kamu segera menemukannya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Girls, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Belum Menemukan Cinta Sejati"

Baca Juga: 3 Alasan Sederhana Kenapa Kamu Belum Juga Bertemu Jodohmu