Perpisahan nggak hanya dialami ketika seseorang pergi meninggalkan kita. Hal itu juga bisa dialami ketika hewan kesayangan yang sudah menemani dari kecil pergi meninggalkan dunia. Bahkan ketika mengetahui kalau beberapa hari ke depan adalah hari terakhirnya bersama kita, tentu rasanya akan jauh lebih menyesakkan. Kamu yang memiliki hewan peliharaan pasti mengerti rasa sedih yang dialami, ya? Seperti yang dilansir dari Buzz Feed, beberapa pemilik hewan peliharaan ini berbagi cerita bagaimana mereka menghabiskan hari-hari terakhir bersama teman sejatinya.

1. "Ia seakan tahu rencana kami"

Sedih, Ini 5 Kisah Perpisahan Pemilik dan Hewan Kesayangannyawww.buzzfeed.com

Waktu nggak hanya menuakan usia dan melemahkan tubuh manusia, tetapi juga pada hewan, termasuk Ben, peliharaan akun Jasmin Nahar. Jasmin awalnya ingin membawa Ben ke dokter hewan. Namun seakan tahu rencana itu, Ben justru mengalami kecelakaan yang membuatnya terbaring semakin lemah. Jasmin merasa bersalah dan mencoba menghabiskan waktu bersamanya, sampai napas terakhirnya.

2. "Dia peliharaan terbaik yang kupunya"

Sedih, Ini 5 Kisah Perpisahan Pemilik dan Hewan Kesayangannyawww.buzzfeed.com

Burung juga bisa menjadi teman terbaik manusia. Seperti mendiang Budgie, peliharaan akun Starburned sedari usia 6 tahun. Setelah 8 tahun bersama, Budgie terlihat lemah dan kesakitan yang membuatnya terbaring. Pemiliknya mencoba memberikan obat dan memeluknya, sembari membisikkan kalau ia adalah teman terbaik yang dipunya. Namun tak lama kemudian, Budgie harus meninggalkan dunia ini.

3. "Banjo menikmati smoothies terakhirnya"

Sedih, Ini 5 Kisah Perpisahan Pemilik dan Hewan Kesayangannyawww.buzzfeed.com

Di beberapa negara, mamalia seperti tikus bisa menjadi peliharaan lucu seperti Banjo. Pemiliknya, akun Sound2503, telah menghabiskan empat tahun berharga bersama Banjo. Saat melihat tikus kesayangannya sakit, ia mencoba membuatkan smoothies dari buah-buahan favorit Banjo. Pada akhirnya, tikus menggemaskan itu meninggal dalam pelukan dan kini sudah terbaring dalam damai.

4. "Maaf, aku nggak bisa menyelamatkanmu"

Sedih, Ini 5 Kisah Perpisahan Pemilik dan Hewan Kesayangannyawww.buzzfeed.com

Kucing milik akun Funkyturtle, didiagnosis mengalami gagal hati dan jaundis. Sang pemilik mencoba memeluk kucingnya dan mengabadikan momen bersamanya. Dalam gambar, kucing itu terlihat berlinang air mata. Sepertinya dia menyadari kalau pemiliknya turut menangis di balik kamera dan memohon maaf berkali-kali karena nggak bisa menyelamatkannya.

5. "Dia menikmati steak dan tersenyum bahagia"

Sedih, Ini 5 Kisah Perpisahan Pemilik dan Hewan Kesayangannyawww.buzzfeed.com

Seakan firasat bagi akun bernama Stephanieb4fb09e075 dan keluarga kalau anjing kesayangan mereka, Charlie, akan meninggalkan mereka. Karena itu untuk menghabiskan hari terakhir yang berharga, sang pemilik membuatkan Charlie steak yang lezat, serta memberikannya banyak pelukan. Setelahnya, Charlie berbaring dan memberikan senyuman yang paling indah, seakan menandakan kalau ia sudah bahagia.

Mengharukan ya, Bela? Meski berbeda, hewan peliharaan tetaplah makhluk hidup yang laik menerima perlakuan lembut. Ketika harus berpisah, pastikan kamu menyampaikan rasa cinta dan syukur karena telah melewatkan waktu berharga bersama.

BACA JUGA: Bikin Merinding, Begini Cerita Perpisahan Anjing dengan Majikannya