Siapa bilang hubungan toxic hanya terjadi pada pasangan kekasih? Pertemanan juga bisa. Salah satu fenomena yang cukup sering terjadi adalah memanfaatkan teman untuk keuntungan pribadi. Memang, sih, teman harus saling membantu satu sama lain, namun jika itu hanya dilakukan oleh satu pihak saja, apakah itu bisa disebut hubungan timbal balik yang sehat?

Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada juga orang-orang yang menggunakan kedok pertemanan, bahkan persahabatan, untuk mempermudah mereka mengambil keuntungan dan memanfaatkan orang lain. Bukan tak mungkin, kamu juga bisa menjadi salah satu korbannya.

Nah, apakah kamu menyadari kalau kamu sedang dimanfaatkan teman? Berikut ini beberapa tanda kalau sahabatmu hanya memanfaatkanmu saja. Simak ulasannya!

1. Menghubungimu ketika sedang butuh saja

5 Tanda Kalau Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman, Sadari Segera!Pexels.com/ELEVATE

Salah satu pertanda yang paling umum adalah teman yang menghubungi ketika sedang butuh saja. Memang, tidak ada sebuah aturan baku bahwa komunikasi intens harus sering dilakukan di antara teman atau sahabat, namun jika temanmu hanya menghubungi ketika butuh bantuan tentu kamu patut mempertanyakan hubungan pertemanan kalian.

2. Hang out diam-diam tanpa mengajakmu

5 Tanda Kalau Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman, Sadari Segera!unsplash.com/Omar Lopez

Jika dia tidak sungguh-sungguh menyukaimu dan menganggapmu sebagai teman, maka dia bisa saja pergi hang out tanpa mengajakmu. Dia seolah ‘mengeluarkanmu’ dari grup pertemanan kalian secara halus. Bisa jadi mereka tidak menyukai kehadiranmu, oleh karena itu mereka tidak ingin kamu hadir di saat mereka sedang hang out dan bersenang-senang.

3. Menghilang ketika kamu sedang butuh bantuan

5 Tanda Kalau Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman, Sadari Segera!Pexels.com/SHVETS production

Teman atau sahabat tentunya saling membantu, setidaknya mereka bersedia untuk selalu hadir di sisi kita ketika kita membutuhkan mereka. Entah itu untuk curhat dan lainnya. Namun, ketika kamu berteman dengan mereka yang tidak tulus denganmu yang terjadi justru sebaliknya. Orang-orang yang dianggap teman justru ‘kabur’ ketika kemalangan menimpamu.

4. Sering berbohong kepadamu

5 Tanda Kalau Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman, Sadari Segera!Pexels.com/Shvets Production

Ketika temanmu sering berbohong dan menyembunyikan banyak hal darimu bisa jadi itu pertanda mereka tidak tulus berteman denganmu. Apalagi jika kamu merasa selalu dibodohi oleh mereka, ada baiknya kamu menjauh dari orang-orang ini.

5. Sering membicarakan kejelekanmu

5 Tanda Kalau Kamu Hanya Dimanfaatkan Teman, Sadari Segera!Ben White/Unsplash

Temanmu ternyata sering membicarakan kejelekanmu pada orang lain? Kamu tentu kecewa jika mengetahui hal ini. Namun, dari pada kecewa dan sedih terlalu lama, sebaiknya kamu mulai menghapus mereka dari circle pertemananmu. Carilah orang-orang baik yang bisa menerimamu dengan tulus tanpa punya niat buruk memanfaatkanmu.

Pertemanan bisa sangat memengaruhi hidup seseorang. Oleh karena itu, jangan sampai kamu malah kesulitan bahkan terpuruk oleh teman-teman yang cuma memanfaatkanmu. Semoga artikel ini dapat membantu, ya!

Baca Juga: Kenali 9 Tanda Suami Selingkuh dengan Teman Kerjanya  

Baca Juga: 6 Zodiak yang Paling Anti Pacaran Sama Sahabat Sendiri

Baca Juga: 15 Ide Kado Pernikahan untuk Sahabat