Sering kali kita menjalin hubungan dengan pria yang tidak cocok bahkan justru ujung-ujungnya malah menyakiti kita karena terdapat perbedaan visi, karakter, dan lainnya.

Putus atau berpisah sering kita alami sehingga membuat kita berpikir, “Kenapa, sih, aku harus terjebak dengan pria yang salah?”.

Siapa yang tidak ingin menikmati hubungan asmara yang indah dan menyenangkan? Semua orang tentu berharap demikian. Namun, alih-alih menyalahkan sang mantan serta keadaan lebih baik kamu mulai berpikir lebih dalam dan mencari cara supaya tidak ‘terjebak’ dengan orang yang salah.

Berikut ini 5 tips agar kamu tidak terus menerus salah dalam memilih pasangan. Jangan berkecil hati, ayo mulai lagi dari awal!

1. Ketahui apa yang kamu mau

5 Tips Supaya Kamu Tidak Terus Menerus Salah dalam Memilih Pasanganfreepik.com/cookie_studio

Langkah pertama yang sangat penting tentu saja kamu harus mengetahui apa yang kamu inginkan dari seorang ‘pasangan’. Kriteria jelas harus kamu miliki supaya tidak asal-asalan dalam memilih pria yang tepat untuk jadi kekasihmu.

Setidaknya kamu memiliki semacam daftar kualitas yang harus ada pada diri pasanganmu kelak. Penting pula untuk mengetahui apakah calon pasanganmu memiliki persamaan karakter atau hobi denganmu, ini bisa membantu hubungan supaya lebih awet.

Intinya, kamu wajib mengetahui apa yang kamu inginkan dari seorang laki-laki. Dengan ini kamu akan jauh lebih selektif dan terhindar pula menjalin hubungan dengan orang yang kurang tepat.

2. Kenali seperti apa masa lalumu

5 Tips Supaya Kamu Tidak Terus Menerus Salah dalam Memilih Pasanganhttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Kamu sudah melewati cukup banyak fase dalam hubungan asmara, mulai dari manisnya menjalani hari-hari didampingi seseorang yang disayangi hingga harus merasakan yang namanya perpisahan dan patah hati.

Jadikan masa lalumu ini sebagai pelajaran untuk mencari pasangan yang tepat di masa depan. Jangan sampai kamu tidak mengenali masa lalumu dan akhirnya malah terjebak dengan kesalahan yang mungkin saja sama dengan yang sebelumnya.

3. Jangan abaikan ‘red flags

5 Tips Supaya Kamu Tidak Terus Menerus Salah dalam Memilih Pasanganfreepik.com/ alexvolot

Cinta itu buta apalagi saat baru-baru menjalani masa pendekatan atau pacaran. Tapi ingat, kamu tetap harus membaca karakter si calon pasangan dan gunakan intuisimu.

Jika dia menunjukan perilaku atau sikap yang tergolong dalam kategori red flag maka kamu tidak boleh mengabaikannya. Ingat, kamu tentu tidak ingin mengulang kejadian seperti dulu kan?

4. Cobalah untuk dengarkan pendapat temanmu

5 Tips Supaya Kamu Tidak Terus Menerus Salah dalam Memilih Pasanganfreepik.com/Mimi Thian

Bukan cuma buta, cinta juga bisa saja membuat orang jadi tuli dan enggan mendengar nasihat orang lain termasuk teman. Padahal, bisa saja temanmu memberikan pendapat yang penting dan mempengaruhi jalannya kehidupan asmaramu di masa mendatang.

Temanmu juga memiliki perasaan yang netral, tidak terpengaruh perasaan berbunga-bunga karena jatuh cinta sepertimu, sehingga mereka bisa berpikir jauh lebih jernih.

Jadi, ketika temanmu berusaha memberikan pendapat soal calon pasanganmu ada baiknya kamu dengarkan terlebih dahulu, ya!

5. Jangan takut untuk sendiri

5 Tips Supaya Kamu Tidak Terus Menerus Salah dalam Memilih Pasanganpexels.com/cottonbro

Banyak orang yang salah memilih pasangan dikarenakan takut sendirian alias enggan single terlalu lama. Padahal jika kamu menikmati masa single tanpa takut terburu-buru mencari pasangan baru bisa menghindarkanmu dari orang yang salah.

Jangan takut sendiri, jadikan waktu lajangmu sebagai saat yang tepat untuk mengenal diri sendiri dan apa yang kamu inginkan pada pasanganmu kelak. Santailah dalam memilih pacar dan kenali dengan baik, supaya kamu tidak terus menerus mengalami kejadian yang sama.

Itulah tips supaya kamu tidak terus menerus salah dalam memilih pasangan. Jadi selektif tidak merugikanmu, kok, justru kamu dapat dipertemukan dengan orang yang tepat dan bisa menyayangimu sepenuh hati.

Baca Juga: 8 Fakta Anak Sulung dan Bungsu Merupakan Pasangan Ideal

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, Bikin Langgeng!

Baca Juga: 5 Pasangan Zodiak yang Bertolak Belakang, Tapi Bisa Sangat Cocok