Sesempurna apa pun kamu, pasti kamu pernah atau akan merasakan perpisahan atau cinta yang tak berbalas. Tentu, perpisahan tiap pasangan berbeda-beda karena setiap hubungan pasti unik. Tapi paling tidak kamu perlu tahu, bahwa ada hal-hal yang jika kamu lakukan, maka perpisahanmu akan terasa lebih berat, lebih menyedihkan.

Perpisahan itu sudah penuh dengan penderitaan bukan? Jadi jangan lagi menambahnya dengan melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini.

1. Segera mencari pasangan baru

5 Kesalahan yang Akan Membuat Perpisahan Jadi Terasa Lebih Buruk Freepik

Usai putus, hal pertama yang akan kamu rasakan adalah kesepian. Ada banyak sekali kebiasaan yang tak lagi bisa kamu lakukan. Alhasil kamu ingin mencari orang lain yang bisa menggantikan posisi mantan.

Padahal hatimu masih terluka, belum sembuh. Hatimu butuh istirahat, kamu butuh belajar dulu dari pengalaman yang terjadi sekarang. Jika langsung kamu pacu lagi untuk mencoba mencintai orang lain, hatimu tidak akan siap kecuali hanya karena terpaksa.

2. Masih menghubungi mantan

5 Kesalahan yang Akan Membuat Perpisahan Jadi Terasa Lebih Buruk Pexels.com/Min An

Terus menghubungi mantan tidak akan  pernah bisa menyelesaikan masalah. Kamu tidak akan balikan, pun tidak akan jadi teman. Setelah resmi berpisah harusnya kita mengambil jarak waktu untuk kembali bertegur sapa, apalagi bertemu. Mungkin sekitar satu bulan, waktu yang cukup untuk introspeksi diri agar bisa melihat segala sesuatu dengan lebih jernih.

Jangan mencari tahu kondisinya lewat media sosial juga, kamu justru akan jadi sulit move on. Masih ada masa depan yang lebih cerah yang harus kamu pikirkan.

3. Terlalu banyak curhat

5 Kesalahan yang Akan Membuat Perpisahan Jadi Terasa Lebih Buruk pinterest.com

Menceritakan apa yang kamu rasakan pada sahabat atau keluarga bukan sesuatu yang salah. Tetapi kalau kamu curhat ke banyak orang dan mendapatkan terlalu banyak nasihat, maka nasihat itu tidak akan berguna. Kamu justru akan cenderung membandingkan hidupmu dengan orang lain, ini sama sekali tidak membantu proses perpisahanmu.

Pilihlah beberapa orang terdekat saja yang kamu anggap tepat dan bisa mendengarkan semua cerita putusmu dengan baik.

4. Menjadikan mantan sebagai pembanding

5 Kesalahan yang Akan Membuat Perpisahan Jadi Terasa Lebih Buruk pexels.com/ Dương Nhân

Kamu tentu punya banyak kenangan indah dengan mantan bukan? Tapi yakinlah bahwa dia bukanlah yang terindah. Masih banyak 'keindahan-keindahan' lain yang bisa kamu dapat dari orang yang berbeda. Berhenti membandingkan setiap orang yang baru datang ke kehidupanmu dengan dia yang sudah jelas-jelas meninggalkanmu.

5. Menyalahkan diri sendiri

5 Kesalahan yang Akan Membuat Perpisahan Jadi Terasa Lebih Buruk Freepik.com

Jika ada dua orang yang berpisah, tidak mungkin hanya salah satunya saja yang bersalah. Ada akibat pasti ada sebab, keduanya memiliki porsi kesalahannya masing-masing. Terus menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu terus menyesali apa yang sudah terjadi.

Kamu yang akan jadi paling terpuruk dan hubungan kalian mungkin akan terus memburuk.

Baca Juga: Bukan Sekadar Teori, Ini 7 Tips Tetap Kuat Setelah Putus

Baca Juga: Laki-laki Juga Menderita Saat Putus, Ini yang Dia Rasakan

Baca Juga: Main Film Bareng Mantan, Ini Kisah Cinta Joey King dan Jacob Elordi