Sakit hati adalah bagian dari kehidupan. Cepat atau lambat, semua orang pasti akan mengalami kesedihan dan patah hati karena berbagai hal. Entah itu karena putus atau kehilangan orang terkasih, kecewa dalam pekerjaan, merasa gagal saat kuliah, entah karena hal lainnya. Ketika berada dalam situasi ini, terkadang yang dapat kamu lakukan hanya menangis dan menumpahkan semua emosimu. Berharap semua kesedihan ini dapat segera berakhir.

Kesedihan wajar untuk kamu alami, namun bukan berarti kamu membiarkan dirimu berlarut-larut dalam emosi itu. Cheer up, baby! Ada beberapa kata-kata mutiara Islami saat patah hati yang dapat menyejukkan hatimu. Membacanya, bisa bikin hatimu menjadi lebih tenang.

Kata-kata mutiara Islami untuk patah hati akibat putus cinta

"Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan lakki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula." - Q.S. An-Nuur ayat 26.

"If Allah has written for you happiness, no one can steal that from you, and if He has written for your heart to break, then no-one can mend it but He. So always put your trust in Allah." Aaidh ibn Abdullah al-Qarni.

"Jika cintamu kepada makhluk tidak berbalas maka berputus asa lah terhadap cinta itu. Dengan berputus asa hati ini akan beristirahat dan segera melupakan hal tersebut.” - Anonim.

"Ya Tuhan, ikhlaskan hatiku jika memang dia bukan yang terbaik untukku. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya," - Anonim.

"Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." - Buya Hamka.

Kata-Kata Mutiara Islami untuk Kamu yang Sedang Patah HatiPixabay.com/Engin_Akyurt

Kata-kata penyejuk hati untuk yang kecewa dalam pekerjaannya

"Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." - QS Al Baqarah 153

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - Q.S. Al-Insyirah ayat 5-6.

“Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kau harus bersabar dengan apa yang Kau benci.” – Imam Ghazali

"Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib.

"Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

Kata-kata Islami penenang hati saat menghadapi kegagalan

"Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." - Q.S. At-Taubah ayat 40.

"Akan tetapi sehebat apapun kita merencanakan sesuatu. Tetap rencana Allah adalah sebaik-baiknya rancangan." - Anonim.

“Jangan kamu kehilangan harapan, dan jangan pula kamu bersedih hati.” – Q.S. Ali Imran ayat 139.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” – Q.S Al-Baqarah ayat 286.

“Terkadang Allah membiarkan kamu untuk merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman.” – Omar Suleiman.

Kata-Kata Mutiara Islami untuk Kamu yang Sedang Patah HatiPixabay.com/valentinusardo5

Kata-kata mutiara Islami untuk patah hati karena diremehkan oleh orang lain

"Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." - Ali bin Abi Thalib.

"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." - Ali bin Abi Thalib.

“Daripada tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoalah kepada Allah yang maha mengendalikan dan temukan kedamaian.” – Dr. Bilal Philips.

“Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan adalah sebuah akhlak ular, dan kalau kebajikan dibalas dengan kejahatan itulah akhlaq buaya, lalu bila kebajikan dibalas dengan kebajikan adalah akhlaq anjing, tetapi kalau kejahatan dibalas dengan kebajikan itulah akhlaq manusia.” – Nasirin.

"Bila banyak yang menyakitimu, itu artinya kamu orang baik. Ingat, hanya pohon yang berbuah yang dilempari batu." - Anonim.

Kata-kata mutiara Islami untuk kamu yang sedang menghadapi masalah kehidupan

“Barang siapa tidak dicoba dengan bencana atau kesusahan, maka tidak ada sebuah kebahagiaan pun disisi Allah.” – Adh-Dhahhak.

"Tidak semua musibah adalah adzab. Beberapa di antaranya adalah karena rahmat Allah untuk membawa kita kembali kepada-Nya." - Anonim.

"Jika Allah membawamu ke dalam suatu kondisi (cobaan), Dia juga akan memberimu jalan untuk melaluinya." -Anonim.

"Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian. Dan ketika Allah mencintai seseorang, maka Dia akan mengujinya." - Hadits.

"Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan." - Abdullah Gymnastiar.

Patah hati adalah bagian dari hidup yang akan kamu alami, entah karena alasan apapun itu. Tenangkan hatimu dengan membaca kata-kata mutiara islami saat patah hati ini. Nggak ada yang abadi di dunia ini, begitupun dengan kesedihanmu. Semua akan berganti, selama kamu percaya dan ikhlas menjalani hidup ini.

Itulah kumpulan kata-kata mutiara patah hati islami yang bisa membuatmu tenang. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 25 Kata-Kata Cinta Islami Paling Lengkap, Bikin Hati Jadi Lebih Damai