Tak bisa dipungkiri bahwa bekerja merupakan salah satu fase kehidupan yang berat, tapi harus tetap dijalani. Mulai dari beban pekerjaan yang menumpuk, hingga kehidupan sosial di tempat kerja yang tak melulu sesuai dengan harapan. Meski demikian, kita harus senantiasa melakukan yang terbaik dalam pekerjaan.

Walaupun tidak selalu mulus dan pasti menemui ujian, kita tidak boleh mudah menyerah. Lakukanlah yang terbaik untuk mendapat hasil terbaik pula. Di samping itu, panjatkanlah doa untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kehidupan di tempat kerja yang sebaik-baiknya.

Berikut kumpulan doa untuk membantu kamu menguatkan diri menghadapi pekerjaan, hingga doa agar terhindar dari teman kerja yang zalim.

1. Bacaan doa agar terhindar dari fitnah teman kerja di kantor

Kumpulan Doa Agar Terhindar dari Teman Kerja Hingga Bos yang Zalimfreepik.com/ senivpetro

Pekerjaan dan kehidupan di kantor tak bisa selalu berjalan sesuai kehendak kita. Bahkan, kita akan selalu menemui persaingan ketat yang mengancam kesejahteraan pekerjaan, salah satunya fitnah dari teman kerja di kantor.

Untuk menghindarinya, ingatlah untuk senantiasa memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari fitnah tersebut. Berikut doa yang bisa kamu baca untuk menghindari fitnah teman kerja:

Allaahumma innii a'uudzubika minfitnatinnaari wa a'dzaabinnaar. Wafitnatilqabri waadzaabil qobri. Allahumma innii a'uuzubika min syarri fitnatilmasiihiddajjaal.

Allahummaghsil qolbii bimaaitslji wal barod. Wa naqqiqolbii minal khothooyaa. Kamaa naqqoitatsaubalabyadho minaddanasi.

Wa baa 'idbaitanii wa baina khothooyaaya kamaa baa 'adta bainalmasyriqi wal maghribi. Allaahumma innii a'udzubika minal kaisal wal maaktsami wal maghrom

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu daru fitnah dan azab neraka, fitnah dan azab kubur, keburukan fitnah, kekayaan dan keburukan fitnah kefakiran.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan fitnah Dajjal. Ya Allah bersihkanlah hatiku dengan salju dan air es, serta sucikanlah hatiku dari setiap kesalahan sebagaimana Engkau menyucikan pakaian putih dari kotoran.

Dan jauhkanlah antara diriku kesalahan-kesalahanku itu sebagaimana Engkau menjauhkan timur dan barat. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan, perbuatan dosa, dan utang."

2. Bacaan doa agar terhindar dari atasan zalim yang semena-mena

Kumpulan Doa Agar Terhindar dari Teman Kerja Hingga Bos yang Zalim

Hampir di semua pekerjaan kita akan bertemu atasan atau bos yang tegas, keras, semena-mena dan lain-lain. Bahkan tak jarang ucapan serta tindakan bos akan menyakiti hati. Meski harus selalu tegar dan menahan diri, kita juga bisa meminta perlindungan dari Allah SWT dengan berdoa.

Berikut bacaan doa agar terhindar dari bos atau atasan yang zalim serta semena-mena:

Allahumma inni a'udzubika min imratisshibyan was sufaha

Artinya: “Ya Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”

3. Bacaan doa agar diberi kemudahan dalam segala urusan pekerjaan

Kumpulan Doa Agar Terhindar dari Teman Kerja Hingga Bos yang Zalimpopsci.com

Tantangan dan rintangan dalam pekerjaan akan selalu, bahkan saat kita telah berpengalaman. Adakalanya kita akan dihadapkan dengan pekerjaan baru yang terasa sulit dan melelahkan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bacaan doa agar diberi kemudahan dalam pekerjaan sebagai berikut:

Robbisy rohlii shodrii, Wa yassirlii amrii, Wahlul ‘uqdatan min lisaani, Yafqohuu qoulii

Artinya: “Ya Allah, lapangkan untukku dadaku, dan mudahkanlah untuk urusanku, dan lepaskan kekakuan dari lidahku agar mereka dapat dengan mudah mengerti perkataanku.”

4. Bacaan doa meminta petunjuk kepada Allah SWT saat merasa buntu

Kumpulan Doa Agar Terhindar dari Teman Kerja Hingga Bos yang Zalimdok.internet

Pekerjaan yang menumpuk terkadang akan membuat kita merasa buntu dalam mencari jalan keluar. Biasanya, kita akan merasa bingung harus memulai dari mana agar pekerjaan bisa segera terselesaikan.

Tak hanya itu, akan ada pula masa-masa di mana kita merasa kesulitan menyelesaikan pekerjaan. Saat sedang kesulitan dan tak tahu harus minta tolong pada siapa, ingatlah untuk berdoa memohon petunjuk dari Allah SWT.

Berikut bacaan doa yang bisa kamu baca untuk meminta petunjuk dari Allah SWT ketika merasa buntu dan tak punya jalan keluar:

Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.”

5. Bacaan doa agar diberi kekuatan memikul beban pekerjaan

Kumpulan Doa Agar Terhindar dari Teman Kerja Hingga Bos yang ZalimUnsplash.com / Paige Cody

Kemudian, ada pula doa yang bisa kamu baca sebagai wujud permohonan kepada Allah SWT, agar senantiasa diberikan kekuatan dan kemampuan untuk memikul beban pekerjaan. Dengan membaca doa ini, semoga Allah SWT memberi rahmat kepadamu hingga mampu bertahan menghadapi beratnya beban pekerjaan. Berikut bacaan doanya:

Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Berikan maaf kepada kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Itulah beberapa bacaan doa yang wajib kamu ketahui, terutama untuk mendapatkan kemudahan dalam pekerjaanmu. Ingatlah untuk selalu kuat, sabar, ikhlas dan tidak mudah menyerah ya, Bela!

Baca Juga: Doa Saat Merindukan Seseorang yang Disayang

Baca Juga: Doa untuk Menentramkan Hati Istri Saat Marah

Baca Juga: Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!