Salah pilih pasangan adalah suatu hal tentu tidak kamu inginkan. Sebab, terlanjur menjalin hubungan dengan seseorang yang nggak dapat mencintaimu seperti yang kamu harapkan dapat membawa dampak buruk pada hidupmu. Satu hal yang pasti adalah, kamu bisa mengalami patah hati dan penyesalan.

Lalu, bagaimana caranya agar nggak salah pilih pasangan? Luna Maya, seorang entertainer dan entrepreneur, memiliki tips yang patut kamu coba, Bela. Saat ditemui di acara Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020 pada hari Jumat (17/1) lalu di The Tribata, Jakarta, ia membocorkan sedikit tips agar nggak salah pilih pasangan.

"Ini buat perempuan-perempuan, kita harus minta spesifik pada Tuhan," ujarnya saat menjadi pembicara di panggung Future Is Female dalam sesi bertajuk "Strong and Striving: Finding Your Rhythm in Life and Love". 

"Saya mencoba membuat 32 list harapan yang saya inginkan dari pasangan," tambahnya.

Melanjutkan pembicaraannya, Luna mencoba mengurutkan hal-hal yang ia harapkan dari seorang pasangan, mulai dari seiman, memiliki sisi humoris, tekun bekerja, pintar, suka film, suka musik, dan sebagainya.

Dari sebanyak 32 kriteria itu, Luna kemudian mengatakan untuk membuat sekitar 10 hal yang paling penting dan harus ada pada diri seseorang. Model dan aktris ini mencontohkan dirinya sendiri. Karena dirinya menyukai film, maka pasangannya nanti harus seseorang yang menyukai film juga. Dengan begitu, ada kegiatan sama yang dapat dihabiskan bersama-sama.

Punya 32 Kriteria, Ini Tips Luna Maya Agar Nggak Salah Pilih PasanganDok. IDN Media/Sweet Escape

"Kalian akan menua bersama. Jadi, kalian harus memiliki keinginan yang sama. Bisa punya kegiatan yang bisa kalian habiskan bersama dapat menjaga kebersamaan kalian," tuturnya.

Namun, perempuan berusia 36 tahun ini mengatakan kalau untuk menjadi pasangan, bukan berarti harus memenuhi 32 kriteria yang dirinya buat. Karena tentu saja, nggak ada manusia sempurna. Oleh karena itu, Luna menyarankan adanya 10 hal penting yang nggak boleh diganggu. Jadi ketika ada seseorang datang mendekat dan memenuhi setidaknya 10 kriteria tersebut, maka kamu dapat membukakan hatimu padanya.

"Kalau pun ada orang yang mendekati list-list itu bisa jadi dia orang baik. Jadi nggak apa-apa," lanjutnya.

Penting untuk membuat daftar harapan pasangan sehingga kamu nggak salah pilih. Namun, jangan terlalu kaku dengan daftar itu sendiri karena sikap tersebut juga akan menjauhkanmu dari calon-calon yang potensial. Pada akhirnya, Luna Maya berpesan agar kamu dapat menerima seseorang sebagai dirinya sendiri.

Baca Juga: #IMS2020 Luna Maya: “Perempuan Muda, Jangan Takut Melangkah Maju”