Ketika kamu diundang ke acara pesta keluarga, pasti hal yang sering ditanyakan adalah "Apa kamu sudah punya pacar?”, sekejap kamu bingung mau jawab apa. Benar, nggak? Sebab, pertanyaan tersebut memang bikin sulit untuk dijawab. 

Nggak perlu berbohong, tapi saat kamu mengatakan nggak, akan ada pertanyaan yang muncul setelahnya. Seperti “kenapa nggak punya?”. Melansir dari Love Panky, ini cara menjawab ketika kamu ditanya sudah pacar atau belum.

1. Sebisa mungkin kamu harus menutup pertanyaannya

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumUnsplash.com/@priscilladupreez

Maksudnya adalah ketika kamu ditanya, saatnya kamu berpikir pintar untuk menutup pertanyaannya. Contohnya, nenek kamu yang berusia 90 tahun menanyakan pertanyaan terkait pacar, kamu bisa menyuruhnya untuk tutup mulut tapi dengan cara yang lembut ya!

Ada beberapa orang yang menjengkelkan seperti ingin ketahuan yang tinggi dan memicu emosi kamu. Solusinya adalah kamu harus bilang kalau kamu sudah cukup banyak menjawab.

2. Bicarakan hal yang baik tentang hidup kamu

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumUnsplash.com/@PriscillaDuPreez

Tentunya, memiliki pasangan akan menyenangkan namun nggak menjadi acuan bahwa tanpa pasangan kamu memiliki hidup yang buruk. Jadi kamu bisa menjawab dengan hal-hal yang seru. Misalnya, sebelum seseorang menanyakan “Apa kamu sekarang udah punya pasangan?” usahakan untuk berbicara tentang kebahagiaan hidup kamu ya.

3. Lebih peduli dengan keadaan kamu

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumUnsolash.com/@AlexisBrown

Sebenarnya, pada poin ini kamu harus tahu apa yang kamu inginkan jadi nggak perlu merasa rendah ketika nggak mempunyai pasangan. Bukannya sekarang kamu lebih bahagia?

4. Nggak perlu drama

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumUnsplash.com/@PriscillaDuPreez

Saat ditanya terkait pasangan, kamu nggak perlu pakai marah-marah atau jadi bete seharian. Hal tersebut wajar, kok. Malah harusnya kamu berpikir bahwa tanpa pasangan saja kamu bisa berdiri sendiri. Benar, nggak?

5. Kamu bisa menjawab, “lebih enak sendiri”

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Artinya, kamu nggak siap untuk memikirkan orang lain selain kamu sendiri. Seperti kamu lebih senang dengan status lajang sebab bisa menikmati waktu sendiri tanpa ada gangguan atau sakit hati. Nggak ada yang salah dengan ini. Jadi gampang kan untuk bilang “lagi ingin menikmati waktu untuk sendiri”. It works!

6. Atau jawab, “masih banyak yang ingin dicapai”

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPIxabay.com

Sebenarnya jawaban ini paling aneh sih, tapi bisa jadi pilihan sebab saat kamu punya impian yang belum bisa dicapai kamu butuh fokus pada diri sendiri bukan orang lain apalagi pasangan. Apalagi ketika kamu punya pacar, pasti hal itu bisa mengubah tujuan atau mimpi kamu, tapi nggak semuanya merasakan itu tapi sebagian.

7. Nggak bisa move on

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Nggak apa-apa untuk mengakui hal ini, sebab susah melupakan adalah hal yang sering dirasakan semua orang. Semoga cepat membuka hati ya untuk yang lain. Good luck!

8. Tertawa saja

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Terkadang dalam pertanyaan sulit seperti pasangan memang canggung, tapi hanya ada satu hal yang harus dilakukan saat itu adalah tertawa. Memang aneh sih, kemungkinan semua keluarga kamu juga akan tertawa. Cobain, deh!

9. Ubah topik pembicaraan

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Disarankan kamu bisa mencoba untuk berbicara terkait masalah pendidikan kamu, atau tentang hewan kesayangan kamu. Lebih manjur lagi coba tunjukan video YouTube yang sedang trend. Percaya atau nggak, lawan bicara kamu akan lupa dengan pertanyaannya.

10. Coba cari sekitarmu yang masih lajang

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Hal ini bisa jadi senjata kamu nih, kenapa? Ketika kamu ditanya pertanyaan yang menjengkelkan kamu bisa lempar ke orang yang lajang juga sebab kamu nggak perlu lagi untuk menjawab.

11. Berbohong

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Cara cepat untuk menutup topik adalah dengan berbohong, seperti menjawab “sudah dekat sama orang tapi masih belum jadi pacar” atau bahkan “sudah punya”, tapi hal ini jangan kamu jawab depan orang yang suka bergosip ya, karena kamu bisa jadi bahan omongan.

12. Minta saran kepada mereka bagaimana bisa mendapatkan pasangan

12 Cara Menjawab Ketika Kamu Ditanya Sudah Punya Pacar atau BelumPixabay.com

Jika kamu kesal dengan pertanyaan kenapa belum juga memiliki pacar, lebih baik kamu bertanya kembali untuk saran agar bisa menemukan pasangan yang tepat.

Itulah cara untuk menjawab saat kamu ditanya sudah pacar atau belum, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Sedih tapi Lucu, 15 Foto Ini Gambarkan Nasib Jomblo Saat Pergi Bareng