Saat temanmu dilanda kesulitan, kamu yang menjadi salah satu orang terdekatnya tentu tidak tega melihat kesedihannya. Kamu juga akan berupaya untuk tidak membiarkan temanmu sendirian menghadapi masa sulit yang dialaminya. Hal ini tentu dilakukan dengan membantu dan mendukungnya sebaik mungkin.

Namun, terkadang bantuan yang kamu berikan justru membuatnya merasa lebih buruk. Ini mungkin terjadi karena adanya kesalahan pada cara yang dilakukan. Lalu, bagaimana agar kamu dapat memberikan dukungan kepada temanmu dengan baik? Ini 5 cara memberikan support pada teman yang kesulitan, melansir Life Hack dan Young Scot.

1. Penting untuk diingat, jangan memaksakan bantuan kepada temanmu

5 Cara Memberikan Support pada Teman yang Kesulitan pexels.com/ivan-samkov

Hal terpenting untuk diingat adalah jangan memaksakan bantuan kepada temanmu. Kamu mungkin memiliki niat yang baik untuk membantunya, tetapi terkadang temanmu tidak sedang benar-benar membutuhkan bantuan.

Ia mungkin hanya membutuhkan waktu untuk sendiri karena dapat mengatasi masa sulit yang dialaminya. Temanmu mungkin juga merasa tidak nyaman karena seolah dirinya merasa dikasihani dan tidak berdaya.

Jika kamu telah menawarkan bantuan padanya namun ia menolak, maka terimalah. Kamu dapat mengatakan kepadanya untuk tidak perlu sungkan meminta bantuan jika membutuhkannya. Maka, ia akan datang jika benar-benar memerlukan bantuan.

2. Dukungan dengan tindakan kecil yang berarti

5 Cara Memberikan Support pada Teman yang Kesulitan pexels.com/andrea-piacquadio-

Dalam memberikan bantuan kepada temanmu yang sedang dalam masa sulit, kamu tidak perlu bingung atau repot memikirkan hal-hal yang rumit. Terlebih, jika lokasi atau kondisi kamu yang berbeda dengan temanmu.

Kamu perlu mengingat bahwa, bantuan maupun perhatian sekecil apa pun yang kamu berikan padanya akan sangat berharga dalam situasi sulit yang dihadapinya. Kamu bisa melakukan berbagai cara, mulai dari mengirim rekaman suara atau voice note, kartu ucapan, atau meneleponnya untuk mengecek keadaannya atau menghiburnya.

Hal ini akan membuat temanmu merasa memiliki seseorang yang mendukungnya. Selain itu, ini juga akan memunculkan energi positif untuk dirimu dan temanmu.

3. Jangan menghakimi dan dengarkan perasaannya

5 Cara Memberikan Support pada Teman yang Kesulitan pexels.com/thirdman

Cara memberikan support pada teman yang kesulitan selanjutnya adalah kamu dapat mendengarkan dan tidak melakukan adu nasib dengannya saat ia sedang curhat. Cobalah untuk menempatkan seandainya kamu berada pada posisi temanmu saat ini.

Jika kamu melakukan adu nasib dengan menjelaskan berbagai hal yang lebih buruk dari masa sulit temanmu yang sedang dihadapinya, maka ini tidak akan banyak mengubah keadaannya. Ia justru akan merasa bahwa emosi yang sedang dirasakannya tidak divalidasi. Ia juga akan merasa dianggap remeh hingga akhirnya enggan untuk curhat denganmu. Penting bagi kamu untuk mengingat bahwa kapasitas setiap orang berbeda-beda.

4. Tanyakan kebutuhan dan keperluannya dalam kondisinya yang sedang sulit

5 Cara Memberikan Support pada Teman yang Kesulitan pexels.com/karolina-grabowska

Masa sulit yang hadir dalam hidup memiliki berbagai bentuk, begitu pula dengan cara mengatasinya. Terkadang, kesulitan yang datang tidak dapat dibantu dengan diberikannya pelukan atau bantuan berupa uang. Oleh karenanya, akan lebih baik jika kamu bertanya pada temanmu apa yang dapat dibantu daripada memberikan asumsi sendiri.

Namun, jika kamu merasa bahwa temanmu sungkan untuk meminta bantuan, cobalah untuk observasi dan pikirkan mengenai apa yang dibutuhkan seseorang yang sedang masa sulit seperti itu. Bahkan, jika mungkin memerlukan bantuan ahli, seperti nomor telepon dokter maupun psikolog, juga dapat membantu untuk menemaninya.

5. Bantulah temanmu untuk kembali memiliki semangat dan optimisme masa depan

5 Cara Memberikan Support pada Teman yang Kesulitan pexels.com/koolshooters

Cara memberikan support pada teman yang kesulitan terakhir, yaitu kamu dapat mencoba untuk membantunya mendapatkan kembali semangat dan optimisme menata masa depan dan menjalani kehidupannya. Hal ini dilakukan karena kemungkinan bisa saja masa sulit yang melanda hidup temanmu, membuatnya kehilangan harapan akan masa depan dan pesimis untuk bertahan.

Kamu dapat melakukan ini ketika kondisi temanmu sudah lebih stabil dan mampu untuk diajak bercengkrama bersama denganmu. Namun, jika temanmu masih merasa pesimis, kamu jangan memaksakannya. Cobalah untuk mengajaknya berdiskusi di lain hari. Hal penting yang harus kamu ingat bahwa setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk dapat bangkit kembali.

Nah, itulah 5 cara memberikan support pada teman yang kesulitan. Semoga bisa membantu ya, Bela!

Baca Juga: 6 Keuntungan Berteman dengan INFP, Si Setia Kawan

Baca Juga: 5 Fakta 'Teman Healing Karin Novilda', Pentingnya Jaga Mental Health

Baca Juga: 12 Circle Pertemanan Member BLACKPINK dengan Artis Korea

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Hubungan Pertemanan di Usia Dewasa