Dalam mencari pasangan yang tepat, banyak sekali hal yang perlu diperhatikan. Tidak hanya soal fisik, namun sifat, sikap, dan kebiasaannya juga harus dipertimbangkan. 

Apakah aku cocok dengannya? Apa aku bisa menerima kekurangannya? Apa kebiasaannya bisa ditorelir? Bagaimana sikapnya kalau lagi marah?

Hal-hal seperti ini perlu dipertimbangkan di awal supaya nggak menyesal di kemudian hari. Berikut 6 hal yang perlu kamu lihat dalam diri pasangan. 

1. Bagaimana cara dia marah

Bukan Fisik, Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lihat dalam Diri PasanganUnsplash.com/Camila Quintero Franco

Marah merupakan bentuk emosi yang ada dalam diri manusia. Kemarahan harus diekspresikan dengan baik untuk menjaga kesehatan mental. Namun, umumnya kemarahan sering diekspresikan dengan perilaku agresif seperti berteriak-teriak, memukul seseorang, memaki, dan bertindak kasar.

Padahal marah bisa dikendalikan dengan baik atau disalurkan ke hal yang positif. Sekarang lihat calon pasanganmu ketika marah, apakah dia kasar kepadamu? Atau kasar kepada diri sendiri? Hati-hati, bisa-bisa kamu terjebak di dalam abusive relationship.

2. Cara berbicara pasangan

Bukan Fisik, Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lihat dalam Diri PasanganUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Setiap orang pasti memiliki cara berbicara yang berbeda-beda. Namun, kembali lagi bagaimana kamu atau orang sekitar menilainya. Apakah dia sering ngomong kasar? Atau bagaimana cara dia berbicara dengan orang yang lebih tua? Semua harus disesuaikan dengan norma yang berlaku. Jangan sampai cara berbicaranya nggak sepadan dengan kamu, nantinya sering terjadi konflik. 

3. Kesehatan mental

Bukan Fisik, Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lihat dalam Diri PasanganUnsplash.com/Kelly Sikkema

Kesehatan mental itu sangat penting bagi semua orang. Penting untuk mengenali kesehatan mental calon pasangan dan membekali diri sebelum memulai hubungan, apalagi pernikahan. Kita diharapkan mampu mencintai pasangan selayaknya manusia yang butuh dicintai, menerima sisi baik dan buruk, mengungkapkan emosi tanpa menghakimi, dan berpikir lebih terbuka.

4. Bagaimana cara dia mengatur keuangan

Bukan Fisik, Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lihat dalam Diri PasanganUnsplash.com/Michael Longmire

Kamu dan pasangan harus sejalan dengan topik-topik keuangan. Masalah keuangan kerap kali menjadi konflik utama dalam sebuah hubungan, sebab berkaitan dengan banyak hal seperti mengambil keputusan, mengontrol kekuasaan dan juga kepercayaan. 

Cara dia mengatur keuangan akan berpengaruh terhadap masa depannya, ingat pepatah, "Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya".

Apabila pasanganmu memiliki kebiasaan banyak hutang atau sering berfoya-foya tanpa menyusuaikan kondisi keuangan, perlu ambil tindakan tegas untuk menghadapinya, atau mungkin tinggalkan saja.

5. Cara dia mengatasi masalah

Bukan Fisik, Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lihat dalam Diri PasanganUnsplash.com/Kelly Sikkema

Masalah dalam kehidupan akan terus muncul seiring berjalannya waktu, yang perlu diperhatikan adalah apakah dia cukup bijak dalam mengatasi masalah? Menangkan diri dan membicarakan masalah dengan kepala dingin bisa menjadi tips menyelesaikan masalah secara bijak.

6. Cara dia memperlakukan keluarga dan teman

Bukan Fisik, Ini 6 Hal yang Perlu Kamu Lihat dalam Diri PasanganPexels.com/Helena Lopes

Teman dan keluarga adalah bagian penting dalam hidup. Ketidakcocokan dengan teman, keluarga, dengan orang sekitar memang wajar terjadi. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapi perbedaan atau ketidakcocokan yang terjadi.

Kamu perlu waspada ketika dia tidak memperlakukan keluarganya dengan baik apalagi terhadap orangtua, menghasut hingga membenci teman-teman sekitarnya, atau sering membicarakan hal buruk seputar keluarga maupun teman. 

Orang-orang seperti ini patut dihindari. Mereka bisa diingatkan baik-baik, tapi ingat, kita nggak bisa mengubah orang lain, hanya orang itu sendiri yang dapat mengubah dirinya.

Cantik dan tampan itu relatif, Bela, namun perilaku yang baik dan sehat adalah hal yang paling penting dalam memilih pasangan. 

Apalagi bila kita ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan. Jangan sampai salah pilih pasangan, ya!

Baca Juga: Jangan Tertipu! Ini 6 Tanda Pasangan Kamu Pintar Berbohong

Baca Juga: Nggak Hanya Hubungan Fisik, Hal Ini Juga Dianggap Tindakan Selingkuh

Baca Juga: 5 Tanda Fisik yang Akan Terlihat Jika Kamu Nggak Lagi Merasakan Cinta