Dalam hidup, kamu akan merasakan ada orang yang datang dan pergi. Ada orang yang akhirnya tetap tinggal dan menemanimu kala suka maupun duka. Namun ada juga orang yang dengan mudah meninggalkanmu, saat dia tak lagi membutuhkanmu.

Bagaimana kamu bisa tahu dia adalah seorang teman sejati atau tidak. Apa saja ya karakteristik seorang teman sejati? Simak di bawah ini, ya.

1. Teman sejati tidak akan berusaha menjadi dirimu atau mengambil milikmu

6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman SejatiUnsplash.com/Sam Manns

Seorang teman tidak akan iri dengan apa yang kamu miliki. Dilansir Mind Body Green, Debra Campbell, seorang psikolog, mengatakan bahwa kalau kamu berteman dengan orang yang iri dengan kehidupanmu, ia akan membuatmu bersalah dan merasa defensif dengan kehidupanmu.

2. Ia tidak akan membuatmu merasa buruk setelah berinteraksi dengannya

6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman SejatiPexels.com/José Luis Photographer

Campbell juga menjelaskan bahwa teman sejati tidak akan membuatmu dalam posisi minta maaf terus menerus hanya karena kamu lebih darinya. Saat kamu bahagia dan memiliki lebih, teman sejati pasti akan mendukung dan menemanimu apa pun keadaanmu dalam hidup

3. Teman sejati akan memprioritaskan waktu bersamamu

6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman Sejatihttps://www.pexels.com/@elevate

Teman sejati akan mengusahakan waktunya untuk menghabiskan waktu denganmu. Tidak akan membatalkan janji denganmu pada saat-saat terakhir. Ia juga tidak akan membuat alasan untuk tidak bertemu, tetapi membuat alasan untuk bisa bertemu denganmu.

4. Teman sejati tersedia secara emosional untukmu

6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman SejatiPexels.com/Tan Danh

Dilansir Bustle, Caleb Backe, ahli kesehatan dan kebugaran, menyampaikan bahwa teman sejati itu tidak harus selalu dekat secara fisik, tapi ia selalu ada untukmu meski berjauhan. Secara emosional bisa merasa dekat, tanpa harus selalu berkirim pesan setiap hari.

5. Tidak takut untuk berterus terang, betapa pun menyakitkannya

6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman SejatiFreepik.com

Jujur dan terbuka adalah kunci komunikasi yang baik. Campbell menyampaikan bahwa dengan berterus terang, kamu mengurangi kesalahpahaman dan mengetahui apa yang terjadi pada temanmu. Kamu juga bisa bertanya secara gamblang pada temanmu tanpa harus berasumsi buruk.

6. Yang paling penting, teman sejati bisa kamu percaya sepenuhnya

6 Karakteristik yang Ada dalam Diri Seorang Teman Sejatipxfuel.com

Kualitas inti dari teman sejati adalah kepercayaan. Dilansir Bustle, Jamie Gruman, Professor of organizational behavior, mengatakan teman yang baik bisa membuatmu tahu bahwa ia tidak akan mengkhianati kepercayaanmu. Kepercayaan ini yang bisa membuatmu menunjukkan dirimu yang sebenarnya pada temanmu dan ia akan menerimamu.

Itu dia sifat-sifat teman sejati yang bisa kamu temukan di seseorang yang benar-benar tulus berteman. Kamu juga bisa menambahkan kriteria tersendiri untuk menjadi teman sejati di hidupmu.

 

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "6 Karakteristik Seorang Teman Sejati, Apakah Temanmu Punya Sifat Ini?"

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Teman Kencan Online-mu Tak Ingin Bertemu Langsung

Baca Juga: 10 Tanda Penting untuk Mengenali Teman Palsu, Wajib Tahu!

Baca Juga: Dikenal Humble, 10 Artis Korea Ini Berteman Dekat dengan Jin 'BTS'