Melansir laman Independent, Pangeran Harry dalam sebuah wawancara pernah mengatakan bahwa ia jatuh cinta pada Meghan Markle pada pandangan pertama. Media tersebut lalu mengkritisi jawaban Pangeran Harry dengan menyebut bahwa cinta pada pandangan pertama itu tidak ada. Apa yang dirasakan Pangeran Harry waktu itu mungkin hanyalah nafsu, bukan cinta.

Pembicaraan seputar cinta pada pandangan pertama memang kerap menimbulkan perdebatan. Ada yang percaya, ada pula yang tidak.

Namun sebenarnya ada, lho, penelitian yang membahas soal cinta pada pandangan pertama ini.

Cinta Pada Pandangan Pertama Itu Sebenarnya Tidak AdaPexels.com/Daria Shevtsova

Para psikolog Universitas Groningen di Belanda secara ilmiah menyelidiki fenomena ini untuk mencoba dan mencari tahu apakah cinta pada pandangan pertama itu nyata.

Tidak main-main, lho, kesimpulannya! Katanya cinta pada pandangan pertama itu sebenarnya adalah ketertarikan fisik yang sangat kuat. 

Para peneliti Groningen itu melakukan penelitian pada 396 peserta, sekitar 60 persen di antaranya adalah perempuan, sebagian besar adalah heteroseksual dan sebagian besar juga merupakan mahasiswa muda di Belanda dan Jerman.

Cinta Pada Pandangan Pertama Itu Sebenarnya Tidak AdaPexels.com/Trinity Kubassek

Melalui survei online, peserta ditanyai tentang hubungan romantis mereka saat ini. Mereka kemudian diperlihatkan foto-foto orang yang tidak mereka kenal dan diminta menilai seberapa besar ketertarikan mereka pada orang-orang itu.

Mereka juga ditanya apakah mereka merasa bahwa mereka "mengalami cinta pada pandangan pertama".

Bahkan selanjutnya dilakukan kencan kilat, di mana para peserta menghabiskan 90 atau 20 menit untuk saling mengenal. Sekali lagi, mereka ditanyai perasaan mereka terhadap calon pasangan mereka.

Cinta Pada Pandangan Pertama Itu Sebenarnya Tidak AdaUnsplash.com/Toa Heftiba

Hasilnya, banyak peserta laki-laki yang mengaku mengalami cinta pada pandangan pertama (saat baru melihat foto).  Namun ternyata 'cinta' yang dimaksud sangat erat kaitannya dengan fisik calon pasangan mereka, karena saat berlanjut ke kencan kilat, ternyata banyak yang perasaannya tidak sama. Fisik di foto sering berbeda dengan aslinya, kan?

Menariknya, para peserta yang sudah punya pasangan dan mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama ke pasangan mereka memiliki tingkat 'gairah' yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengatakannya.

Jadi kamu masih percaya dengan cinta pada pandangan pertama?

Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Cinta pada Pandangan Pertama

Baca Juga: 3 Pasangan Zodiak yang Cepat Jatuh Cinta Saat Pandangan Pertama

Baca Juga: 7 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Lagi Jatuh Cinta Sama Kamu