Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap orang tentu ingin disukai dan disayang, terutama oleh orang-orang dekatnya.

Dengan disukai dan disayangi oleh banyak orang, setiap orang akan merasa hidupnya lebih berguna dan menyenangkan untuk dijalani. Begitu juga ketika kamu menyukai dan menyayangi orang-orang di sekitarmu.

Meskipun begitu, sesungguhnya kasih sayang kepada manusia dan diri sendiri tidak boleh melebihi kasih kita kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Untuk mendapatkan kasih sayang dari manusia dan memperoleh kebahagiaan, terlebih dahulu kita harus maksimal dalam mencintai Allah dan Rasulullah.

Berikut doa yang dapat kamu baca untuk membuat orang-orang di sekitar menyukai dan menyayangi kamu.

1. Doa agar disukai banyak orang

Kumpulan Doa Agar Kamu Mudah Disukai dan Disayangi Banyak OrangPexels.com/Mochammad Syaiful

Sebagai makhluk sosial, disukai banyak orang menjadi hal penting bagi sebagian besar manusia. Tapi, sering kali kamu telah berusaha untuk membuat orang lain menyukaimu, namun usaha tersebut tidak sesuai dengan kenyataan.

Bagi kamu yang ingin orang lain menyukaimu, berikut doa yang dapat dibaca:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ  وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ 

Qul ing kuntum tuḥibbụnallāha fattabi'ụnī yuḥbibkumullāhu wa yagfir lakum żunụbakum, wallāhu gafụrur raḥīm

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Qs. Ali Imran: 31).

2. Doa agar disayangi banyak orang

Kumpulan Doa Agar Kamu Mudah Disukai dan Disayangi Banyak OrangUnsplash.com/Gradikaa Aggi

Terkadang rasa suka saja tidak cukup untuk membuat orang-orang di sekitar kamu nyaman berada di dekatmu. Rasa kasih sayang juga penting diwujudkan dalam menjalin hubungan yang baik antara sesama manusia.

Berikut doa yang dapat kamu baca untuk membuat orang-orang di sekitar menyayangi kamu.

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a ‘alaa ‘aynii

Artinya: Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku. (Qs. Taha: 39)

3. Tips supaya disukai dan disayangi banyak orang

Kumpulan Doa Agar Kamu Mudah Disukai dan Disayangi Banyak OrangShutterstock/Rawpixel.com

Dalam kehidupan ini, sesama manusia saling bergantung satu sama lain. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tanpa bantuan dari manusia lain.

Karena itu, sesama manusia harus bisa saling menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Jika manusia dapat saling menyesuaikan satu sama lain, maka akan terjalin hubungan pertemanan yang baik.

Dengan menyesuaikan diri, juga akan menimbulkan rasa saling pengertian dan akan tumbuh dengan sendirinya perasaan saling menyayangi.

Tidak lupa diiringi dengan doa-doa supaya orang-orang di sekitar menyukai dan menyayangi kamu. Namun, sejatinya doa tidak akan terwujud tanpa diiringi usaha, begitu juga sebaliknya.

Keduanya harus tetap berjalan beriringan dan seimbang untuk mewujudkan keinginan kamu.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Doa Agar Kamu Disukai dan Disayangi Banyak Orang"

Baca Juga: Doa Saat Menjenguk Orang Sakit

Baca Juga: Sedang Pandemi, Ini Doa Itikaf di Rumah dengan Syarat dan Tata Caranya

Baca Juga: Inilah Doa Qunut Nazilah untuk Mencegah Musibah