Perdebatan dengan orangtua sering kali menjadi momen yang sulit dihindarkan. Hal apa pun dapat menjadi pemicu lontaran argumen dengan orangtuamu, baik itu ayah ataupun ibu. Hal tersebut sangatlah wajar, asalkan masih dalam koridor yang jelas dan sehat untuk diperdebatkan. 

Entah itu sesuatu yang besar atau kecil, kamu masih bisa mengusahakan untuk memecah keheningan atas apa yang sebelumnya terjadi. Lima cara sederhana ini dapat menjadi jalanmu untuk mencairkan suasana dingin dengan orang tuamu, simak yuk!

1. Biarkan perdebatan mengalir alami

5 Cara Mengembalikan Suasana Setelah Berargumen dengan Orangtuamudok.internet

Segera setelah perdebatan panjang, menjauhlah dan berikan dirimu waktu untuk menenangkan diri. Mungkin kamu tergoda untuk mencoba menyelesaikan semuanya dengan segera, tetapi waktu sangat penting untuk menenangkan pikiranmu dan bersantai sedikit. Tidur siang atau berjalan-jalan dapat memberimu waktu untuk tenang dan berpikir secara jernih sebelum pembicaraan besar yang kamu ketahui, itu akan datang.

2. Ucapkan kata ajaib

5 Cara Mengembalikan Suasana Setelah Berargumen dengan Orangtuamuproflowers.com

Kamu menyesal. Kamu sadar bahwa kamu menyesal. Bahkan jika kamu tidak secara terang-terangan menyesal atas apa yang kamu lakukan, kamu meminta maaf karena telah mengecewakan orang tuamu (jika tidak, kamu tidak akan mungkin membaca tulisan ini sekarang), jadi katakanlah. Ini jelas merupakan langkah pertama dalam melakukan percakapan yang produktif demi membangun kembali hubungan yang berkualitas dengan orangtuamu.

3. Cobalah untuk mengerti keadaan

5 Cara Mengembalikan Suasana Setelah Berargumen dengan Orangtuamucountryliving.com

Minta orangtuamu untuk menjelaskan sudut pandang mereka, kemudian dengarkan mereka dengan mata, telinga, dan hatimu. Cobalah untuk memahami dari mana pedebatan mereka berasal dan menerka kemana perdebatan itu bermuara. Setelah orangtuamu berbicara, jelaskan dengan tenang sudut pandang dan perasaanmu. 

Kamu berdua mungkin akan terkejut satu sama lain ketika mendengar apa motivasi di balik perdebatan. Namun, Jika sepertinya langkah ini berubah kembali menjadi perdebatan panjang yang semakin melelahkan, ulangi langkah pertama, bersabar dan mengalahlah.

4. Lakukan kompromi

5 Cara Mengembalikan Suasana Setelah Berargumen dengan Orangtuamuwallpaperflare.com

Temukan jalan tengah dan cobalah untuk menyetujuinya. Kamu mungkin tidak sepenuhnya mendapatkan apa yang kamu inginkan setelah perdebatan panjang, tetapi kamu harus percaya bahwa orangtua mengutamakan kepentinganmu juga untuk ke depannya nanti. 

Namun, pada saat yang sama, jangan takut untuk membela diri sendiri,  terutama jika kamu merasa diperlakukan tidak adil. Kamu berhak memilih atas jalanmu sendiri namun kamu tetap harus bertanggung jawab atas hubunganmu dengan orangtua.

5. Maafkan, lupakan, dan lanjutkan hidupmu bersama

5 Cara Mengembalikan Suasana Setelah Berargumen dengan Orangtuamuaarp.com

Memaafkan dan melupakan adalah cara yang cukup ampuh jika kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh. Memendam dendam dan memunculkan kembali perdebatan dan mengubah keadaan kembali menjadi tegang jelas bukan cara yang tepat. 

Peluklah, lalu lakukan sesuatu yang menyenangkan bersama, seperti menonton film, pergi ke supermarket bersama, atau kegiatan lainnya untuk menghilangkan ketegangan yang masih tersisa. 

Membicarakannya secara terus-menerus juga bukan langkah yang bagus. Jika sudah selesai, biarkan semuanya berakhir dan bedamai. Kamu bisa melanjutkan kembali kehidupan berkeluargamu bersama mereka dengan menjadi pribadi yang lebih baik.

Itulah lima cara yang bisa kamu melakukan untuk mencairkan suasana dingin setelah kamu mengalami perdebatan dengan orangtuamu. Perdebatan yang hadir semoga menjadi langkah yang mendewasakan bagi dirimu untuk lebih bertangggung jawab dalam membina hubungan dengan ayah atau ibumu. Tetap berbakti, ya, Bela!

Baca Juga: Ini 7 Tips Mengambil Hati Orangtua Pacar Saat Pertama Kali Bertemu

Baca Juga: Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Baca Juga: Bukannya Bangga, 5 Anak Artis Ini Justru Malu dengan Sikap Orangtuanya