Komunikasi menjadi hal yang sangat penting ketika kita ingin menjalin pertemanan, membuka koneksi, bahkan menciptakan hubungan asmara. Meski begitu, tidak semua memahami cara berkomunikasi yang baik. Kesalahpahaman serta kegagalan membangun percakapan bermakna bisa saja dialami beberapa bahkan banyak orang.

Padahal komunikasi adalah kunci menciptakan hubungan baru dengan banyak orang serta memberimu peluang di masa depan untuk karir bahkan percintaan. Jangan berkecil hati, kamu bisa menerapkan 6 tips komunikasi berikut supaya semakin charming dan disukai lawan bicara.

1. Dengarkan supaya kamu memahami

6 Tips Komunikasi yang Bikin Kamu Makin Terlihat Charmingfreepik.com/shurkin_son

Kalau kamu kerap ‘egois’ dan ingin menguasai pembicaraan maka bersiaplah untuk gagal menjalin pertemanan baru. Ingat, komunikasi yang baik juga melibatkan kemampuan mendengar yang baik pula.

Penting sekali untuk belajar mendengarkan apa yang diucapkan lawan bicara supaya kamu memahami, bukan hanya sekadar kesopanan agar tidak menyinggung. Menyelami pembicaraan dapat membantumu memahami kepribadian sang lawan bicara.

Tentunya jika kamu mendengarkan sambil berusaha untuk memahami maka lawan bicaramu akan merasa dihargai dan dia pun tentunya akan lebih terbuka untuk berbagi banyak hal denganmu.

2. Coba ajukan pertanyaan

6 Tips Komunikasi yang Bikin Kamu Makin Terlihat CharmingPexels/ Los Muertos Crew

Melontarkan pertanyaan terkait dengan topik yang sedang lawan bicara bahas akan membuat sesi mengobrol kian seru dan berkembang. Tidak hanya itu, lawan bicaramu akan merasa nyaman berbincang karena kamu begitu antusias dengan pembahasannya.

Mengajukan pertanyaan juga bisa membantumu menggali lebih dalam kepribadian lawan bicara. Mulailah dari pertanyaan ringan hingga ke topik yang sedikit lebih dalam, kalian bisa saling mengenal dengan lebih nyaman.

3. Berusaha cari kesamaan, bukan perbedaan

6 Tips Komunikasi yang Bikin Kamu Makin Terlihat Charmingunsplash.com/priscilla du preez

Tujuan dari komunikasi yang baik apalagi mengobrol adalah mencari kesamaan bukan perbedaan.

Ketika bertemu dengan orang baru, ajaklah bicara dan coba gali apakah kalian memiliki kesamaan atau tidak. Entah itu hobi, latar belakang pekerjaan atau pendidikan, bahkan hal-hal kecil seperti buku atau film kesukaan.

Dengan mengetahui persamaan dengan lawan bicara, kamu bisa menciptakan hubungan atau ikatan yang ‘langgeng’ baik itu sebagai kolega, teman, bahkan berpotensi pula untuk menciptakan hubungan baru misalnya asmara.

4. Coba untuk lakukan deep talk

6 Tips Komunikasi yang Bikin Kamu Makin Terlihat CharmingPexels.com/Mentatdgt

Tidak semua orang nyaman dengan pembicaraan ringan, bisa saja mereka suka membahas sesuatu yang lebih dalam dan bermakna.

Tak salah, kok, jika kamu ingin mencoba melakukan pembicaraan yang lebih dalam dengan lawan bicara. Apalagi, jika kalian terbilang sudah cukup akrab dan nyaman satu sama lain.

Melakukan deep talk membantu kita untuk mengenal lawan bicara lebih dekat lagi. Deep talk juga bisa menunjukan sisi sentimental seseorang. Jadi, tak ada salahnya untuk dicoba!

5. Jangan anggap segalanya terlalu personal

6 Tips Komunikasi yang Bikin Kamu Makin Terlihat CharmingPexels.com/Gary Barnes

Ketika kamu terlalu tertutup dan enggan terbuka dengan orang lain, maka secara otomatis tercipta dinding atau benteng yang membuat orang baru segan untuk dekat denganmu.

Bak pedang bermata dua, ini bisa menjadi baik sekaligus buruk. Kamu pastinya akan semakin kesulitan mendapatkan kenalan baru dan mengasah komunikasimu.

Cobalah untuk lebih cheerful dan terbuka dan jangan anggap segalanya terlalu personal. Atasi perasaan sensitif dan kekhawatiranmu, menjadi seseorang yang terbuka tidak akan menyakitimu kok.

6. Tetap konsisten

6 Tips Komunikasi yang Bikin Kamu Makin Terlihat Charmingunsplash.com/Alexis Brown

Tetap konsisten melatih kemampuan komunikasimu dan perbanyaklah bertemu dengan orang baru. Cara ini akan membantumu untuk bisa menempatkan diri dan mempelajari karakteristik orang lain.

Jangan mudah menyerah, komunikasi pun butuh dilatih dan tidak bisa matang dalam waktu singkat.

Itulah 6 tips komunikasi yang bisa membuatmu semakin charming. Jangan takut mencoba dan perluas pergaulanmu ya!

Baca Juga: 5 Alasan Lingkaran Pertemananmu Makin Kecil Saat Dewasa

Baca Juga: 12 Sahabat di Drama Korea yang Kamu Butuhkan di Dunia Nyata

Baca Juga: Hati-hati, 9 Jenis Komunikasi Ini Bisa Merusak Hubungan Kamu