Apa Itu Staycation? Ini Arti, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Liburan

Ternyata, staycation itu beda dengan vacation ya, Bela

Apa Itu Staycation? Ini Arti, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Liburan

Beberapa tahun belakangan ini kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata staycation. Banyak yang mengira staycation sama dengan liburan, hanya memiliki sebutan yang berbeda. Padahal, staycation dan liburan atau vacation itu berbeda, lho.

Lalu, mengapa saat ini lebih banyak orang yang memilih untuk staycation dibandingkan liburan? Apa manfaat yang dirasakan jika melakukan staycation? Berikut penjelasan mengenai apa itu staycation, manfaat, dan perbedaannya dengan liburan.

Apa itu staycation?

Apa Itu Staycation? Ini Arti, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Liburan

Menurut International Hotel Consulting Service, kata staycation berasal dari gabungan kata stay dan vacation yang artinya liburan di rumah.

Sementara Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa staycation berarti artinya liburan di rumah atau dekat dengan rumah daripada ke tempat lain yang jauh.

Sederhananya, staycation adalah liburan di daerah tempat kamu tinggal atau tidak jauh dari situ, yang menawarkan kesempatan untuk menjelajahi semua hal yang ditawarkan layaknya liburan, seperti pemandangan yang indah serta penginapan yang nyaman.

Namun, staycation tidak selalu berarti menginap. Jika kamu tetap berada di rumah, tetapi menghabiskan waktu dengan menjelajahi berbagai tempat wisata di daerahmu dan mencoba hal-hal baru, sudah termasuk staycation.

Beda staycation dan vacation

Berbeda dengan staycation, vacation adalah bentuk liburan atau istirahat dari jadwal sehari-hari. Perbedaan utama antara keduanya adalah di durasi. Liburan biasanya memakan waktu lebih lama dibandingkan staycation.

Ini karena saat liburan, kamu biasanya akan memiliki rencana untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain, menjelajahi tempat-tempat baru, menyicipi rasa baru, dan melakukan banyak aktivitas lainnya.

Semua itu biasanya tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu 1–2 hari, tetapi minimal lima hari. Itulah sebabnya vacation atau liburan lebih lama durasinya dibandingkan staycation.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here